Tingkat Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Pada Guru-Guru MI Dalam Program Dual Mode System Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Authors

  • Dona Aji Karunia Putra UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.9073

Keywords:

Writing Skills, Scientific Work, Teachers

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan menerapkan tatabahasa, menerapkan tatatulis ilmiah, mengorganisasikan isi makalah, dan memanfaatkan referensi dalam menulis karya ilmiah pada guru-guru MI dalam program dual mode system Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru MI dalam program dual mode system Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta cukup terampil dalam menyusun makalah dengan nilai rata-rata 65,25.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brotowidjoyo, Mukayat D., Penulisan Karangan Ilmiah, Jakarta: Akademika Presindo, 1985.

Darmadi, Kaswan, Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Guru, Yogyakarta: Andi, 1996.

Kartono, dkk., Pengembangan Materi Guru Sekolah Dasar, Surakarta: Mata Padi Pressindo, 2009.

Semi, M. Atar, Menulis Efektif, Padang: Angkasa Raya, 1990.

Subana, dan Sunarti, Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, Bandung: Pustaka Setia, 2000.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Karunia Putra, D. A. (2024). Tingkat Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Pada Guru-Guru MI Dalam Program Dual Mode System Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.9073