Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) dalam Mewujudkan Sekolah Mandiri Di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.118Keywords:
Implementasi, Managemen Berbasis Sekolah, Sekolah MandiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di SD Muh Karangkajen, 2) Mengetahui iklim sekolah di SD Muh Karangkajen, 3) Mengetahui otonomi sekolah di SD Muh Karangkajen.
Jenis penelitian ini adalah deskripsi secara kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara, studi pustaka, dokumentasi dan observasi tentang implementasi MBS di SD Muh Karangkajen. Narasumber ditetapkan dengan metode purposive sampling. Objek penelitian adalah SD Muh Karangkajen dan subjek penelitian adalah seluruh warga sekolah dan masyarakat. Teknik analisis data memakai metode induktif dan komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Manajemen berbasis sekolah di SD Muhammadiyah Karangkajen memiliki karakteristik yang khusus di antaranya yaitu kepemimpinan sekolah yang dalam bertindak/ menjalankan tugas kepala Sekolah di SD Muh Karangkajen bertindak sangat arif, bijaksana, adil dan visioner; dalam pengoptimalan pelaksanaan kultur sekolah di antaranya adalah penanaman budaya disiplin; pelaksanaan kegiatan keagamaan secara rutin, pelaksanaan pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM); Upaya sekolah dalam melaksanakan otonomi sekolah di antaranya adalah manajemen tenaga pendidik, manajemen siswa, manajemen kurikulum. b) Manajemen Berbasis Sekolah yang ada di SD Muh Karangkajen dapat membangun standar kompetensi guru, pengembangan kurikulum melalui pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. c) Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SD Muhammadiyah Karangkajen merupakan langkah pengelola sekolah dalam membangun kemandirian dalam beberapa bidang, yaitu bidang pengadaan tenaga kependidikan, pengembangan kurikulum sekolah.
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional Menengah. 2002, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Rencana dan Program pelaksanaan Buku 1-4,(Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama).
Mulyasa, Manajemen berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Nurkolis, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: Grasindo, 2005.
Slamet P.H. “Manajemen Berbasis Sekolah.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No 27 Tahun 2001. http://www.pdk.go.id/jurnal-27/manajemen-berbasis-sekolah.htm
Solikin, Achmad, Manajemen Berbasis Sekolah(MBS): Sebuah Peluang dan tantangan dalam mengembangkan sekolah mandiri (Studi Kasus di SDMCC), 2010.
Sudiono dkk. Menciptakan Masyarakat Peduli Pendidikan Anak Program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS): Peningkatan mutu pendidikan dasar melalui Manajemen Berbasis Sekolah dan Peran Serta masyarakat. Paket Pelatihan awal untuk Sekolah dan Masyarakat.(Jakarta: Pemerintah Indonesia, UNESCO, UNICEF dan NZAID).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Yogyakarta: Rineka Cipta, 2007.
Undang-undang No 22 tahun 1999 tentang otonomi daerah.Winarno Surakhmad,Ilmu Kependidikan untuk Pembangunan.
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo, 2002.
Zamroni, Kultur sekolah, Yogyakarta: Gavin Kalam Utama, 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.