Kontribusi Lingkungan Keluarga dalam Membangun Perilaku Seksual Anak Usia Dasar
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.113Keywords:
Perilaku seksual merupakan segala tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual yang secara alami dimiliki oleh masing-masing manusia. Namun adanya pengaruh dari berbagai lingkungan terhadap perilaku seksual anak, membuat masing-masing anak memiliki perAbstract
Perilaku seksual merupakan segala tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual yang secara alami dimiliki oleh masing-masing manusia. Namun adanya pengaruh dari berbagai lingkungan terhadap perilaku seksual anak, membuat masing-masing anak memiliki perilaku seksual yang berbeda-beda. Salah satu lingkungan yang berperan besar dalam memberikan kontribusi bagi perilaku seksual anak adalah lingkungan keluarga. Kontribusi keluarga dalam membangun perilaku seksual anak dapat dilakukan dalam bentuk: (1) Pemberian pendidikan seks bagi anak (2) Pengawasan orang tua terhadap perilaku seks anak dan (3) Perhatian orang tua terhadap kegiatan anak. Dengan memperhatikan 3 hal tersebut, perilaku seksual anak dapat dijaga sejak dini dan dapat mencegah perilaku-perilaku seksual yang seharusnya belum terjadi pada usia anak dasar.
Downloads
References
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan,Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Andrews, Gilly, Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Wanita, Jakarta: EGC, 2009.
Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam cet. VII, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Feist, Jess, Teori Kepribadian, Jakarta: Salemba, 2010.
H, Khairuddin, Sosiologi Keluarga, Yogyakarta: Nur Cahaya, 1985.
Idi, Abdullah, Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2013.
Istiningsih, dk, Ekologi Pendidikan,Deskripsi HKI C 00201500053, 2015.
Kabar Nusa,LPA Bali Sebut Jembrana Masuk Zona Kuning Kasus Perlindungan Anak, dalam http://www.kabarnusa.com/2015/11/lpa-bali-sebut-jembranamasuk-zona.html (22 November 2015).
Kirkendall, Lester A, Anak dan Masalah Seks, Jakarta: Bulan Bintang, 1985.
Lestari, Sri, Sosiologi Keluarga, Jakarta: Kencana, 2012.
Masland, Robert P, Apa yang Ingin Diketahui Remaja tentang Seks, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Miharso, Mantep, Pendidikan Keluarga Qur’ani, Yogyakarta: Safiria Insani Press, 2004.
Notosoedirdjo, Moeljono dan Latipun, Kesehatan Mental Edisi Keempat, Cetakan Keenam, Malang: UMM Press, 2011.
Nurseno, Theory and Application of Sociology, Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2011.
Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia, Pengertian Seks dan Seksualitas, dalamhttp://pkbi-diy.info/page id=327.
Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT Remaja RosdaKarya, 2011.
Qibtiyah,Alimatul, Paradigma Pendidikan Seksualitas: Perspektif Islam: Teori dan Praktek, Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2006.
Salkind, Neil J, Teori-Teori Perkembangan Manusia: Sejarah Kemunculan, Konsep Dasar, Analisis Komparatif, dan Aplikasi, Bandung: Nusa Media, 2009.
Sarwono, Sarlito W, Psikologi Remaja, Jakarta: Grafindo Persada, 2003.
Sarwono, Sarlito W, Psikologi Remaja, Jakarta: Grafindo Persada, 2007.
Setiono, Kusdwiratri, Psikologi Keluarga, Bandung: Alumni, 2011.
Suparno, Paul, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius, 2001.
Ulwan, Abdullah Nashih, Pendidikan Anak Menurut Islam: Pendidikan Seks, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.
Wuryani D, Sri Esti, Pendidikan Seks Keluarga, Jakarta: Indeks, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.