Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Drop Everything and Read (DEAR) pada Siswa Sekolah Dasar (MI)
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.18Keywords:
reading, DEARAbstract
Keterampilan membaca di sekolah dasar menjadi fondasi atau dasar penentu keberhasilan belajar siswa. Namun sayangnya, keterampilan membaca siswa sekolah dasar di Indonesia memiliki kecenderungan yang rendah. Hasil penelitian PIRLS menunjukkan bahwa keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia
menempati urutan ke 41 dari 45 negara. Hasil penelitian EGRA menunjukkan bahwa 50% dari 4323 siswa kelas III SD di Indonesia dapat membaca (melek huruf), tetapi dari jumlah tersebut hanya setengahnya yang benar-benar memahami apa yang dibaca. Berdasarkan kenyataan tersebut diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar (MI) di Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar (MI) adalah melalui DEAR (Drop Everything and Read) yang berarti tinggalkan semua aktivitas dan bacalah. DEAR dapat dijadikan suatu program penggalakan kebiasaan membaca pada siswa melalui program rutin. Pelaksanaan DEAR di sekolah dasar dapat dilakukan dengan meluangkan waktu sejenak di pagi hari sekitar 15-30 menit meninggalakan semua aktivitas untuk membaca. DEAR dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah baik siswa, guru, maupun karyawan. Bahan bacaan dalam DEAR dipilih sendiri oleh siswa yang sesuai dengan minat dan tingkat kemampuannya. DEAR membuat siswa senang membaca, gemar membaca, terbiasa membaca, dan menjadikan membaca sebagai kebutuhan sehingga tercipta budaya membaca pada masing-masing siswa baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Melalui DEAR keterampilan membaca siswa akan meningkat.
Kata kunci: membaca, DEARDownloads
References
Adler, Mortimer, Drop Everything and Read, Diakses dari http://www.esl4kids.net/tips/read.html, Pada tanggal 1 Oktober 2017, Jam 21.00 WIB.
Allen, Alta, Real-world Approaches to Reading, Diakses dari http://www.learnnc.org/lp/pages/769, Pada tanggal 4 Oktober 2017, Jam 20.22 WIB.
Gardner, Traci, Lesson Plan: A Daily DEAR Program: Drop Everything, and Ready, Diakses dari http://www.readwritethink.org/classroom-resources/lesson-plans/daily-dear-program-drop-55.html, Pada tanggal 1 Oktober 2017, Jam 22.00 WIB.
Heath, Nikki, DEAR–Drop Everything and Read, Diakses dari http://heartoftheschool.edublogs.org/whatwe-do/reading-and-literacy/dear-dropeverything-and-read/. Pada tanggal 30 September 2017, Jam 13.00 WIB.
Maslakhah, Siti, dkk., Bahasa Indonesia (Panduan Menulis Karya Ilmiah, Yogyakarta: Kanwa Publisher, 2011.
Rahim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Rofi’udin, Ahmad & Zuchdi, Darmiyati, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi, Surabaya: Universitas Negeri Malang, 2001.
Tarigan, Henry Gunur, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 1985.
USAID PRIORITAS. Buku Sumber untuk Dosen Lptk Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: USAID PRIORITAS, 2015.
Verner, Susan. Real World Approaches to Reading 10 Simple Strategies You Can Use Today. Diakses dari http://busyteacher.org/11907-real-worldreading-approaches-10-simple-strategies.html, Pada tanggal 4 Oktober 2017, Jam 20.00 WIB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.