Berpikir Profetik dalam Pembelajaran Matematika SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.3Keywords:
Profetical Thinking, Learning, Elementary MathematicsAbstract
Dalam dunia pendidikan para siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi dapat mengalami penurunan minat belajarnya. Salah satu contoh dalam pembelajaran matematika. Jika mereka diajarkan oleh guru dengan cara yang membosankan dan monoton, maka siswa akan cepat bosan dalam menerima pembelajaran tersebut
di kelas. Sebaiknya, siswa yang mempunyai motivasi rendah, dapat mengalami peningkatan minat belajar jika dibimbing oleh seorang guru yang mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dan berpikir secara baik kepada siswanya. Berpikir profetik adalah berpikir sesuai dengan yang Nabi ajarkan atau lakukan. Pendidikan dengan perspektif profetik berarti mengkaji pendidikan sebagai program besar bangsa yang memiliki kekuatan prediktif ke masa depan yang lebih gemilang yang dilakukan oleh seseorang yang disebut nabi, yaitu orang yang berbicara awal atau pioner yang memproklamasikan diri dan berbicara masa depan. Dalam mengajarkan
pelajaran matematika yang merupakan pelajaran yang sangat dibutuhkan oleh siswa sebagai bekal dia menjalani kehidupan di masyarakat kelak. Belum lagi paradaban bangsa kita saat ini yang sangat terpuruk, sehingga kita seolah-olah telah hilang jati diri sebagai bangsa yang bermartabat, sehingga dibutuhkan kembali tingkat berpikir sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yang sering kita sebut berpikir Profetik, yang sesungguhnya itu sudah diajarkan oleh orang tua masing-masing sebelum masuk SD.
Kata Kunci: Berpikir Profetik, Pembelajaran, Matematika SD
Downloads
References
Al-Zain, Ilmu an-Nafsi: Ma’rifah an-Nafsi al-insaniyah fi al-Kitab wa As-Sunnah, Beirut: Dar Al-Kitab, 1991.
Asy’arie, Musa, Rekonstrukti Metodologi Berpikir Profetik: Perspektif Sunnah Nabi, Yogyakarta: LESFI, 2016.
Azami, Muhammad Mustafa, Studies in Hadith Methodology and Literature, Kuala Lumpur: Islamic Book Trust, 1977.
Dagum, Save M, Kamus Besar Ilmu Pengetahuan, Edisi II, Cet. V, Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan
Nusantara, 2006.
Eliade, Mircea (ed.), The Encyclopedia of Religion, Vol. 12, New York: Macmilan Publishing Company, 1987.
Leiden, Brill, A, Rippin, Muslims: Their Religious Beliefs and Practices Library of Religious Beliefs and Practices, London: Routledge, No.12 Vol. 1, <http://www.encislam.brill.nl>, 1990.
Lings, Marti, Muhammad: Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik, terj. Qamaruddin SF, Jakarta: Serambi, 2007.
National Council of Educational Research and Training, National Focus Group On Teaching of Mathematics, New Delhi: Bengal Offset Works, Sri Aurobindo Marg, 2006.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, No. 19 Tahun 2016.
Polya, George, The Goals of Mathematical Education, in ComMuniCator, The Magazine of the California Mathematics Council, 1969.
Roqib, Moh, “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Profetik”, Jurnal, Pendidikan Karakter, IAIN Purwokerto Tahun III No. 3, 2013.
Yahya, Harun, The Qur’an Leads the Way to Science, Istanbul: Global Publishig, 2004.
Wheeler, David, “Mathematisation Matters,” For the Learning of Mathematics, 3,1, 1982.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.