Efektifitas Strategi Circle of Questions Dalam Memahami Bacaan Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V MIN Kebonagung
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.184Keywords:
Efektivitas, Strategi Circle of Questions, Pemahaman MembacaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Kebonagung yang berjumlah 59 siswa terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes menggunakan jenis tes pilihan ganda yang melalui analisis validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan cara uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistika parametrik yaitu uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman membaca antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Circle of Questions dengan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Know-Want to learn-Learned (KWL). Hal ini dibuktikan dari analisis uji t data post test diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) 0,042 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Hasil uji efektivitas menggunakan uji Gain Score diperoleh Asymp.Sig.(2-tailed) = 0,044 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya strategi Circle of Questions teruji efektif dalam pembelajaran pemahaman membaca.
Downloads
References
Ahuja, Pramila dan G.C. Ahuja. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Mulyati, Yeti, dkk. 2014. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.
St. Y. Slamet. 1978. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press, 1978.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sumarwati dan Purwadi. 2010. "Pembuatan Pertanyaan Awal pada Kegiatan Prabaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif". Diksi,1,XVII. Diunduh pada 03 Februari 2017 dari http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/view/6573/5633.
Trihendaradi, C. 2013. Langkah Menguasai SPSS 21. Yogyakarta: Andi Offset.
Wiesendanger, Katherine D. 2001. Strategies for Literacy Education. Ohio: Alfred University.
Zahroh, Aminatul. 2014. Total Quality Management. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zuchdi, Darmiyati. 2012. Terampil Membaca dan Berkarakter Mulia. Yogyakarta: UNY Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.