Pengaruh Metode Token Economy Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2

Authors

  • Dina Ayu Fadzila

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.171

Keywords:

Metode Token Economy, Motivasi Belajar Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. 2) sumbangan pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar  matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2.

Variabel yang diukur yaitu token economy bentuk observasi behavior checklist dan motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2, penelitian ini termasuk penelitian populasi karena hanya terdapat satu kelas eksperimen. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh antara penggunaan metode token economy terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2 yang ditunjukkan dengan  nilai P sebesar 0,036 dan 0,001 atau P < 0,05. Artinya, H0 ditolak dan H1 diterima. Pengaruh positif ini menunjukkan nilai token economy meningkat maka motivasi belajar matematika meningkat. Dan 2) sumbangan pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2 sebesar 0,484 atau 48,4% ditunjukkan dalam kolom R square (R2). Sedangkan sisanya sebesar 51,6 % disebabkan oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Nyimas dkk, Pengembangan Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan nasional, 2007.

Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar & Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2007.

Heruman, Model Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

H. Schunk, Dale, Pintrich, Paul dan L Meece, Judith, Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian & Aplikasi, Jakarta: Indeks, 2012.

Ibrahim & Suparni, Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya, Yogyakarta: Suka Press, 2012.

Kadir, Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Latipah, Eva, Psikologi Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Muriyawati, Ainur Rohmah, Faridah, “Pengaruh Pemberian Metode Token Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. 2, No. 2, 2 Agustus 2016, dalam laman https://media.neliti.com/media/publications/70977-ID-pengaruh-pemberian-token-ekonomi-terhada.pdf diunduh pada 12 September 2017.

Purwanto, Edi, Modifikasi Perilaku, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2015.

Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Shadily, Hasan, Ensiklopedia Indonesia: Edisi Khusus, Jakarta: PT Intermasa, 1991.

Siregar, Sofyan, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

Siregar, Sofyan, Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D), Bandung: Alfabeta, 2013.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2014.

Suharputra, Uhar, Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan), Bandung: Refika Aditama, 2012.

Sukaji, Sutarlinah, Modifikasi Perilaku: Penerapan Sehari-hari dan Profesional. Yogyakarta: Liberty, 1983.

Uno, Hamzah B, Teori Motivasi & Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Fadzila, D. A. (2019). Pengaruh Metode Token Economy Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 175–194. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.171