Pengaruh Metode Token Economy Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.171Keywords:
Metode Token Economy, Motivasi Belajar MatematikaAbstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. 2) sumbangan pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2.
Variabel yang diukur yaitu token economy bentuk observasi behavior checklist dan motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2, penelitian ini termasuk penelitian populasi karena hanya terdapat satu kelas eksperimen. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh antara penggunaan metode token economy terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2 yang ditunjukkan dengan nilai P sebesar 0,036 dan 0,001 atau P < 0,05. Artinya, H0 ditolak dan H1 diterima. Pengaruh positif ini menunjukkan nilai token economy meningkat maka motivasi belajar matematika meningkat. Dan 2) sumbangan pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2 sebesar 0,484 atau 48,4% ditunjukkan dalam kolom R square (R2). Sedangkan sisanya sebesar 51,6 % disebabkan oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.
Downloads
References
Aisyah, Nyimas dkk, Pengembangan Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan nasional, 2007.
Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar & Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2007.
Heruman, Model Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
H. Schunk, Dale, Pintrich, Paul dan L Meece, Judith, Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian & Aplikasi, Jakarta: Indeks, 2012.
Ibrahim & Suparni, Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya, Yogyakarta: Suka Press, 2012.
Kadir, Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Latipah, Eva, Psikologi Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Muriyawati, Ainur Rohmah, Faridah, “Pengaruh Pemberian Metode Token Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. 2, No. 2, 2 Agustus 2016, dalam laman https://media.neliti.com/media/publications/70977-ID-pengaruh-pemberian-token-ekonomi-terhada.pdf diunduh pada 12 September 2017.
Purwanto, Edi, Modifikasi Perilaku, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2015.
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Shadily, Hasan, Ensiklopedia Indonesia: Edisi Khusus, Jakarta: PT Intermasa, 1991.
Siregar, Sofyan, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Bumi Aksara, 2017.
Siregar, Sofyan, Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D), Bandung: Alfabeta, 2013.
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2014.
Suharputra, Uhar, Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan), Bandung: Refika Aditama, 2012.
Sukaji, Sutarlinah, Modifikasi Perilaku: Penerapan Sehari-hari dan Profesional. Yogyakarta: Liberty, 1983.
Uno, Hamzah B, Teori Motivasi & Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.