Inovasi Manajemen Dakwah sebagai Pendekatan Dakwah Islam pada Generasi Milenial di Desa Trahan Kabupaten Rembang
Keywords:
Inovasi; Manajemen; dakwah; Generasi MilenialAbstract
Artikel ini membahas peran dakwah Islam dalam era milenial, terutama di Desa Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Generasi milenial, yang meliputi individu mereka yang dilahirkan antara tahun 1981-2000 dan saat ini berusia 20 hingga 39 tahun, termasuk dalam kelompok demografis yang mengikuti Generasi X. Pengaruh besar pada kelompok ini datang dari perkembangan smartphone, penyebaran internet yang merata, dan munculnya media sosial.. Dakwah diadaptasi dengan perkembangan teknologi dan media sosial untuk mencapai generasi milenial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan pemuda sebagai informan. Tujuan artikel ini adalah menjelaskan bagaimana manajemen dakwah diinovasikan menjadi lebih kreatif pada generasi milenial di Desa Rembang, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang. Hasil dari penelitian ini yaitu Pemanfaatan internet dan media sosial menjadi strategi efektif dalam menyampaikan pesan dakwah. Generasi milenial di Desa Rembang aktif menggunakan media sosial sebagai agen dakwah yang inovatif. Literasi digital di masyarakat desa menjadi kunci untuk menyebarkan dakwah Islam melalui teknologi. Maka dengan demikian, pembaharuan dalam manajemen dakwah dengan pendekatan kreatif dianggap penting untuk tetap relevan dan efektif dalam menyebarkan ajaran Islam di era milenial.
Downloads
References
M. Munir, Manajemen dakwah. Prenada Media, 2021.
S. R. Fabriar, A. N. Fitri, dan A. Fathoni, “Podcast: Alternatif Media Dakwah Era Digital,” An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, vol. 14, no. 1, hlm. 1–6, 2022.
A. Pimay dan F. M. Savitri, “Dinamika dakwah Islam di era modern,” Jurnal Ilmu Dakwah, vol. 41, no. 1, hlm. 43–55, 2021.
L. Hidayah, “Dakwah Islam Di Era Generasi Milenial (Analisis Metode Dakwah Gus Miftah),” An-Nashiha: Journal of Broadcasting and Islamic Comunication Studies, vol. 1, no. 1, hlm. 21–32, 2021.
R. Rustandi, “Cyberdakwah: Internet sebagai media baru dalam sistem komunikasi dakwah islam,” NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, vol. 3, no. 2, hlm. 84–95, 2019.
F. Nurrahmi dan P. Farabuana, “Efektivitas Dakwah Melalui Instagram,” Nyimak: Journal of Communication, vol. 4, no. 1, hlm. 1–16, 2020.
A. M. Burhanudin, Y. Nurhidayah, dan U. Chaerunisa, “DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Tentang Pemanfaatan Media Instagram @cherbonfeminist Sebagai Media Dakwah Mengenai Kesetaraan Gender),” Orasi: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, vol. 10, no. 2, 2019.
D. A. Rohman, “Komunikasi dakwah melalui media sosial,” Tatar Pasundan, vol. 13, no. 2, hlm. 299535, 2019.
M. Lexy J, Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
I. Gunawan, Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
S. Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D,” Alfabeta, Bandung, 2018.
A. Sudiansyah, “Efektivitas Komunikasi Dakwah di Pesantren MQ dalam Merubah Akhlak Santri. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi,” Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 1, no. 2, 2017.
M. Munawara, A. Rahmanto, dan I. A. Satyawan, “Pemanfaatan Media Digital untuk Dakwah Pesantren Tebuireng: Studi pada Akun Media Sosial tebuireng. online,” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, vol. 14, no. 1, hlm. 29–45, 2020.
S. H. Arnus, “Pengaplikasian Pola Computer Mediated Communication (Cmc) Dalam Dakwah,” Jurnal Jurnalisa, vol. 4, no. 1, 2019.
A. H. Ummah, “Dakwah digital dan generasi milenial (menelisik strategi dakwah komunitas arus informasi santri nusantara),” Tasâmuh, vol. 18, no. 1, hlm. 54–78, 2020.
P. P. Lestari, “Dakwah Digital Untuk Generasi Milenial,” Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, vol. 21, no. 1, hlm. 41–58, 2020.
M. Ritonga, “Komunikasi Dakwah Zaman Milenial,” Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), vol. 3, no. 1, hlm. 60–77, 2019.
S. M. Amin dan B. Nu’man, Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam. Amzah, 2008.
J. Jahroni, Masjid di Era Milenial. Center for the Study of Religion and Culture (CSRC), 2019.
M. A. L. Nuriz dan A. Lubbi, Generasi Muda Milenial dan Masjid di Era digital. Jakarta: Center for The Study of Religion and Cultur - CSRS, 2019.
R. Mardiana, “Daya Tarik Media Digital Sebagai Media Dakwah Untuk Generasi Milenial,” KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah, vol. 10, no. 02, hlm. 148–158, 2020.
I. Al Walidah, “Tabayyun di era generasi millenial,” Jurnal Living Hadis, vol. 2, no. 2, hlm. 317–344, 2017.
A. Zaini, “Dakwah melalui internet,” AT-TABSYIR STAIN Kudus, vol. 1, no. 1, hlm. 1–16, 2013.
A. Zaini dan D. Rahmawati, “Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Media Baru,” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, vol. 8, hlm. 162, 2021.
M. Fakhruroji, “Dakwah Islam dan Inovasi Media: Peluang dan Ancaman Media Global Atas Dakwah Islam,” Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, vol. 4, no. 1, hlm. 121–129, 2010.