Profil Morfologi Bunga Angiospermae di Lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga sebagai Sumber Belajar Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui morfologi bunga angiospermae yang ada di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai sumber belajar mahasiswa; 2) melakukan pendataan tentang bunga angiospermae yang ada di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode yang digunakan merupakan metode eksplorasi dengan pendekatan analisis data deskriptif. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi, kemudian dilanjutkan mengidentifikasi tumbuhan dengan membandingkan gambar dan mengenali spesies untuk dikaji morfologinya. Dalam penelitian ini morfologi yang dikaji khusus bagian bunganya pada tumbuhan angiospermae. Mahasiswa dapat mengetahui bunga termasuk bunga tunggal atau majemuk, organ seksualnya uniseksual atau biseksual. Bunga sempurna atau tidak sempurna. Juga mengetahui bagian-bagian bunga seperti, mahkota, kelopak, putik, benang sari, dan modifikasi bagiannya jika ada. Tempat dilakukannya penelitian di sekitar lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil penelitian berhasil menemukan 8 spesies bunga angiospermae. Diantaranya, Caesalpinia pulcherrima, Ruellia simplex, Bougainvillea, Euphorbia mili, Plumeria sp., Galinsoga guadriradiata, dan Gomphrena globosa, Trimezia martinicesis. Hanya ditemukannya 8 spesies tersebut karena ada beberapa bunga angiospermae yang belum berbunga. Dari 8 bunga angiospermae tersebut dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa.
Downloads
References
Agustina, A., Junaidi, I. A., & Fakhrudin,
A. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi IPA Kelas IV MIN 3 Lahat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349– 1358.
Dwi Riastuti, R., & Febrianti, Y. (2021). Morfologi Tumbuhan Berbasis Lingkungan (Y. Umaya (ed.); cetakan pe). Ahlimedia Press.
Gunawan, F. I., Mulyana, F. W., & Supriyatna, A. (2023). Inventarisasi Dan Analisis Jenis Tumbuhan Famili Euphorbiaceae Dan Sebarannya Di Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Tanaman, 2(1), 35–42.
https://doi.org/10.55606/jurrit.v2i1.1412
Hidayat, E. B. (1995). Morfologi Tumbuhan. Penerbit ITB.
Hugest, N. F. (1994). The Enigma of Angiosperm Origins (first publ).
Iriawati, Wardhini, T. H., & Suradinata, T. (2012). Embriologi Tumbuhan. vii, 6,48 hlm.
Irsyam, A. S. D., Mountara, A., Dewi, A. P., Hariri, M. R., Peniwidiyanti, P., Irwanto, R. R., & Anshori, Z. Al. (2022). Keberadaan Ruellia simplex (Acanthaceae) Ternaturalisasi di Pulau Jawa. Al-Kauniyah: Jurnal Biologi, 15(1), 140–150. https://doi.org/10.15408/kauniyah.v15i 1.18125
Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology EducationJ.Biol.Educ. Unnes Journal of Biology Education, 1(11), 66–73. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ ujbe
Kundariati, M., & Izza, J. N. (2021). Identifikasi Struktur Morfologi Tanaman Pacar Air (Impatiens balsamina) sebagai Sumber Belajar Mata Kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan Mahasiswa Calon Guru Biologi Universitas Negeri Malang. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 8(2), 54–63.
https://doi.org/10.29407/jbp.v8i2.16045
Kusumayani, & Andoko. (2005). Membuat Euphorbia Tampil Indah Menawan. AgroMedia Pustaka.
Masdar, R., Sahribulan, & Karim, H. (2023). Kajian Kekerabatan Tumbuhan Magnoliopsida Berdasarkan Karakteristik Morfologi Tipe Pembungaan Racemosa di Sekitar Kampus UNM Parangtambung. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM, 483–501.
Muliana, G. H., & Arsal, A. F. (2023). Potensi Tumbuhan di Lingkungan FMIPA UNM Sebagai Sumber Belajar Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 896–905.
http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/6996%0Ahttps://jurnal.pen eliti.net/index.php/JIWP/article/downloa d/6996/4616
Nugroho, L. H., Purnomo, & Sumardi, I. (2012). Struktur dan Perkembangan Tumbuhan. Penebar Swadaya.
Prameswary, A. D., & Angio, M. H. (2021). Potensi Enam Tanaman Buah Lokal Terpilih Koleksi Kebun Raya Purwodadi. Prosiding Biologi Achieving the Sustainable Development Goals with Biodiversity in Confronting Climate
Rahmawati, U. N. A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di Mim Pundungrejo Tahun Pelajaran 2019/2020. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 1(1), 16–25. https://doi.org/10.22515/jenius.v1i1.30 25
Sari, I. P., Rahayuningsih, M., & Kartijono, N. E. (2012). Pemanfaatan Kebun Sebagai Sumber Belajar Dengan Menerapkan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas). Journal of Biology Education, 1(2), 95–101.
Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. UPI.
Tjitrosoepomo, G. (2011). Morfologi Tumbuhan. Gadjah Mada Press.
Tjitrosoepomo, G. (2013). Taksonomi Tumbuhan Spermathopyta. UGM Press.
Utami, E. S. W., Hariyanto, S., & Purnobasuki, H. (2023). Embriologi Angiospermae (Anas Abadi (ed.)). Airlangga University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ananda Wulandari, Chabib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.