Pengembangan LKPD Matematika dengan Model Learning Cycle 7E Berbantuan Mind Mapping

Main Article Content

Ina Rosliana

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD matematika dengan model Learning Cycle 7E berbantuan mind mapping yang berkualitas untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMA/ MA pada materi pokok trigonometri. Model pengembangan menggunakan model prosedural, dengan prosedur pengembangan menurut Depdiknas yang diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg dan Gall. Langkah-langkah prosedur pengembangan tersebut yaitu: (1) melakukan analisis produk yang dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian LKPD, lembar soal test, dan lembar skala respon peserta didik. Berdasarkan penilaian ahli diperoleh bahwa kualitas LKPD matematika mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase . Berdasarkan nilai post-test diperoleh bahwa sebanyak 86,67% peserta didik yang mengikuti post-test kemampuan pemahaman konsep dan 83,33% peserta didik yang mengikuti post-test kemampuan berpikir kreatif mendapatkan nilai lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), sehingga telah berhasil memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif peserta didik pada materi pokok trigonometri. Selain itu, respon peserta didik terhadap LKPD matematika dengan model Learning Cycle 7E berbantuan mind mapping mendapatkan respon positif dengan persentase . Oleh karena itu, LKPD matematika dengan model learning cycle 7E berbantuan mind mapping pada materi pokok trigonometri kelas X SMA/ MA dikatakan berkualitas dan dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif berdasarkan kriteria ketercapaian valid, efektif, dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rosliana, I. . (2019). Pengembangan LKPD Matematika dengan Model Learning Cycle 7E Berbantuan Mind Mapping. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 10–22. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.10-22
Section
Articles

References

Adamura, Fatriya, dan Masfingantin, Titin. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Masalah Materi Geometri Non Euclides untuk Melatihkan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 3(1): 14-24.

Afrilianto, Muhammad. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Peserta didik SMP dengan Pendekatan Methaporical Thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STIKP Siliwangi Bandung. 1(2): 192-202.

Alimuddin. 2009. Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik melalui Tugas-tugas Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. 355-366.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas (Edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia.

Darmodjo, Hendro dan Kaligis, Jenny R.E. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Eisenkraft, A. 2003. Expanding the 5E Model: A Proposed 7E Model Emphasizes “transfer of learning” and The Importance of Eliciting Prior Understanding. The Science Teacher. 70(6): 56-59.

Fitriani, N., Gunawan, & Sutrio. 2017. Berpikir Kreatif Dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Juni 2017. 3(1): 24-33.

Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(3): 181-190.

Hamidiyah, Nurul dan Suliyanah. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Melatihkan Self-efficacy Siswa pada Materi Getaran Harmonik Sederhana di MAN 2 Kediri. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), September 2017. 6(3): 240-245.

Harjanto. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim dan Suparni. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Kesumawati, Nila. 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. 2: 229-235.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Munandar, Utami. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : PT Gramedia.

Rahmadani, A., Amalita, N., & Helma. 2012. Penggunaan Lembar Kerja Peserta didik yang Dilengkapi Mind Map dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1): 30-34.

Rawa, N. R., Sutawidjaja, A., & Sudirman. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Learning Cycle-7E pada Materi Trigonometri untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Peserta didik. Jurnal Pendidikan. 1(6): 1042-1055.

Shadiq, Fadjar. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Suryaman, M. 2009. Panduan Pendidik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Trianggono, M. M. 2017. Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, Maret 2017. 3(1): 1-12.

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Armas Duta Jaya.

Pansa, Hani Ervina. 2017.Pengembangan LKPD dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2017. 229-238.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, A. E dan Darminto, B. P. 2016. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Ekuivalen. 24(2).

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. 2016. IbM Pendidik dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi. 13: 39-49.