Pengembangan Mobile Learning Rensi (Relasi dan Fungsi) Berbasis Android pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VIII SMP

Main Article Content

Fadlilah Aziz Ramadan
Nurul Arfinanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning android yang berkualitas sebagai sumber belajar mandiri siswa. Mobile learning ini berisikan materi Relasi dan Fungsi yang ditujukan untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode pengembangan 4D. Tahapan 4D meliputi tahap define (penetapan produk), tahap design (perancangan produk), tahap development (pengembangan produk), dan tahap dissemination (penyebarluasan). Kriteria ketercapaian kualitas pada mobile learning RENSI didapatkan dari pengujian oleh para ahli dan dinyatakan praktis oleh siswa. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa aplikasi mobile learning android RENSI (Relasi dan Fungsi) yang dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar mandiri siswa kelas VIII SMP. Melalui uji coba yang dilakukan oleh ahli materi, mobile learning ini mendapat persentase keidealan pengaplikasian media 94,79% (sangat baik), oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan muatan materi 84,38 % (sangat baik) sehingga mobile learning RENSI dikatakan valid. Pengujian untuk mengetahui kepraktisan mobile learning oleh respon siswa memperoleh persentase keidealan kepraktisan penggunaan 76,25% (setuju). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mobile learning RENSI telah layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas VIII SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aziz Ramadan, F. ., & Arfinanti, N. . (2019). Pengembangan Mobile Learning Rensi (Relasi dan Fungsi) Berbasis Android pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 42–50. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.42-50
Section
Articles

References

Agung Sambodo, Rizki. 2014. Pengembangan mobile apps android sebagai media pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep. Skripsi: tidak diterbitkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Anshori, S. .2016. Strategi Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Prosiding Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII

Darmawan, Deni. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Futri Basya, Yuhan. 2017. Pengembangan media pembelajaran mobile learning (m-learning) berbasis android untuk siswa kelas XI SMA/MA. Skripsi: tidak diterbitkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Holzinger, Andreas, Alexander Nischelwitzer, dan Matthias Meisenberger. 2005. Mobile Phones as a Challenge for m-Learning:Experiences with the Mobile Learning Engine (MLE) using Mobile Interactive Learning Objects (MILOs). https://pdfs.semanticscholar.org/8839/9aaf8d04c1096da933f4b29fec1e263ca571.pdf

Ibda, Fatimah.2015. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. E-jurnal UIN Ar-Raniri Volume 3 Nomor 1

Kemdikbud. 2017. Mobil Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs): Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kemendikbud.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Millward, Steven. 2014. Indonesia diproyeksi lampaui 100 juta pengguna smartphone di 2018, keempat di dunia. https://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-smartphone-di-indonesia-2018 diakses pada 11 Januari 2018 pukul 20.00

Mujiman, Haris. 2008. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press

Nikmah, Astin. 2013. Dampak Penggunaan Handphone terhadap Prestasi Siswa. Surabaya: E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya Volume 5.

Nu Online. 2016. Survei IPNU temukan, 50 persen pelajar pakai smartphone sejak SD. http://www.nu.or.id/ diakses pada 11 Januari 2018 pukul 20.45

Prawiradilaga, D S.2007. Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Riyanto B, Dkk. Perancangan dan Implementasi Aplikasi Mobile Learning Berbasis Java. p4tkmatematika.org/. diakses 7 februari 2018 pukul 21.30

Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Mengembangkan Profesionalitas Guru). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada

Sadiman, Arief S. 1996. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannaya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Samaky H, 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Tamimudin, M. Mengenal Mobile Learning (M-Learning). https://mtamim.files.wordpress.com/2008/12/mlearn_tamim.pdf diakses pada 7 Januari 2018 pukul 20.13

Thiagarajan, S., Semmel, D. S. & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute / Special Education, University of Minnesota

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta

Wamuti, Charles. A Synchronous Collaborative Service Oriented Mobile Learning Architecture (SCSOMLA). http://www.ijstr.org/final-print/nov2016/A-Synchronous-Collaborative-Service-Oriented-Mobile-Learning-Architecture-scsomla.pdf diakses pada 12 Februari 2018 pukul 20.30

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Widyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.