Self Awareness Siswa Madrasah Aliyah dalam Pembelajaran Matematika
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self awareness siswa Madrasah Aliyah ditinjau dari jenis kelamin dan kemampuan matematika (tinggi, sedang, dan rendah), baik secara keseluruhan maupun tiap indikator (emotional awareness, accurate self assessment, dan self confidence). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah di Yogyakarta dengan sampel siswa di 2 Madrasah Aliyah. Instrumen pengumpulan yang digunakan adalah kuesioner self awareness dan dokumen nilai matematika. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan Self Awareness antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, baik self awareness secara keseluruhan maupun tiap indikator self awareness yaitu emotional awareness, self awareness, dan accurate self assessment dan tidak ada perbedaan self awareness antara siswa dengan kemampuan tinggi, siswa dengan kemampuan sedang, dan siswa dengan kemampuan rendah, baik self awareness secara keseluruhan maupun tiap indikator self awareness yaitu emotional awareness, self awareness, dan accurate self assessment. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika belum mampu memberi dampak maksimal terhadap self awareness siswa.
Downloads
Article Details
References
Aminah Ekawati dan Shinta Wulandari. 2011. Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Siswa dalam mata Pelajaran matematika (Studi Kasus Sekolah Dasar). Jurnal Socioscientia kopertis wilayah XI Kalimantan. Februari 2011, volume 3 nomor 1.
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 1995. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BPKP. 2007. Interpersonal Skill (Edisi Keempat). Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. [Online]. Tersedia: http://pusdiklatwas.bpkp.go.id/namafile/301/IS_Dalnis.pdf. Diakses [29 November 2018]
D’Amore, Drew. 2008. Social Awarenesss As an Indicator Of Self-Awarenesss: The Mead-Cooley Model and Research Methodology in Nonhuman Primates. Tcnj Journal Of Student Scholarship. Volume X
Goleman, Daniel. 2004. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum
Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. [Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/ . Diakses: [18 Mei 2018].
Jagtenberg, Tom and D’Alton, Phillip (ed) (1995), Four Dimensional Social Space Class, Gender, Ethnicity and Nature A reader in Australian Social Sciences, Second Edition, Harper Educational, Sydney.
Maccoby, E.E & Jacklin, C.N. 1974. The Psychology of Sex Differences. Stanford: Stanford University.
Mudana, Nyoman Oka, Ketut Dharsana, dan Kadek Suranata. 2014. Penerapan Konseling Gestalt dengan Teknik Reframing Untuk Meningkatkan Kesadaran Diri dalam Belajar Siswa Kelas VIII A1 SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, Volume 2 No 1 Tahun 2014.
Muchlishin, (2010). Hubungan antara kemampuan awal Matematika dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar Matematika materi segitiga dan segi empat kelas VII SMP Askhabul Kahfi Polaman Mijen Semarang tahun 2009/2010. IAIN Walisongo Tidak Diterbitkan
MZ, Z.A. 2013. Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Gender, 12(1), 15–31.
Nanang Martono, Elis Puspitasari, Mintarti, Rin Rostikawati. (tanpa tahun). Perbedaan Gender dalam Prestasi Belajar Mahasiswa Unsoed.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. NCTM.
Permendikbud nomor 58 tahun 2014. 2014. Jakarta.
Romlah, Maya Siti. 2013. Pendekatan Brainstorming Teknik Round-Robin untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran, Komunikasi Matematis dan Self awareness Siswa SMP. Tesis Universitas Pendidikan Indonesia. [Online].
Sri Suciati. 1998. Kesetaraan Gender dalam Pendidikan. http://www.duniaesai.comgender/gender9.html 19-03-08
Tya Anggreini. (Tanpa Tahun). Hubungan Antara Kecemasan dalam Menghadapi Mata Pelajaran Matematika dengan Prestasi Akademik Matematika Pada Remaja. Universitas Gunadarma. Tidak diterbitkan.
Winarno, Jacinta. 2008. Emotiona Intelegence Sebagai Salah Satu FaktorPenunjang Prestasi Kerja. Jurnal Manajemen, November 2008 Vol.8, No.1.
Winkel. 2012. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.