Upaya Meningkatkan Peran Aktif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Mencari Pasangan (Make A Match) Kelas XI IPS MA Salafiyah Wonoyoso Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2018/2019
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan peran aktif siswa dengan menggunakan pembelajaran model Mencari Pasangan (Make a Match). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 MA Salafiyah Wonoyoso. Hasil penelitian menunjukkan setelah 2 siklus, pembelajaran menggunakan model pembelajaran Mencari Pasangan (Make a Match) dapat meningkatkan peran aktif siswa. Pada kondisi prasiklus peranaktif siswa dalam pembelajaran sebesar 35,42% sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 62,08%. Pada siklus ke II peran aktif siswa mencapai 77,02% dan telah menlebih dari standar keberhasilan. Pembelajaran matematika model Mencari Pasangan ( Make a Match ) dapat meningkatkan peran aktif siswa adalah dengan gambaran bahwa pada pelaksanaan pembelajaran matematika pada siklus pertama keterlaksanaanya 90%, sedangkan pada akhir siklus kedua mengalami peningkatan dengan keterlaksanaan 96,67%.
Downloads
Article Details
References
Carter, J.s. (2007). What is mathematics. Artikel. http://kl.ioe. ac.uk/ schools/mst/ MAMaths/images/IME07-08booklet.
Database PISA OECD. http://www.pisa.oecd.org/
Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Hisyam Zaini,dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Jamal Ma’mur Asmani. 2011. 7 Tips Aplikasi Pakem. Yogyakarta : Diva Press.
Suharsimi Arikunto. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Sukarman, H. 2002. Psikologi Pembelajaran Matematika di SMU. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.