Hasil Belajar Matematika dan Keaktifan Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga dengan Model RME Tahun Pelajaran 2018/2019
Main Article Content
Abstract
Hasil belajar dan keaktifan menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran matematika materi penyajian data dengan model pembelajaran RME kelas VII F SMP Negeri 8 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F semester genap tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran RME dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada materi penyajian data kelas VII. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 54,06 dan persentase ketuntasan sebesar 24,13%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80,06 dengan persentase ketuntasan sebesar 89,65%. Rata-rata keaktifan peserta didik siklus I dan II indikator 1 interaksi dari 44,36% menjadi 78,62%, indikator 2 kerjasama dengan teman sekelompok dari 41,76% menjadi 71,64%, indikator 3 mengerjakan soal dan tugas dari 40,61% menjadi 72,79%, indikator 4 motivasi dalam mengikuti pelajaran dari 43,55% menjadi 70,24%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model RME dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika materi penyajian data di kelas VII F SMP Negeri 8 Salatiga.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Windasari, R. ., & Istiqlal, M. (2020). Hasil Belajar Matematika dan Keaktifan Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga dengan Model RME Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.14421/jppm.2020.21.13-19
Issue
Section
Articles
References
Fathurrohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Habib, M. (2017). Pembelajaran Realistic Marhematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Irma, A. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro. Jurnal SAP, 1(2).
Mardiyan, R. (2012). Peningkatan Keaktifan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Materi Jurnal Penyesuaian Pada Siswa XI IPS 3 SMA Negeri 3 Bukit Tinggi Dengan Metode Bermain Peran (Role Playing) Tahun Ajaran 2011/2012.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya.
Nur’aini, E. S. (2016). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan kepercayaan Diri Siswa Pada Materi Menyederhanakan Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).
Sadirman. (2001). Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Grafindo Persada.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2).
Suarni. (2017). Meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kompetensi dasar organisasi pelajaran pkn melalui pendekatan pembelajaran pakem untuk kelas iv sd negeri 064988 medan johor T.a. 2014/2015. Journal of Physics and Science Learning (Pascal), 1(2).
Sudjana, N. (1989). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru.
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120.
Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. JURNAL KREANO, 5(1).
Habib, M. (2017). Pembelajaran Realistic Marhematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Irma, A. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro. Jurnal SAP, 1(2).
Mardiyan, R. (2012). Peningkatan Keaktifan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Materi Jurnal Penyesuaian Pada Siswa XI IPS 3 SMA Negeri 3 Bukit Tinggi Dengan Metode Bermain Peran (Role Playing) Tahun Ajaran 2011/2012.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya.
Nur’aini, E. S. (2016). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan kepercayaan Diri Siswa Pada Materi Menyederhanakan Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).
Sadirman. (2001). Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Grafindo Persada.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2).
Suarni. (2017). Meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kompetensi dasar organisasi pelajaran pkn melalui pendekatan pembelajaran pakem untuk kelas iv sd negeri 064988 medan johor T.a. 2014/2015. Journal of Physics and Science Learning (Pascal), 1(2).
Sudjana, N. (1989). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru.
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120.
Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. JURNAL KREANO, 5(1).