Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pemberian tes dan wawancara. Pengambilan subyek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII SMP. Pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada soal HOTS dengan indikator mengajukan dugaan, subjek dengan kemampuan penalaran adaptif matematis tinggi dan rendah mampu mengajukan dugaan. Berbeda dengan subjek yang memiliki kemampuan penalaran adaptif rendah tidak mampu mengajukan dugaan, 2) Pada soal HOTS dengan indikator memberikan alasan terhadap suatu kebenaran, subjek dengan kemampuan tinggi dan sedang mampu memberikan alasan terhadap suatu pernyataan dengan benar. Berbeda dengan subjek berkemampuan rendah yang tidak dapat memberikan alasan terhadap sebuah pernyataan, 3) Pada soal HOTS dengan indikator menarik kesimpulan pada sebuah pernyataan, subjek berkemampuan tinggi dan sedang mampu menunjukkan penyelesaian dengan memberikan kesimpulan yang benar dan lengkap. Berbeda dengan subjek berkemampuan rendah yang belum mampu mengerjakan soal tersebut dengan benar, 4) Pada soal HOTS dengan indikator memeriksa kesahihan suatu argumen, subjek dengan kemampuan tinggi dan sedang mampu mengecek kesahihan suatu argument dengan menunjukkan letak kebenaran atau kesalahan secara lengkap. Berbeda dengan subjek dengan kemampuan rendah yang tidak mampu mengecek kesahihan suatu argument, 5) Pada soal HOTS dengan indikator menemukan pola pada suatu gejala matematis, subjek berkemampuan tinggi, sedang dan rendah belum mampu menemukan pola dari suatu gejala matematis
Downloads
Article Details
References
Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama F, W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90–103.
Hanifah, S. . (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. : UIN Syarif Hidayatullah.
Hidayati, F. (2017). Profil Penalaran Adaptif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Open-Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(6), 92–98.
Indriani, T., Hartoyo, A., & Astuti, D. (2017). Kemampuan penalaran adaptif siswa dalam memecahkan masalah kelas VIII SMP Pontianak. Tanjungpura University.
Jarvis, M. (2011). Teori-Teori Psikologi (10th ed.). Nusa Media.
Khasanah, U. (2019). Analisis Penalaran Adaptif Siswa SMK Dalam Penyelesaian Masalah Persamaan Liniear Satu Variabel. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Kilpatrick, S., & Findell. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics.. National Academy Press.
Melin, K. (2015). Profil Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas X SMA Negeri 2 Palu. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 178–188.
Nurcahyono, N. A., Suyadi, D., & Prabawanto, S. (2018). Analysis of Students’ Mathematical Imagination Ability in Solving Problem. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 1–6.
Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015). Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Bebasis Higher Order Thingking (HOTS) Pada Kelas X di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika Ke-4 2015, 104–112.
Sa’adah, W. N. (2010). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Universitas Negeri Yogyakarta.
Setyawan, A. (2018). Penalaran dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gender Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bangun Datar Kelas VII MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. IAIN Tulungagung.
Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan kecakapan matematis mahasiswa calon guru matematika melalui strategi perkuliahan kolaboratif berbasis masalah. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA.
Yenni, R. S. A., & Aji, R. S. (2016). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP melalui model pembelajaran Numbered Head Together. Jurnal Prima, 5(2), 73–81.