Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Matematika
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Snowball Throwing dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan teknik pengambilan sampel tersebut, dalam penelitian ini dari 4 kelas dipilih 3 kelas yang homogen yang terdiri dari kelas VII B dan VII C sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji efektivitas diperoleh hasil bahwa: 1) Rata-rata gain kelas eksperimen 1 (Jigsaw) sebesar 0.4546, 2) Rata-rata gain kelas eksperimen 2 (Snowball Throwing) sebesar 0.5258, 3) Rata-rata gain kelas kontrol (konvensional) sebesar 0.3109. Berdasarkan hasil uji efektivitas dapat disimpulan bahwa 1) model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional, 2) model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional, 3) model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Downloads
Article Details
References
Dewi, dkk. (2017). Efektivitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Ketrampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah Vol 2.
Fathoni, AB. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Jurnal Peluang Vol.1, No. 1
Hanief & Himawanto. (2017). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Hasugian, P. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Kearsipan Siswa SMK Negeri Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi.Medan.Universitas Negeri Medan.
Kusrini, dkk. (2014). Strategi Pembelajaran Matematika. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Nurfitriyanti, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosional. Jurnal Formatif, No. 7(2): 153-162
Pramesti, G. (2017). Statistika Penelitian dengan SPSS 24. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Qoiriah, K. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Snowball Throwing Dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sengul, S & Yasemin, K. 2013. Effects of jigsaw technique on mathematics self-efficacy perceptions of seventh grade primary school students. Jurnal Procedia Social and Behavioral Sciences, No.116 (2014) 333 – 338
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna, & Endrayanto. (2012). Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widarti, A. (2013). Kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematis siswa. Skripsi. Jombang.STKIP PGRI Jombang.
Yuliati. (2015). Efektivitas penggunaan model kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pertidaksamaan linear di kelas XI-IS-2 SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Peluang Vol. 3, No. 2