Pembelajaran Bermakna Analisis Real Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Burhanuddin Latif

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran bermakna telah dilakukan oleh mahasiswsa selama perkuliahan Analisis Real secara daring pada masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Metode yang digunakan adalah metode survey yang terdiri dari 15 pernyataan dengan setiap indikator diwakili oleh 3 buah pernyataan. Survey dilakukan kepada 34 orang mahasiswa yang mengambil mata kuliah Analisis Real. Hasil survey dianalisis menggunakan analisis proporsi dengan melihat persentase dari setiap pernyataan untuk setiap indikator. Berdasarkan data, diperoleh hasil bahwa mayoritas (>60%) telah belajar secara activeconstructiveintentional, dan cooperative. Sementara sebagaian (>50%) merasa masih belum dapat belajar secara authentic. Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini yang memaksa semua proses pembelajaran dilakukan secara daring menuntut dosen untuk cermat memilih media daring yang cocok diterapkan dengan memperhatikan kondisi mahasiswa dan dosen. Dengan hasil peneltian ini diharapkan dosen dapat mengetahui kelemahan-kelemahan apa yang dialami mahasiswa saat pembelejaran bermakna selama perkuliahan Analisis Real secara daring dilaksanakan dan dapat dijadikan dasar bagi pemilihan media daring lainnya bahkan mengkombinasikannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Latif, B. . (2020). Pembelajaran Bermakna Analisis Real Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.14421/jppm.2020.22.79-88
Section
Articles

References

Anbazhagan, A., & Govindarajan, S. (2018). Brain-Based Learning: A Tool for Meaningful learning in the Classroom. International. Journal of Research, 7(9), 766–771.

Ashburn, E. A., & Floden, R. E. (2006). Meaningful learning using technology: What educators need to know and do. Teachers College Press.

Ausubel, D. . (2000). The Acquisition and Retention of Knowledge: A Cognitive View. Kluwer Academic Publishers.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE.

Ghazali, N., & Nordin, M. S. (2019). Measuring Meaningful Learning Experience: Confirmatory Factor Analysis. Proceedings of the International Conference on Agriculture, Social Sciences, Education, Technology and Health (ICASSETH 2019), 9(12), 283–296.

Howland, J. L., Jonassen, D. H., & Marra, R. M. (2012). Meaningful Learning with Technology (4th ed.). Pearson.

Isnani, I., Waluya, B. W., Rochmad, R., Sukestiyarno, S., Suyitno, A., & Aminah, N. (2019). How is Reasoning Ability in Learning Real Analysis?.

Juan, A. A., Steegmann, C., Huertas, A., Martinez, M. J., & Simosa, J. (2011). Teaching mathematics online in the European Area of Higher Education: an instructor’s point of view. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 42(5), 141–153.

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran dengan Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Kemp, S. (2020). Digital 2020: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Koh, J. H. L. (2017). Designing and integrating reusable learning objects for meaningful learning: Cases from a graduate programme. Australasian Journal of Educational Technology, 33(5), 136–151. https://doi.org/https://doi.org/10.14742/ajet.3072

Mairing, J. P. (2014). Student’s Difficulties in Solving Problem of Real Analysis. Proceeding of International Conference On Research , Implementation And Education Of Mathematics And Sciences 2014, 289–298.

Swan, K. (2003). Elements of Quality Online Education, Practice and Direction (J. B. & J. C. Moore (ed.); pp. 13–45). Sloan Center for Online Education.

Tolentino, C. V. (2011). Meaningful Learning through E-learning. Proceedings of Technology for Education.