Pengembangan Komik Matematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan komik yang layak dan mampu memfasilitasi pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa SMP/MTs. Pengecekan efektivitas, validitas, dan praktibilitas dilakukan pada komik untuk mengetahui kelayakan produk. Komik dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli yang memperoleh skor total 3,23 dari total skor 4. Komik juga dinilai efektif bersadarkan hasil post-test dan skala yang berturut turut menunjukan ketuntasan 83,87 % dan 70%. Komik dinyatakan praktis pula berdasarkan hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran, komik mampu mencapai keterlaksanaan pembelajaran sebesar 70,24%. Oleh karena itu, komik matematika yang dihasilkan pada penelitian pengembangan ini layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa SMP/MTs.
Downloads
Article Details
References
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Arini, F. D., Choiri, A. S., & Sunardi. (2017). The Use of Comic s a Learning Aid to Improve Learning Interest of Slow Learner Student. European Journal of Special Education Research, 71-78.
Azwar, S. (1990). Motivasi dalam Belajar. -, -.
Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 pada Pengajaran Micro di PGSD UAD Yogyakarta. Profesi Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 , 87 - 94.
Nugraeni, E. A., & Sugiman. (2013). Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Aktivitas Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. PHYTAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 1, 101-108.
Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembanagan. Jakarta: Depdiknas.
Re, A. D. (2014). Reading, Drawing, and Aritmatic using Comic to Teach Elementary Math. Savannah, Georgia: -.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories (Teori -Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryadi, A., Hidayat, B., Rustana, C., Abduhzen, M., Sulistiyo, Rosyidi, U., & Latif, Y. (2014). Pendidikan untuk Transformasi Bangsa: Arah Baru Pendidikan untuk Merubah Mental Bangsa. Jakarta: Kompas.
Susilo. (2018, Maret Minggu). Tribunlifestyle. Diambil kembali dari Tribun: http://www.tribunnews.com/lifestyle/2013/11/29/indonesia-peringkat-ke-2-pembaca-manga-terbanyak-di-dunia
Aqib, Z. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Arini, F. D., Choiri, A. S., & Sunardi. (2017). The Use of Comic s a Learning Aid to Improve Learning Interest of Slow Learner Student. European Journal of Special Education Research, 71-78.
Azwar, S. (1990). Motivasi dalam Belajar. -, -.
Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 pada Pengajaran Micro di PGSD UAD Yogyakarta. Profesi Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 , 87 - 94.
Nugraeni, E. A., & Sugiman. (2013). Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Aktivitas Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. PHYTAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 1, 101-108.
Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembanagan. Jakarta: Depdiknas.
Re, A. D. (2014). Reading, Drawing, and Aritmatic using Comic to Teach Elementary Math. Savannah, Georgia: -.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories (Teori -Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryadi, A., Hidayat, B., Rustana, C., Abduhzen, M., Sulistiyo, Rosyidi, U., & Latif, Y. (2014). Pendidikan untuk Transformasi Bangsa: Arah Baru Pendidikan untuk Merubah Mental Bangsa. Jakarta: Kompas.
Susilo. (2018, Maret Minggu). Tribunlifestyle. Diambil kembali dari Tribun: http://www.tribunnews.com/lifestyle/2013/11/29/indonesia-peringkat-ke-2-pembaca-manga-terbanyak-di-dunia
Syahrir, D. C. (2016). Penerapan Pembelajaran Jigsaw Terintegrasi PBL (Problem Based Learning) berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi Umum Universitas Negeri Malang. Jornal Bio Education Vol 1 Nomor 1 Oktober ISSN 2541-2280, 26-32
Aqib, Z. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Arini, F. D., Choiri, A. S., & Sunardi. (2017). The Use of Comic s a Learning Aid to Improve Learning Interest of Slow Learner Student. European Journal of Special Education Research, 71-78.
Azwar, S. (1990). Motivasi dalam Belajar. -, -.
Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 pada Pengajaran Micro di PGSD UAD Yogyakarta. Profesi Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 , 87 - 94.
Nugraeni, E. A., & Sugiman. (2013). Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Aktivitas Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. PHYTAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 1, 101-108.
Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembanagan. Jakarta: Depdiknas.
Re, A. D. (2014). Reading, Drawing, and Aritmatic using Comic to Teach Elementary Math. Savannah, Georgia: -.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories (Teori -Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryadi, A., Hidayat, B., Rustana, C., Abduhzen, M., Sulistiyo, Rosyidi, U., & Latif, Y. (2014). Pendidikan untuk Transformasi Bangsa: Arah Baru Pendidikan untuk Merubah Mental Bangsa. Jakarta: Kompas.
Susilo. (2018, Maret Minggu). Tribunlifestyle. Diambil kembali dari Tribun: http://www.tribunnews.com/lifestyle/2013/11/29/indonesia-peringkat-ke-2-pembaca-manga-terbanyak-di-dunia
Syahrir, D. C. (2016). Penerapan Pembelajaran Jigsaw Terintegrasi PBL (Problem Based Learning) berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi Umum Universitas Negeri Malang. Jornal Bio Education Vol 1 Nomor 1 Oktober ISSN 2541-2280, 26-32.
Toh, T. L. (2012). Use of Cartoons and Comics to Teach Algebra in Mathematics Classrooms. Journal of National Institute of Education, Nanyang Technological University, Singapore, 230-239.
Widyoko, S. E. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X - ITS ISBN No 979-545-0270-1, -.