Pengembangan Desain Instruksional Model Inquiry Learning Terintegrasi TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Main Article Content

Edy Waluyo
Nuraini

Abstract

Menghadapi perkembangan teknologi pada pembelajaran abad 21 saat ini, guru dituntut untuk memiliki pengetahuan yang mampu mengintegrasikan teknologi, pengetahuan pedagogi dan konten dalam pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Melalui pemecahan masalah siswa dituntut berpikir secara sistematis, kritis, logis, serta memiliki sikap pantang menyerah untuk menemukan solusi dari masalah yang dihadapi.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran matematika dengan menggunakan model inquiry learning terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall yakni suatu proses sistematis yang dilakukan dalam mengembangkan suatu produk pendidikan dan mengacu pada pengembangan desain pembelajaran meliputi analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, implementasi dan evaluasi produk. Penelitian dikenakan pada 60 siswa Madrasah Tsanawiyah Muallimat NW Pancor kelas VII A dan VII D. Pengumpulan data menggunakan instrumen pedoman atau lembar validasi produk, angket kepraktisan produk dan tes hasil belajar untuk mengukur kepraktisan dan efek potensial produk yang dikembangkan. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif. Dari hasil analisis data, desain instruksional yang dikembangkan tergolong produk yang valid dengan rata rata 152,67, praktis dengan rata rata skor kepraktisan 83, efektif dengan prosentase kepraktisan 91,67% sehingga layak untuk diimplementasikan. Produk yang dikembangkan juga potensial dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan N-Gain sebesar 0,75.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Waluyo, E. ., & Nuraini. (2020). Pengembangan Desain Instruksional Model Inquiry Learning Terintegrasi TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.14421/jppm.2021.31.1-11
Section
Articles

References

Andana, I.M.E., Raga, G., Sudana, N.S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di gugus V kecamatan Tegallalang kabupaten Gianyar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksa, 2 (1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2490

Anderson, J. (2009). Mathematics curriculum development and the role of problem solving. In ACSA Conference, 1–9. https://www.acsa.edu.au/pages/images/judy%20anderson%20-%20mathematics%20curriculum%20development.pdf

Dick, W. & Carey, L. (2001). The systematic design of instruction. Boston: Addision Wesley

Insyasiska, D., Siti, Z & Herawati, S. (2015). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (1), 9-21. http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching. Centers for Teaching and Technology - Book Library. 96. https://digitalcommons.georgiasouthern.edu/ct2-library/96

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is technological pedagogical content knowledge, Journal of Education, 193(3), 13-19. https://www.learntechlib.org/p/159628/

Maimunah, Purwanto, Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA AL-Musilum. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17–30

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center. http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., Kelly, D. L., & Fishbein, B. (2020). TIMSS 2019 International Results in Mathematics and Science. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center. https://timssandpirls.bc.edu/timss2019/international-results/

Mishra, P. & Koehler, M.J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017-1054. Retrieved February 27, 2021 from https://www.learntechlib.org/p/99246/

Murniyati, W. (2018). Perbedaan penerapan model project based learning (PjBL) dan problrm based learning (PBL) ditinjau dari pencapaian keterampilan proses siswa. PSEJ, 3(1)

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. NCTM

Nuralam. (2009). Pemecahan masalah sebagai pendekatan dalam belajar matematika. Jurnal Edukasi, 5(1).

OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematics and Financial Literacy. OECD Publishing, Paris, http://dx.doi.org/10.1787/9789264255425-en.

OECD. (2019). PISA 2018 results (volume I). OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.

Purwaningsih, E. (2015). Potret representasi pedagogical content knowledge (pck) guru dalam mengajarkan materi getaran dan gelombang pada siswa SMP. Indonesian Journal of Applied Physics, 5 (1), 9-15. https://doi.org/10.13057/ijap.v5i01.252

Sidharta, A. (2005). Model Pembelajaran Asam Basa Berbasis Inkuiri Laboratorium Sebagai Wahana Pendidikan Sains Siswa SMP. Jurnal Penelitian Kependidikan, 13 (2), 32-56.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumaryanta. (2018). Ragam penilaian pembelajaran matematika. Yogyakarta: Smartmedia Utama

Trianto (2012). Mendesian Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90–96. https://core.ac.uk/reader/304202260

Waluyo, E., Supiyati, S., Halqi, M. (2020). Mengembangkan perangkat pembelajaran kalkulus integral berbasis model pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Elemen, 6(2), 357- 366. http://10.29408/jel.v6i2.2334

Winarti, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(6), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20462/16773