Komunikasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Belajar dalam Pembelajaran Daring
Main Article Content
Abstract
Komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika sangat penting dan harus Dimiliki siswa, hal ini disebabkan oleh komunikasi matematika mengatur dan mengkonsolidasikan pemikiran matematika siswa baik secara lisan maupun tulisan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan gaya belajar visual dalam pembelajaran matematika secara daring (online). Metode penelitian ini yaitu penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan survey. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrument angket gaya belajar dengan menggunakan google forms. Selanjutnya diambil beberapa siswa untuk mengerjakan soal komunikasi matematis yang dibuat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Sebagian siswa mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan serta memahami materi yang diajarkan karena pembelajaran matematika secara daring merupakan hal baru bagi siswa serta sebagian siswa tidak senang jika pembelajaran matematika dilakukan secara daring yang disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti kendala teknis, tekanan karena banyak tugas dan lain sebagainya. Serta ditemukan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan gaya belajar visual mempunyai cara yang berbeda dalam mengkomunikasikan ide dan gagasannya. Yaitu mampu menyatakan situasi secara tertulis, mampu mengubah situasi ke dalam model matematika, mampu mengungkapkan kesimpulan matematika yang diperolehnya dengan bahasa sendiri.
Downloads
Article Details
References
Agustina, I. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika secara daring di era pandemi covid-19 terhadap kemampuan berpikir kreatif. https://www.researchgate.net/publication/341787856_EFEKTIVITAS_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_SECARA_DARING_DI_ERA_PANDEMI_COVID-19_TERHADAP_KEMAMPUAN_BERPIKIR_KREATIF
Asih, E. C. M. (2019). Creative thinking ability based on learning styles reviewed from mathematical communication skills. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1315, No. 1, p. 012066). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012066
Burhan, B. (2011). Metode penelitian kuantitatif: Komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu lainnya. Jakarta: Kencana Prenama Media Group
Fatimah, D. (2020). Komunikasi matematis siswa SMK dalam menyelesaikan masalah program linear ditinjau dari gaya belajar. Proceeding InIsimmed Conference 2020.
Gilakjani, A. P., & Ahmadi, S. M. (2011). The effect of visual, auditory, and kinaesthetic learning styles on language teaching. In International conference on social science and humanity (Vol 5, pp. 469 – 472).
Gudnason. (2017). Learning style in education a critique. BU Journal of Graduated Studies In Education, 9(2), 19-23. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1230420.pdf
Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
NCTM. (2000) . Principles and Standards for School Mathematics
Pantaleon, K. V., Juniati, D., Lukito, A., & Mandur, K. (2018). The written mathematical communication profile of prospective math teacher in mathematical proving. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 947, No. 1, p. 012070). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012070
Pauji, A. (2020). Analisis respon siswa SMA terhadap pembelajaran matematika secara daring. Universitas Singaperbangsa Karawang.
Sabry, K., & Baldwin, L. (2003). Web‐based learning interaction and learning styles. British Journal of Educational Technology, 34(4), 443-454. https://doi.org/10.1111/1467-8535.00341
Sukmadinata. (2006). Metode penelitian kualitatif. Surakarta: Graha Aksara
Tiffany, F., Surya, E., Panjaitan, A., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Communication Skills Student at the Grade IX Junior High School. Ijariie, (O)-2395-4396, 3.