Guided Inquiry dengan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi dan Mengurangi Kecemasan Matematika Siswa

Main Article Content

Luthfi Nur Azizah

Abstract

Kecemasan matematika merupakan salah satu faktor yang berpengaruh pada prestasi belajar matematika siswa.  Kecemasan matematika juga dialami oleh siswa di SMPN 2 Sleman yang dapat mempengaruhi prestasi belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar matematika dan mengurangi tingkat kecemasan matematika menggunakan model pembelajaran group investigation dengan metode guided inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Mc Raggart yang dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMPN 2 Sleman tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah angket kecemasan matematika siswa, lembar tes prestasi belajar matematika, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran group investigation dengan metode guided inquiry dapat mengurangi tingkat kecemasan matematika. Penurunan kecemasan matematika dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil angket pada akhir tindakan siklus II yakni 58% dari jumlah siswa memiliki kecemasan maetmatika dengan tingkat rendah,. Hal ini didukung juga dengan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran pada akhir tindakan siklus II yang juga mengalami peningkatan dibanding pra siklus maupun siklus I yaitu, menjadi 93,33%. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada akhir siklus II adalah 70,97 atau sebesar 87,10 % siswa yang melebihi KKM. Pembelajaran dengan model pembelajaran group investigation dengan metode guided inquiry dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan sehingga siswa dapat mengurangi kecemasan matematika dan meningkatkan prestasi belajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nur Azizah, L. . (2021). Guided Inquiry dengan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi dan Mengurangi Kecemasan Matematika Siswa. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(1), 22–31. https://doi.org/10.14421/jppm.2021.31.22-31
Section
Articles

References

Arem, C. (2009). Conquering Math Anxiety (3rd ed.). Belmont: Cengage Learning.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktir Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bentley, D. C., Robinson, A. C., & Ruscitti, R. J. (2015). Using Guided Inquiry and the Information Search Process to Develop Research Confidence Among First Year Anatomy Students. Anatomical Sciences Education, 8, 564–573. https://doi.org/10.1002/ase.1527

Colburn, A. (2000). An Inquiry Primer. Science Scope, 23(6), 42–44. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ612058

Gialamas, S., Cherif, A., Keller, S., & Hansen, A. (2001). Using Guided Inquiry in Teaching Mathematical Subjects Using Guided Inquiry in Teaching Mathematical Subjects. Humanistic Mathematics Network Journal, 1(25). https://doi.org/10.5642/hmnj.200101.25.11

Hynes-Berry, M., & Berry, G. (2014). “ Reading an object ”: Developing effective scientific inquiry using student questions. European Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 87–97. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1107642

Jiang, F., & Mc Comas, W. F. (2015). International Journal of Science The Effects of Inquiry Teaching on Student Science Achievement and Attitudes : Evidence from Propensity Score Analysis of PISA Data. International Journal of Science Education, 37–41. https://doi.org/10.1080/09500693.2014.1000426

Karafkan, M. A. (2015). Investigating the Effects of Group Investigation (GI) and Cooperative Integrated Reading and Comprehention (CIRC) as the Cooperative Learning on Learner’s Reading Comprehention. International Journal of Applied Linguistics & English Literature, 4(6), 8–15.

Kuhlthau, C. C., Maniotes, L. K., & Caspari, A. K. (2007). Guided Inquiry: Learning in The 21th Century. London: Libraries Unlimited.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Peker, M. (2009). Pre-Service Teachers’ Teaching Anxiety about Mathematics and Their Learning Styles. Eurasia Journal of Mathematics Science & Technology Education, 5(4), 335–345.

Sherman, B. F., & Wither, D. P. (2003). Mathematics Anxiety and Mathematics Achievement. Mathematics Education Research Journal, 15(2), 138–150. https://doi.org/10.1007/BF03217375

Skemp, R. R. (1971). The Psychology of Learning Mathematics. Middlesex: Penguin Books.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning : Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ural, E. (2016). The Effect of Guided-Inquiry Laboratory Experiments on Science Education Students ’ Chemistry Laboratory Attitudes , Anxiety and Achievement. Journal of Education and Training Studies, 4(4), 217–227. https://doi.org/10.11114/jets.v4i4.1395

Wall, K. P., & Knowles, M. K. (2015). Fluorescence Quantum Yield Measurements of Fluorescent Proteins : A Laboratory Experiment for a Biochemistry or Molecular Biophysics Laboratory Course w. Biochemistry and Molecular Biology Education, 43(1), 52–59. https://doi.org/10.1002/bmb.20837

Yuliani, R. E., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2019). Analysis of mathematics anxiety of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1157. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042053