Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Problem Posing Bersifat Open Ended

Main Article Content

Agus Prianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan, mengekplorasi dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui problem posing bersifat open ended. Subjek penelitian ini sebanyak 32 siswa SMP Negeri 1 Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan langkah memberikan informasi, kemudian meminta siswa membuat soal (pertanyaan) sebanyak mungkin dan selesainnya. Jawaban siswa dianalisis secara diskriptif berdasarkan aspek kemampuan kreatif matematis yang meliputi fluency, flexibility, dan novelty. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada aspek fluency mencapai 78,13%; aspek flexibility mencapai 31,25%; dan aspek novelty hanya mencapai 6,25%. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa umumnya pada dua aspek yaitu fluency dan flexibility.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Prianto, A. . (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Problem Posing Bersifat Open Ended. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(1), 32–42. https://doi.org/10.14421/jppm.2021.31.32-42
Section
Articles

References

Asmidi, (2017). Problem posing dalam Pembelajaran Matematika. Buletin Limas Edisi 36, 15–21.

Association of Mathematics Educators (AME). (2009). Mathematical Problem Solving. Singapore. World Scientific.

Bahar, A.K. & Maker, C.J. (2011). Exploring the Relationship between Mathematical Creativity and Mathematical Achievement. Asia-Pacific Journal of Gifted and Talented Education, 3(1), 33–48.

Firdaus (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Open ended Problem Materi SPLDV Siswa. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNISSULA 2016 (1), 244–249.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). (2016). Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kwon, O.N, Park J.S & Park J.H. (2006). Cultivating Divergen Thinking in Mathematics through an Open-ended Approach. Asia Pacific Education Review, 7(1), 51-61. https://doi.org/10.1007/BF03036784

Lee, K. S., & Seo, J. J. (2003). A development of the test for mathematical creative problem solving ability. Research in Mathematical Education, 7(3), 163-189.

Lee, K. S., Hwang, D. & Seo, J.J. (2003). A Development of the Test for Mathematical Creative Problem Solving Ability. Journal of the Korea Society of Mathematical Education Series D: Research in Mathematical Education, 7(3), 163–189.

Munandar, U. (1987). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud). (2013). Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .

Piaw, C.Y. (2011). Hindrances to Internal Creative Thinking and Thinking Styles of Malaysian Teacher Trainees in the Specialist Teachers’ Training Institute. Procedia Social and Behavioral Sciences, 15, 4013–4018. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.406

Prianto, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Pendekatan RME untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kreatif Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jepara. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNISSULA 2016. (1), 234–239.

Silver, E.A. (1997). Fostering Creativity Through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem posing. Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM): International Reviews on Mathematical Education, 3, 75–80.

Siswono, T.Y.E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: UNESA University Press.

Xia, X., Lu, C., & Wang, B. (2008). Research on mathematics instruction experiment based problem posing. Journal of Mathematics Education, 1(1), 153-163. http://educationforatoz.com/images/12XiaResearchonMathematicsInstructionExperiment-5.pdf