Bahan Ajar Matakuliah Pemodelan Matematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Main Article Content

Uswatun Khasanah
Burhanudin Arif Nurnugroho

Abstract

Kemampuan berpikir kritis mahasiswa perlu diajarkan sebagai bekal dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Kemampuan ini perlu dilatihkan melalui kegiatan perkuliahan di perguruan tinggi. Matakuliah Pemodelan Matematika merupakan salah satu matakuliah pada program studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Karakteristik dari matakuliah pemodelan matematika yang memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi salah satu alasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matakuliah pemodelan matematika yang dapat meningkatkan k emampuan berpikir kritis mahasiswa. Dalam menggembangkan bahan ajar matakuliah pemodelan matematika, prosedur penelitian yang digunakan adalah 4-D model. Model pengembangan 4-D meliputi empat tahap yaitu, define, design, develop, dan disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaian bahan ajar oleh ahli dan juga soal tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matakuliah pemodelan matematika dikatakan dapat memfasilitasi  peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Berdasarkan penilaian ahli terhadap bahan ajar matakuliah pemodelan matematika diperoleh skor rata-rata 80,02 (kategori sangat baik). Selain itu hasil tes kemampuan berpikit kritis mahasiswa menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa secara kualitatif. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khasanah, U. ., & Arif Nurnugroho, B. . (2021). Bahan Ajar Matakuliah Pemodelan Matematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.14421/jppm.2021.31.43-52
Section
Articles

References

Arfinanti, N. (2012). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTs. In Thesis (Issue April). Universitas Negeri Malang.

Arfinanti, N. (2020). Bahan ajar persamaan diferensial berbasis higher order thinking skills. Jurnal Analisa, 6(1), 10–18. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.7782

As’ari, A. R., Mahmudi, A., & Nuerlaelah, E. (2017). Our Prospective Mathematic Teachers Are Not. Journal on Mathematics Education, 8(2), 145–156.

Blum, W. (2015). Quality Teaching of Mathematical Modelling : What Do We Know , What Can We Do ? 73–96. https://doi.org/10.1007/978-3-319-12688-3

Hakim, L., Yunarti, T., & Nurhanurawati. (2013). PROSES BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG, 2(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/download/4574/2855

Joko, S. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 14–25. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.555

Makhmudah, S. (2018). Analisis Literasi Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dan Pendidikan Karakter Mandiri. Prisma, 1, 318–325.

Nurhikmayati, I., & Jatisunda, M. G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Scientific yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 49–60. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.385

Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015, 58–64.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurusan Matematika FMIPA UNNES, 3(1), 59–72.

Santoso, F. G. I. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Analisis Melalui Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 11. https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.772

Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMA, 9(2), 205–218. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9081

Suwanjal, U. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(1), 61–67. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i1.466

Buku:

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Zamroni & Mahfudz. (2009). Panduan Teknis Pembelajaran Yang Mengembangkan Critical Thinking. Jakarta. Depdiknas