Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Topik Persamaan Linier
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa kelas X pada materi Persamaan Linier tahun pelajaran 2018/2019, melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA2 SMAN 1 Cikijing Kabupaten Majalengka yang berjumlah 31 orang siswa dengan 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi siswa dan guru serta naskah soal tes penguasaan konsep, dokumentasi data yang diperoleh berupa nilai siswa sebagai data primer dan hasil observasi serta dokumentasi sebagai data pendukung. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdapat peningkatan penguasaan konsep ditunjukan dengan nilai yang diperoleh pada setiap siklusnya. Pada pratindakan nilai rata-rata penguasaaan konsep siswa 52,5. Pada siklus I nilai rata-rata penguasaaan konsep siswa 66,5, dan siklus II nilai rata-rata penguasaaan konsep siswa meningkat menjadi 76. Tingkat ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal atau pratindakan sebanyak 9 orang atau 29%, pada siklus I ketuntasan belajar siswa yaitu 20 orang atau 65%, dan pada siklus II ketuntasan belajar sebanyak 25 orang atau 81 %. Simpulan, penerapan model Pembelajaran PBL dapat meningkatkan penguasaaan konsep siswa pada pelajaran matematika topik sistem persamaan linier. Disarankan kepada guru matematika dan mapel lainnya untuk mencoba menerpakan PBL dalam pembelajaran.
Downloads
Article Details
References
Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Ariyanto (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Gambar. Jurnal Cakrawala Pendas Vol 4 No 2 tahun 2018
Dahar, R.W. (2006). Teori-teori belajar dan pembelajaran. jakarta : Erlangga.
Daryanto. (2010), Media pembelajaran perannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta : gava media.
Haryani, Sri. (2011). Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru-Guru Kimia Dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Unnes.2011.
Komalasari (2010). Difusi Inovasi Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 17 .2010.
M. Nur. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah jilid 2. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya
Poerwanti, E, Dkk. (2008). Assesmen Pembelajaran SD. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta
Rusman. (2010), Model-model pembelajaran mengembangkan profesional guru. Jakarta: raja grafindo persada.
Suratman. (2010). Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Simulasi Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Pada Konsep Tekanan. Tesis, Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia