Penyelesaian Soal Geometri Analitik Mahasiswa Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir

Main Article Content

Raekha Azka
Ika Nurvitasari
Dian Permatasari

Abstract

Geometri analitik merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa Pendidikan Matematika. Penyelesaian persoalan geometri menjadi salah satu hal yang harus dipunyai oleh mahasiswa. Karakteristik cara berpikir mahasiswa perlu diketahui agar dapat melihat perbedaan dalam penyelesaian soal maupun dalam penerimaan konsep-konsep. Penelitian ini mempunyai tujuan melihat lebih jauh karakter cara berpikir mahasiswa dalam penyelesaian soal geometri. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif di mana jumlah mahasiswa yang diteliti berjumlah 31 orang dengan mahasiswa wawancara dipilih 8 orang. Dilakukan 2 buah tes yaitu tes mengenai persoalan geometri analitik dan tes untuk melihat tipe cara berpikir mahasiswa. Dari hasil data didapat tipe berpikir mahasiswa ada 4  yaitu Sekuensial kongkret, Sekuensial Abstrak, Acak kongkret, Acak abstrak serta 2 tipe campuran yaitu Acak kongkret Acak abstrak dan Acak kongkret, Acak abstrak Acak abstrak. Masing - masing tipe mempunyai cara penyelesaian berbeda dan pemahaman berbeda mengenai persoalan geometri analitik ditinjau dari proses pengerjaannya, teknik dan ketelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Azka, R., Nurvitasari , I. ., & Permatasari , D. . (2021). Penyelesaian Soal Geometri Analitik Mahasiswa Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(2), 76–88. https://doi.org/10.14421/jppm.2021.32.76-88
Section
Articles

References

Aditama, P.W., Adriyana, N.W., & Ariningsih, K.A. (2019). Augmented Reality Dalam Multimedia Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur(SENADA) (2), 16-182.
Afandi, Sajidan, & Akhyar, M. (2019). Development Frameworks of the Indonesian Partnership 21st Century Skills Standards For Prospective Science Teachers: A Delphi Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 8(1), 89-100.
Erzad,A M. (2015). InovasI Dalam Pembelajaran mata Kuliah Praktikum bahasa Inggris di STAIN Kudus. EDUKASIA Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10(2), 339-366
Hafizah, E., Misbah., Annur S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Materi Mekanika. Momentum: Physics Education Journal, 2(2), 72-78.
Hernacki, B. D. (2016). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.
Kholiqowati, H. (2016). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik dalam Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik. UNNES Journal of Mathematics Education, 5(3): 234-242.
Mulyati, S., Junaedi, & I., Sukestiyarno. (2020). Creative Critical Thingking Skillby Curiousity on Independent Learning by e-Learning. Unnes Journal Mathematics Education Research 10(2), 208-2014.
Nihayah, E. F. K. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 80-94.
Panjaitan, F. I. J. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berfikir Siswa Melalui Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas VIII Mts Al Jamiyatul Washliyah Tembung TA 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Putri, Y. E. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
Saluza, I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Geometri Analitik Menggunakan Pendekatan Paikem. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 98-117.
Samo, D.D. (2017). Kenampuan Pemecahan Masalah Matematika Tahun Pertama dalam Memecahkan Masalah Geometri Konteks Budaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 141-152.
Setiawan, E., Muhammad, G.M., Soeleman, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Musyarafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 61-72.
Sole, F.B., Anggraeni, D.M.(2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pengetahuan e-Statistika 2(1), 10-18.
Suciliyana, Y., Rahman, L.O.A.(2020). Augmented Reality Sebagai Media Pendidikan Kesehatan untuk Anak Usia Sekolah. Jurnal Surya Muda. 2(1), 29-53.