Analisis Karakter Tanggung Jawab Ditinjau dari Kemampuan Awal Pemecahan Masalah melalui Problem Based Learning
Main Article Content
Abstract
Karakter tanggung jawab merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki oleh mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter tanggung jawab ditinjau dari kemampuan awal pemecahan masalah melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed method) dengan model sequential explanatory yakni penggabungan metode penelitian kuantitatif dan metode kualitatif secara berurutan. Analisis data kuantitatif diarahkan untuk menganalisis kemampuan awal pemecahan masalah mahasiswa dan analisis data kualitatif diarahkan untuk mengetahui karakter tanggung jawab berdasarkan kemampuan awal pemecahan masalah. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa semester 1 sejumlah 37 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pembentukan karakter tanggung jawab mahasiswa selama pembelajaran Problem Based Learning jika ditinjau dari kemampuan awal pemecahan masalah.
Downloads
Article Details
References
Aini, A. N., Mukhlis, M., Annizar, A. M., Jakaria, M. H. D., & Septiadi, D. D. (2020). Creative thinking level of visual-spatial students on geometry HOTS problems. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1), 12054.
Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68–76. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Anisah, A., & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191–197. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16341
Creswell, J. W. (2009). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (3rd ed). Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches. https://doi.org/10.1016/j.math.2010.09.003
Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 250–264. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2197
Ernawati, T., & Sujatmika, S. (2018). Pengembangan LKS berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 149–161. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.691
Fatokun, J. O., & Fatokun, K. V. F. (2013). A Problem Based Learning (PBL) Application for the Teaching of Mathematics and Chemistry in Higher Schools and Tertiary Education: An Integrative Approach. Educational Research and Reviews, 8(11), 663-667. https://doi.org/10.5897/ERR08.154
Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2058
Haiya, N. N. (2020). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi sikap dan tanggung jawab Mahasiswa Profesi Ners di Stase Komunitas. NURSCOPE: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 6(1), 9–14. https://doi.org/10.30659/nurscope.6.1.9-14
Herlina, E. (2013). Meningkatkan disposisi berpikir kreatif matematis melalui pendekatan APOS. Infinity Journal, 2(2), 169–182. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.33
Hidayat, W., & Aripin, U. (2020). Identifikasi Kesalahan Jawaban Mahasiswa Pada Mata Kuliah Trigonometri Berdasarkan Dimensi Pengetahuan Krathwohl. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 142–153.
Kamid, K., & Sinabang, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 127–139.
Khasanah, A. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Pola Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Taman Pelajar Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2).
Kuncoro, K. S., Junaedi, I., & Dwijanto, D. (2018). Analysis of problem solving on project based learning with resource based learning approach computer-aided program. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 12150. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012150
Lidyasari, A. T. (2016). Membangun Karakter Mahasiswa Yang Bertanggung Jawab Melalui Problem Based Learning (PBL). Prosiding Seminar Nasional Meneguhkan Peran Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Memuliakan Martabat Manusia, 190–199.
MAA. (2015). CUPM Curriculum Guide, Technology and the mathematics curriculum. https://www.maa.org/node/790342
Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi Faktor-faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 41–46.
Misrom, N. B., Muhammad, A., Abdullah, A., Osman, S., Hamzah, M., & Fauzan, A. (2020). Enhancing students’ higher-order thinking skills (HOTS) through an inductive reasoning strategy using geogebra. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(3), 156–179.
Polya, G. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method (Issue 246). Princeton university press.
Primasatya, N., & Jatmiko, J. (2018). Pengembangan multimedia geometri berbasis teori berpikir van hiele guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika (JIPMat), 2(2), 115–121.
Puspitawedana, D., & Jailani. (2016). The Use of Problem Based Learning to Improve Higher Order Thinking Skills in Junior Secondary School. Proceeding Of 3rd International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Science, 3.
Rustana, C. E., Aminah, S., & Budi, A. S. (2021). The development of harmonic oscillation e-module based on problem based learning (pbl) for helping improvement of students’ higher order thinking skills (hots). Journal of Physics: Conference Series, 1869(1), 12174.
Suardana, K. P., & Gayatri, G. (2020). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan dan Perhitungan Tarif Pajak pada Kepatuhan Pajak Mahasiswa Pelaku UMKM. E-Jurnal Akuntansi, 30(9), 2311–2322.
Sugiyono, P. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suhito, S. (2018). Menumbuhkan Kemampuan Kognitif Dimensi Konseptual dalam Perkuliahan Geometri pada Jurusan Matematika FMIPA Unnes. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 464–470.
Sujatmika, S., Irfan, M., Ernawati, T., Wijayanti, A., Widodo, S. A., Amalia, A. F., Nurdiyanto, H., & Rahim, R. (2019). Designing E-Worksheet Based On Problem-Based Learning To Improve Critical Thinking. ICSTI 2018, October 19-20, Yogyakarta, Indonesia, 1–8.
Sunandar, M., Muhtarom, M., Yanuar, Y., & Sutrisno, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar BerbantuanSoftware Mathematica dalam Mengembangkan Kemampuan Representasi matematika Mahasiswa. SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015.
Syahlan, S., & Saragih, H. S. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skill Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Materi Geometri. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).
Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi (Membangun Karakater Ideal Mahasiswa di Perguruan Tinggi). Pustaka Pelajar.
Xu, D., & Dadgar, M. (2018). How effective are community college remedial math courses for students with the lowest math skills? Community College Review, 46(1), 62–81. https://doi.org/10.1177/0091552117743789
Yus, A., Eza, G. N., & Ray, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Proyek Berbasis Bermain dan Digital sebagai Strategi Pengembangan Karakter Mahasiswa Calon Guru Paud. JURNAL TEMATIK, 10(1).
Zuriah, N. (2011). Pendidikan Moral &Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Bumi Aksara.