Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Konteks Dunia Islam Pada Materi Aljabar Siswa SMP IT/MTS Kelas VII

Main Article Content

Hermawati
Samsul Maarif

Abstract

Proses pembelajaran matematika akan menarik jika disesuaikan dengan suatu konteks. Dalam perkembanganya, pembelajaran matematika harus mau berkontribusi dalam sistem tatanan nilai, khususnya nilai-nilai agama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran matematika materi aljabar dengan berbasis konteks dunia islam untuk siswa SMP/MTS kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development/R&D). Penelitian dilakukan dengan” uji kelayakan ahli, uji skala kecil dan uji skala besar. Sedangkan pengembangan dilakukan selama proses pembuatan bahan ajar. Rancangan penelitian menggunakan model penelitian ADDIE. Dalam penelitian ini tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dan posttest. Data yang diperoleh dari metode wawancara, dimenelaah secara deskriptif kualitatif.  Data dari angket, dimenelaah secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan data yang diperoleh dari metode posttest dimenelaah dari hasil belajar siswa. Persentase rata-rata dari ahli materi adalah 78.75% dengan kategori Layak. Persentase rata-rata dari ahli media sebesar 76.92% dengan kategori Layak. Dan persentase dari guru matematika adalah 83.75% dengan kategori Layak. Kemudian, persentase rata-rata uji skala kecil yang dilakukan oleh delapan siswa sebesar 84.75% dengan kategori sangat Layak. Persentase rata-rata yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan adalah 88.6% dengan kategori sangat Layak. Sedangkan persentase uji keefektifan dari hasil posttest mendapat sebesar 83.3% dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hermawati, & Samsul Maarif. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Konteks Dunia Islam Pada Materi Aljabar Siswa SMP IT/MTS Kelas VII. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(2), 101–111. https://doi.org/10.14421/jppm.2021.32.101-111
Section
Articles

References

Arsanti, M. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PENULISAN KREATIF BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BAGI MAHASISWA PRODI PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Ekawati, T. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 184–192. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1826
Maula, I., Pambudi, A. S., & Rohmah, Z. (2018). Perkembangan Matematika dalam Sejarah Peradaban Islam. 1(September), 115–119.

Negeri, S. M. P., & Kabupaten, P. (2017). Desain bahan ajar yang berorientasi pada model pembelajaran student team achievement division untuk capaian pembelajaran pada ranah pemahaman siswa pada mata pelajaran ips kelas vii smp negeri 1 plered kabupaten cirebon. 5(01), 17–32.

Shakespeare, W. (2017). 2 (1.2). The New Oxford Shakespeare: Critical Reference Edition, Vol. 1, 6(1), 876–877. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00209007

Syah Aji, R. H. (2014). KHAZANAH SAINS DAN MATEMATIKA DALAM ISLAM. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v1i1.1534

Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah Matematika: Alternatif Strategi Pembelajaran Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.6

Wahyuni, S., Yati, M., & Fadila, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis REACT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jambura Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4542

Wulantina, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Garis Dan Sudut. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 367–373. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/2399/1939

Sugiyono.2016.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta