Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Layangan (Pemahaman Materi Bangun Datar Layang-Layang dan Pengembangan Karakter)

Main Article Content

Iwan Kuswidi
Devinta Fajar Lestari
Nurul Arfinanti
Raekha Azka

Abstract

Etnomatematika dapat menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan menarik bagi perserta didik.  Selain itu, dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika dan mengkaji lebih mendalam tentang konsep matematika pada permainan tradisional layangan, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil analisis dan pembahasan, menunjukkan bahawa terdapat etnomatematika pada permainan tradisional layangan. Pada bagian kerangka layangan terdapat konsep dasar matematika seperti garis, panjang diagonal, titik sudut, dan sudut. Berdasarkan pengamatan bentuk layangan dapat diperoleh rumus keliling dan luas layang-layang melalui pendekatan dua segitiga kongruen dan dua segitiga sama kaki pada bangun layang-layang. Selain terdapat unsur matematika, permainan tradisional layangan memiliki peran dalam penanaman karakter bagi peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layangan dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kuswidi, I. ., Lestari, D. F. ., Arfinanti, N., & Azka, R. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Layangan (Pemahaman Materi Bangun Datar Layang-Layang dan Pengembangan Karakter). Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(2), 129–137. https://doi.org/10.14421/jppm.2021.32.129-137
Section
Articles

References

Aninda, & Eliza, D. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1557-1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Dahlan, & Eliza, D. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1557-1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898.
Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133-150. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.987
D'Ambarsio, U. (2008). Etnomathematics Link Between Traditionals and Moderenity. Roterdam: Sense Publisher.
Darmamulya, S. (2008). Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta : Kepel Press.
Fauzi, A., & Lu'luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Dengklaq sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408-419. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303
Freudenthal, H. (1991). Revisting Mathematics Education: China Lectures. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 99-110. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Kurniawati, A. (2015). Pengaruh Permainan Tradisional Bandaran Modifikasi Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Anak Autis Kelas 2 di SLB Autis Mutiara Hati Situbondo. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(4), 104-117. Diambil dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/11354.
Martyanti, A., & Suhartini. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya dan Matematika. Indomath: Indonesian mathematics Education, 1(1), 35-41.
Maryati, & Pratiwi, W. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Tarian Tradisional pada pembukaan Asian Games 2018. FIBONACI Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 23-28.
Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343-358.
Noto, A., & Suhartini. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya dan Matematika. Indomath: Indonesian mathematics Education, 1(1), 35-41. http://dx.doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2212.
Noto & Pratiwi, W. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Tarian Tradisional pada pembukaan Asian Games 2018. FIBONACI Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 23-28. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.23-28.
Noto, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343-358. https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3536
Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada Sumur Purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201-210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.15714.
Nurrahmah, A., & Ningsih, R. (2018). Penerapan Permainan Tradisional Berbasis matematika. JPM Wikrama Parahita, 2(2), 43-50. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v2i2.631.
Prahmana, R. C. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Jakarta: Rajawali Press.
Risdiyanti, I., & Pramana, R. C. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.562.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2010). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomathematica, 4(2), 32-54. Diambil dari https://www.revista.etnomatematica.org/index.php/RevLatEm/article/view/32
Rudyanto, H. E., HS, A. K., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika Budaya Jawa: Inovasi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 25-32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348.
Ruseffendi, E. T. (1991). Penelitian Pendidikan dan Hasil Belajar Khususnya dalam Pembelajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru . Bandung : Tarsito.
Ulya, H. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Media dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminal Nasional Pendidikan, pp. 371-376. Diambil dari https://repository.ummetro.ac.id/files/artikel/967b29a8033b7621321b15c78166e74a.pdf
Yunus, R. (2013). Transformasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Sebagai Upaya Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 67-79. https://doi.org/10.17509/jpp.v13i1.3508.