Pengembangan modul ajar materi statistika SMA/MA berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan moderasi beragama

Main Article Content

Nurul Arfinanti
Burhanuddin Latif
Nidya Ferry Wulandari
Gamal Abdul Nasher Al Hajid

Abstract

Literasi numerasi serta moderasi beragama adalah dua konsep yang menjadi isu strategis nasional saat ini. Kedua konsep tersebut dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika melalui internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dan literasi numerasi pada materi statistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi materi statistika SMA/MA berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan moderasi beragama. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Model Plomp. Hasil penelitian masing-masing langkah Model Plomp adalah 1) Buku ajar yang tersedia belum memiliki kecukupan materi numerasi dan moderasi beragama, 2) Modul berbasis AKM dan Moderasi Beragama menjadi hal yang perlu dikembangkan untuk mengatasi permasalahan, 3) Modul berbasis AKM dan Moderasi Beragama memperoleh nilai validasi sangat baik dari expert dengan rata-rata persentase keidealan sebesar 86,429% ,respon baik dari siswa dengan rata-rata persentase sebesar 74,82% , mendapatkan nilai ketuntasan klasikan dalam numerasi sebesar 78,95%, mendapatkan indeks moderasi beragama sebesar 79,37%. Media pembelajaran berbasis AKM dan moderasi beragama pada materi Statistika dikembangakan menggunakan Model Plomp dan telah memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian ahli, kriteria praktis berdasarkan respon positif siswa, serta kriteria efektif berdasarkan persentase ketuntasan baik dalam numerasi maupun moderasi beragama.

Downloads

Article Details

How to Cite
Arfinanti, N., Latif, B., Wulandari, N. F., & Hajid, G. A. N. A. (2025). Pengembangan modul ajar materi statistika SMA/MA berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan moderasi beragama. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 7(1), 47–64. https://doi.org/10.14421/jppm.2025.71.47-64
Section
Articles

References

Adler J. (2011) Knowledge Resources in and for School Mathematics Teaching. In: Gueudet G., Pepin B., Trouche L. (eds) From Text to 'Lived' Resources. Mathematics Teacher Education, vol 7. Springer, Dordrecht. https://doi.org/10.1007/978-94-007-1966-8_1 .

Aisah, H., Zaqiah, Q. Y., & Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128-135. Retrieved from http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/.

Akker, J. van den. (1999). Principles and Methods of Development Research. Diambil kembali dari Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90. Retrieved from http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1010/544

Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–15.

Cahyanovianty, A. D. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1439–1448.

Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri [Religious Moderation in the Digital Space: Study of Mainstreaming Religious Moderation in State Islamic Religious Colleges]. Jurnal Bimas Islam [Journal of Bimas Islam], 13(1), 1–22. http://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/index.php/jbi/article/view/182

Kemenag RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Kemendikbud. (2021, Januari 22). Mendikbud: Pelaksanaan Asesmen Nasional Diundur Jadi September 2021. Diambil kembali dari Sekretaris Kabinet Republik Indonesia: https://setkab.go.id/mendikbud-pelaksanaan-asesmen-nasional-diundur-jadi-september-2021/.

Ministry of Education. (2018). Effective Educational Resource Development: Advice for Providers. New Zealand: Ministry of Education.

Mustagfiroh, M. (2020). Memanfaatkan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Mendesain Multimodal Learning. Jurnal Guru Inovatif, 2(1), 48–62. Retrieved from https://jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/60

Nasaruddin. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Al Khwarizmi, 3(2), 21-30. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/232/198

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Diambil kembali dari Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.

Novita, N., Mellyzar, & Herizal. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(1), 172-179. Diambil kembali dari http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index.

Plomp, Tj. 1997. Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational & Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch).Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland.Faculty of Educational Science and Technology, University of Twente.

Pusmenjar. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusmenjar. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59-72. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2613

Rohim, S. R. I. D. G. D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., … Malang, U. N. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar). Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4, 61–71.

Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Susanti, L.D.& Mala, A. (2021). Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Kota Metro. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama, 1 (1), pp. 21-40. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/moderatio/article/view/3192/2178.

Suwardoyo, a., & Supiah, S. (2021). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Materi Ekstrakurikuler Berbasis Moderasi Beragama di SD Negeri 1 Banjarsari. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 21-40. Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/moderatio/article/view/3244.

Wahyudi, D., & Kurniasih, N. (2021). Literasi Moderasi Beragama sebagai Reaktualisasi “Jihad Milenial” Era 4.0. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 1-20. Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/moderatio/article/view/3287.

Zahrudin, M., Ismail, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Policy Analysis of Implementation of Minimum Competency Assessment As an Effort To Improve Reading. Paedagoria, 12(1), 83–91