Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Operasi Aljabar Ditinjau dari Self-Efficacy
Main Article Content
Abstract
Zaman yang terus maju memunculkan berbagai permasalahan yang juga beragam sehingga keberadaan kemampuan pemecahan masalah menjadi penting. Dalam pembelajaran matematika pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang dilatih. Lebih lanjut dalam pembelajaran matematika self-efficacy juga merupakan hal penting untuk diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada operasi aljabar ditinjau dari self-efficacy. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan peneliti sebagai instrumen utama dan lembar kuesioner, lembar tes, serta pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Pengumpulan data pada peneliitian ini dilakukan dengan memberikan kuesioner dan tes serta melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa apabila ditinjau dari self-efficacy.
Downloads
Article Details
References
Cholily, Y., Putri, W., & Kusgiarohmah, P. (2019). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 1–6.
Endah, D. R. J., Kesumawati, N., & Andinasari, A. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Melalui Logan Avenue Problem Solving-Heuristic. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 207. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2331
Fajar, F. (2011). Penggunaan Strategi Pemecahan Masalah Model Polya Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pecahan Siswa Kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Anjung Tahun 2010/2011 [Skripsi]. Universitas Jember.
Fitri, I. (2017). Peningkatan Self Efficacy terhadap Matematika dengan Menggunakan Modul Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 25–34.
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61.
Ilyasir, F. (2019). Pendidikan Demokratis di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pembangunan dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 7(1), 60–69.
Imaroh, A., Umah, U., & Asriningsih, T. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 843–856.
Jauharotunisa, R. (2019). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Perilaku Pencarian Informasi Pemustaka di Perpustakaan Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya [Skripsi]. UIN Raden Fatah.
Jumroh, J., Mulbasari, A., & Fitriasari, P. (2018). Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi Inquiry Based Learning di Kelas VII SMP Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 29–42.
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sunderman, 12(2), 28–43.
Lestari, D., & Suryadi, D. (2020). Analisis Kesulitan Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Juring (Journal of Research in Mathemaics Learning), 3(3), 247–258.
Luthansa, N. (2020). 10 Kemampuan yang Harus Dimiliki di Era Revolusi Industri 4.0 [Lembaga Pemerintah]. Balai Pelatihan Kesehatan Semarang. https://web.bapelkessemarang.id/artikel/10-kemampuan-yang-harus-dimiliki-di-era-revolusi-industri-4-0/
Mardiana, R., Indrawatiningsih, N., & Afifah, A. (2018). Identifikasi Self Efficacy Siswa MTs Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 9(2), 168–173.
Mu’arofah, B. (2013). Hubungan Self Efficacy dengan Intensi Mencontek pada Saat Ujian Akhir Semester (UAS) pada Mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Saintek UIN Malang Tahun Ajaran 2013/2013 [Skripsi]. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dalam Pendidikan. Jurnak Pendidikan dan Konseling, 3(1), 101–109.
Novianti, I., Darminto, B., & Purwoko, R. (2018). Penerapan Model Snowball Throwing terhadap Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self Efficacy. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6, 295–300.
Noviza, T. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Self Efficacy dalam Materi Geometri Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–8.
Nurhalimah, N. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Luas dan Keliling Trapesium dan Belah Ketupat Melalui Pembelajaran Daring Selama Kondisi Covid-19 [Skripsi]. UIN Ar-Raniry.
Putra, H., Thahiram, N., & Ganiati, M. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90.
Rambe, A., & Afri, L. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. AXIOM Jurnal Pendidikan & Matematika, 9(2), 175–187.
Rozen, M., & Kramarski, B. (76-95). Metacognition, Motivation and Emotions: Contribution of Self-Regulated Learning to Solving Mathematical Problems. Global Education Review, 1(4), 2014.
Ruspandi, A. (2014). Pendidikan Tahfiz Al-Qur’an: Studi Kasus di Pesantren Tahfiz Fadhilatul Qur’an Ketapang-Sampang [Tesis]. UIN Sunan Ampel.
Siwi, N., & Haerudin, H. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Efficacy. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, Karawang.
Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. 1(2), 64–68.
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).
Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1), 90–96.
Utami, R., & Wutsqa, D. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175.
Yendrawati, Y. (2018). Profil Pemecahan Masalah Operasi Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 12 Makassar [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Yuliyani, R., Handayani, S., & Somawati, S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 7(2), 130–143.
Yunitasari, M. (2018). Kemandirian Belajar, Self-Efficacy, dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-MIPA 5 SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2017/2018 pada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Reciprocal Teaching [Skripsi]. Universitas Sanata Dharma.