Kemandirian belajar, motivasi berprestasi dan dampaknya pada kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran daring
Main Article Content
Abstract
Kemandirian belajar dan motivasi berprestasi merupakan dua faktor penting yang diperlukan dalam pembelajaran daring. Kedua hal tersebut diprediksi memengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Ciomas Bogor tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam 5 kelas. Sampel penelitian adalah 36 siswa kelas XII MIPA 3 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data motivasi berprestasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dianalisis dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan maupun secara parsial kemandirian belajar dan motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Downloads
Article Details
References
Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221-230. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2758.
Asmar, E. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 33–45. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/2892
Aspriyani, R. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1194
Danim, S. (2012). Motivasi Kepemimpinan dan Efektifitas Kelompok Edisi 2. PT Rineka Cipta Utama.
Fatihah, M. A. (2016). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 17-23. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v1i2.200
Hanina, P., Faiz, A., & Yuningsih, D. 2021. Upaya Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi. Jurnal Basic Edu, 5 (5), 3791-3798. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1402
Harding, S. M., English, N., Nibali, N., Griffin, P., Graham, L., Alom, B., & Zhang, Z. (2019). Self-regulated learning as a predictor of mathematics and reading performance: A picture of students in Grades 5 to 8. Australian Journal of Education, 63(1), 74-97. https://doi.org/10.1177/0004944119830153
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa SMP pada materi persamaan garis lurus. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107-116. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528
Istiqomah, N., Waluya, S. B., & Isnarto, I. (2021). Mathematics Problem-Solving Skill Reviewed from Self-Regulated Learning of the Eleventh Graders. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(1), 108-114. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/45157
Jayanti, A. & Widyaninggar, A. A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Indraprasta PGRI. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/615/198
Kashif, M. F., & Shahid, R. (2021). Students’ Self-Regulation in Online Learning and its Effect on their Academic Achievement. Global Educational Studies Review, VI(III), 11–20. http://dx.doi.org/10.31703/gesr.2021(VI-III).02
Moos, D. C., & Ringdal, A. (2012). Self-Regulated Learning in the Classroom: A Literature Review on the Teacher’s Role. Education Research International, 2012. https://doi.org/10.1155/2012/423284
OECD: PISA 2018 Results. (2019). Diakses pada 5 Februari 2021 retrieved from www.oecd.org.
Osman, S., Che Yang, C. N. A., Abu, M. S., Ismail, N., Jambari, H., & Kumar, J. A. (2018). Enhancing Students’ Mathematical Problem-Solving Skills through Bar Model Visualisation Technique. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 273-279. https://doi.org/10.12973/iejme/3919
Özcan, Z. Ç. (2015). The relationship between mathematical problem-solving skills and self-regulated learning through homework behaviours, motivation, and metacognition. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 47(3), 408–420. https://doi.org/10.1080/0020739X.2015.1080313
Safitri, I. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 269-277. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/2892
Sujarwo , S. (2011). Motivasi berprestasi sebagai salah satu perhatian dalam memilih strategi pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article /view/6858/5891
Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11 ( 1), 1-12. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9638
Sundaya, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262
Surya, E., Putri, F.A., & Mukhtar. (2017). Improving Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Confidence of High School Students through Contextual Learning Model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85-94. http://dx.doi.org/10.22342/jme.8.1.3324.85-94