Kemandirian belajar, motivasi berprestasi dan dampaknya pada kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran daring

Main Article Content

Sri Hastuti Noer
Mella Triana
Pentatito Gunowibowo
Siti Kharimatul Khotimah

Abstract

Kemandirian belajar dan motivasi berprestasi merupakan dua faktor penting yang diperlukan dalam pembelajaran daring. Kedua hal tersebut diprediksi memengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Ciomas Bogor tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam 5 kelas. Sampel penelitian adalah 36 siswa kelas XII MIPA 3 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data motivasi berprestasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dianalisis dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan maupun secara parsial kemandirian belajar dan motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Noer, S. H., Triana, M., Pentatito Gunowibowo, & Siti Kharimatul Khotimah. (2022). Kemandirian belajar, motivasi berprestasi dan dampaknya pada kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran daring. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 4(2), 113–122. https://doi.org/10.14421/jppm.2022.42.113-122
Section
Articles

References

Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221-230. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2758.

Asmar, E. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 33–45. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/2892

Aspriyani, R. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1194

Danim, S. (2012). Motivasi Kepemimpinan dan Efektifitas Kelompok Edisi 2. PT Rineka Cipta Utama.

Fatihah, M. A. (2016). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 17-23. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v1i2.200

Hanina, P., Faiz, A., & Yuningsih, D. 2021. Upaya Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi. Jurnal Basic Edu, 5 (5), 3791-3798. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1402

Harding, S. M., English, N., Nibali, N., Griffin, P., Graham, L., Alom, B., & Zhang, Z. (2019). Self-regulated learning as a predictor of mathematics and reading performance: A picture of students in Grades 5 to 8. Australian Journal of Education, 63(1), 74-97. https://doi.org/10.1177/0004944119830153

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa SMP pada materi persamaan garis lurus. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107-116. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528

Istiqomah, N., Waluya, S. B., & Isnarto, I. (2021). Mathematics Problem-Solving Skill Reviewed from Self-Regulated Learning of the Eleventh Graders. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(1), 108-114. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/45157

Jayanti, A. & Widyaninggar, A. A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Indraprasta PGRI. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/615/198

Kashif, M. F., & Shahid, R. (2021). Students’ Self-Regulation in Online Learning and its Effect on their Academic Achievement. Global Educational Studies Review, VI(III), 11–20. http://dx.doi.org/10.31703/gesr.2021(VI-III).02

Moos, D. C., & Ringdal, A. (2012). Self-Regulated Learning in the Classroom: A Literature Review on the Teacher’s Role. Education Research International, 2012. https://doi.org/10.1155/2012/423284

OECD: PISA 2018 Results. (2019). Diakses pada 5 Februari 2021 retrieved from www.oecd.org.

Osman, S., Che Yang, C. N. A., Abu, M. S., Ismail, N., Jambari, H., & Kumar, J. A. (2018). Enhancing Students’ Mathematical Problem-Solving Skills through Bar Model Visualisation Technique. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 273-279. https://doi.org/10.12973/iejme/3919

Özcan, Z. Ç. (2015). The relationship between mathematical problem-solving skills and self-regulated learning through homework behaviours, motivation, and metacognition. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 47(3), 408–420. https://doi.org/10.1080/0020739X.2015.1080313

Safitri, I. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 269-277. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/2892

Sujarwo , S. (2011). Motivasi berprestasi sebagai salah satu perhatian dalam memilih strategi pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article /view/6858/5891

Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11 ( 1), 1-12. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9638

Sundaya, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Surya, E., Putri, F.A., & Mukhtar. (2017). Improving Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Confidence of High School Students through Contextual Learning Model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85-94. http://dx.doi.org/10.22342/jme.8.1.3324.85-94