Analysis of students' mathematical logical thinking in terms of emotional intelligence

Main Article Content

Alviansyah Putra Indrayadi

Abstract

Kecerdasan emosional dan berpikir logis matematis merupakan dua aspek penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir logis matematis siswa trigonometri ditinjau dari kecerdasan emosional. Data dikumpulkan menggunakan skala kecerdasan emosional, tes berpikir logis matematis, dan pedoman wawancara. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 sebuah madrasah aliyah di Kabupaten Bantul. Kelas tersebut dipilih karena berdasarkan informasi yang diperoleh dari guru, siswa di kelas tersebut terdiri dari siswa dengan berbagai karakteristik kemapuan matematis. Pengumpulan data diawali dengan pengambilan data skala kecerdasan emosional, dilanjutkan dengan memberikan tes, dan setelahnya dilakukan pengambilan data melalui wawancara. Adapun tahap analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir logis matematis berdasarkan tingkat kecerdasan emosional siswa. Perbedaan yang dimaksud adalah dua atau lebih siswa yang masing-masing berasal dari tingkat kecerdasan emosional yang berbeda memiliki perbedaan pula dalam kemampuan berpikir logis matematis. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk penelitian berikutnya yang serupa. Selain itu apabila guru hendak memilih strategi pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis berdasarkan tingkat kecerdasan emosional siswa, maka penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai referensi.

Downloads

Article Details

How to Cite
Indrayadi, A. P. (2022). Analysis of students’ mathematical logical thinking in terms of emotional intelligence. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 4(2), 156–172. https://doi.org/10.14421/jppm.2022.42.145-161
Section
Articles

References

Ab, J. S., Margono, G., & Rahayu, W. (2019). The logical thinking ability: mathematical disposition and self-regulated learning. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012092
Andriawan, B., & Budiarto, M. T. (2014). Identifikasi kemampuan berpikir logis dalam pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 42–48. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/8657
Anuja, J. A., Sivaraman, M., & Mohan, D. (2015). Rethinking the claims of emotional intelligence in organizations. International Journal of Advanced Technology in Engineering and Science, 3(2), 95–101. http://ijates.com/images/short_pdf/1420709116
Armstrong, T. (2009). Multiple inteligences in the classroom (3rd ed.).
Azizah, R. N. (2019). Marketing politik partai persatuan pembangunan pada pemilu legislatif 2019 di kabupaten Tasikmalaya [Universitas Siliwangi]. http://repositori.unsil.ac.id/184/
Cavaness, K., Picchioni, A., & Fleshman, J. W. (2020). Linking emotional intelligence to successful health care leadership: the big five Model of Personality. Clinics in Colon and Rectal Surgery, 33(4), 195–203. https://doi.org/10.1055/s-0040-1709435
Creswell, J. W. (2014). Research design qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE. https://books.google.co.id/books?id=4uB76IC_pOQC&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false
Farhan, M., & Alfin, E. (2019). The effect of emotional intelligence and self effycacy towards students achievement. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(1), 37–45. https://doi.org/10.25273/jipm.v8i1.4669
Fitriyah, D. M., Indrawatiningsih, N., & Khoiri, M. (2019). Analisis kemampuan berpikir logis matematis siswa SMP kelas VII dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 7(1), 1–14. https://doi.org/10.25273/jems.v7i1.5286
Goleman, D. (1995). Emotional intelligence why it can matter more than IQ. Bloomsbury.
Goleman, D., Boyatzis, R., & McKee, A. (2004). Primal leadership realizing the power of emotional intelligence. Harvard Business School Press.
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor internal dan eksternal yang dominan mempengaruhi hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK N 1 Padang tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941
Hoerr, T. R. (2000). Becoming multiple intelligences school. ASCD.
Idrus, S. F. I. Al, Damayanti, P. S., & Ermayani. (2020). Pengembangan kecerdasan emosional peserta didik di sekolah dasar melalui pendidikan karakter. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 137–146. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3120
Istiqomah, Y. A. (2017). Model pembelajaran emotional quotient (EQ) pada tingkat sekolah dasar (SD) (studi kasus siswa SD Islam Alam dan Sains Al-Jannah Cibubur Jakarta Timur). Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.
Jatri, F. (2013). Penerarpan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan pemecahan masalah matematis [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/8526/
Kadarisma, G. (2016). Improving Students’ Logical Thinking Mathematic Skill Through Learning Cycle 5E and Discovery Learning. Proceeding of 3rd International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Science, 3, 351–356. http://seminar.uny.ac.id/icriems/sites/seminar.uny.ac.id.icriems/files/prosiding/ME-52.pdf
Kannaiah, D. (2015). A study on emotional intelligence at work place. European Journal of Business and Management, 7(24), 147–155. https://researchonline.jcu.edu.au/40340/
Kepa, S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sma Negeri 1 Banda Neira. Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 72–85. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/pedamath/article/view/364
Kholidah, N. (2020). Analisis kesalahan siswa berdasarkan watson’s error category dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar ditinjau dari gaya kognitif field independent and field independent [UIN Sunan Kalijaga]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46166/
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika (PT Refika).
Maharani, A. (2014). Mengenal Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 63–70. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/474
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: an expanded sourcebook (2nd ed.). SAGE Publications.
Mislianti, Razi, Z., Burais, F. F., & Junaid. (2022). The Effect of Emotional Intelligence and Student Learning Independence on Learning Outcomes. Budapest International Research and Critics Institute Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 4656–4663. https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/4174
Nor, N. A. K. M., Ismail, Z., & Yusof, Y. M. (2016). The relationship between emotional intelligence and mathematical competency among secondary school students. Journal on Mathematics Education, 7(2), 91–100. https://doi.org/10.22342/jme.7.2.3534.91-100
Novaliyosi, Tola, B., & Rahayu, W. (2019). Trends of mathematical logical thinking ability through the CRA (concrete-representational-abstract) approach with portofolio assesment. Indonesian Journal of Educational Review, 6(2), 98–112. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ijer/article/view/14077
Pratama, B. A., Subali, B., & Dwijananti, P. (2019). Developing two-tier essay for diagnostic test instrument to identify student learning difficulty. Scientiae Educatia, 7(2), 117. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v7i2.2683
Ratnasari, K. I., Sholihah, M., Efendi, E., & Sutrisno, N. (2022). Mathematics learning strategies to improve critical thinking and problemn-solving skills for madrasah ibtidaiyah students. 1st International Conference on Education Innovation & Social Science ICEISS, 55–61. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/iceiss/article/view/962
Salovey, P., & Mayer, J. D. (1990). Emotional intelligence. Imagination, Cognition, and Personality, 9(3), 185–211.
Sari, L. N. I. (2019). Pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTSN 2 padangsidimpuan. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 69–82. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1665
Setiawati. (2016). The influence of emotional quotient (EQ) and students’ grammar mastery toward their writing ability at STAI Hubbulwathan Duri. Jurnal Pendidikan, 8.1, 257–269. https://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/34
Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 11–18. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980
Setyoko, I. H., Andayani, & Setiawan, B. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Dalam Pembelajaran Sastra. Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 1–5. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v7i2.5937
Shafiee, M., Majdi, H., Khoshkhou, M., & Rajabi, F. (2016). The processing of relationship between emotional intelligence and mathematics scores. International Journal of Innovation and Research in Educational Sciences, 3(1), 36–39. https://www.ijires.org/administrator/components/com_jresearch/files/publications/IJIRES_425_FINAL.pdf
Sherry, M. (2016). EQ is more important than IQ. International Journal of Engineering, Management, Humanities and Social Sciences Paradigms (IJEMHS), 24(1), 6–8. https://www.ijemhs.com/Published Paper/Volume 24/Issue 01/IJES 02/IJEMHSOct16_6_8_Sherry.pdf
Sitorus, N. A. (2017). Pengaruh kecerdasan emosional dan pemberian tugas terhadap prestasi belajar siswa kelas X PM padam mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran di SMKN 1 Pematang Siantar T.A 2016/2017 [Universitas Negeri Medan]. http://digilib.unimed.ac.id/26104/
Sulistiyo, R. (2017). Pengembangan kecerdasan emosional bagi siswa kelas awal madrasah ibitidaiyah pada pembelajaran bahasa Indonesia. Ulumuddin Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 45–58. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v7i1.183
Yelkikalan, N., Hacioglu, G., Kıray, A., Ezilmez, B., Soylemezoglu, E., Çetin, H., Sönmez, R., & Ozturk, S. (2014). Emotional intelligence charasteristics of students studying various faculties and college of universities. European Scientific Journal, 8(8), 33–50. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2541047
Zaman, A., Farooq, R. A., Hussain, A., Ghaffar, A., & Niwaz, A. (2017). Logical thinking in mathematics: a study of secondary school students in pakistan. Journal of Research Sociery of Pakistan, 54(1), 47–55. http://pu.edu.pk/images/journal/history/PDF-FILES/4_54_1_17.pdf