Pengaruh pendekatan faded example secara kolaboratif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan cognitive load
Main Article Content
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah sebagai salah satu tujuan pembelajaran matematika yang menjadi perhatian para guru karena memfasilitasi siswa untuk lancar dalam memecahkan masalah memerlukan strategi tertentu. Sementara itu, pembelajaran matematika juga bertujuan memfasilitasi siswa untuk berinteraksi dengan siswa lain dalam pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah strategi pembelajaran faded example dapat diterapkan dalam pembelajaran kolaboratif, khususnya untuk materi dengan tingkat intrinsic cognitive load relatif rendah. Di dalam desain faded example, siswa belajar dengan melengkapi langkah-langkah pemecahan masalah secara bertahap. Di dalam desain problem solving only, siswa hanya diberi masalah matematika untuk dipecahkan tanpa ada stimulasi langkah-langkah pemecahan tertentu. Melalui randomisasi individu beserta eksperimen desain faktorial 2 x 2, terbentuk empat kelompok yaitu: siswa dengan strategi pembelajaran (1) faded example secara kolaboratif, (2) faded example secara individu, (3) problem solving secara kolaboratif, dan (4) problem solving secara individu. Dengan Analysis of Variance (ANOVA), hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran dalam desain faded example atau problem solving sama efektifnya dalam hal memfasilitasi penguasaan kemampuan pemecahan masalah, dan juga menghasilkan tingkat cognitive yang sama; baik ketika dipelajari secara kolaboratif maupun individu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa apabila materi pemecahan masalah memuat kompleksitas yang rendah, guru dapat memilih menggunakan desain faded example sebagai alternatif desain problem solving. Guru juga dapat memilih strategi kolaboratif karena hasil kemampuan yang dicapai pun tidak lebih rendah jika menggunakan strategi individu.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Barkley, E. F., Cross, K. P., & Major, C. H. (2012). Collaborative learning techniques. Terj. Nuralita Yusron. Bandung: nusa Media. (Buku asli diterbitkan pada tahun 2005).
Chen, O., Kalyuga, S., & Sweller, J. (2015). The worked example effect, the generation effect, and element interactivity. Journal of Educational Psychology, 107(3), 689–704. https://doi.org/10.1037/edu0000018
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O., The Systematic design of instruction, New York: Pearson, 2015, pp. 260-310
Frine Tamba, E., Syafari, S., Siagian, P., & Laurence Sihotang, M. (2019). Development of realistic mathematics education-based learning devices to improve mathematical problem solving skills of smp negeri 1 medan students. American Journal of Educational Research, 7(1), 1–5. https://doi.org/10.12691/education-7-1-1
Gokhale, A. A. (1995). Collaborative learning enhances critical thinking. Journal of Technology Education, 7(1), 22–30. https://doi.org/10.21061/jte.v7i1.a.2
Irwansyah, M. F., & Retnowati, E. (2019). Efektivitas worked example dengan strategi pengelompokan siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan cognitive load. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 62–74. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21452
Kalyuga, S. K., Ayres, P. A., Chandler, P. C., & Sweller, J. S. (2011). The expertise reversal effect. Educational Psychologist: A Special Issue of Educational Psychologist: 38(2), 23–31. https://doi.org/10.4324/9780203764770-
Karimah, I., Suhendri, H., & Werdiningsih, C. E. (2019). Peranan metode pembelajaran collaborative learning terhadap pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 155. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3875
Kirschner, P. A., Sweller, J., Kirschner, F., & Zambrano, J. R. (2018). From cognitive load theory to collaborative cognitive load theory. International Journal of Computer-Supported Collaborative Learning, 13(2), 213–233. https://doi.org/10.1007/s11412-018-9277-y
Kusuma, I. A., & Retnowati, E. (2021a). Designs of faded-example to increase problem solving skills and procedural fluency in algebraic division. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012109
Kusuma, I. A., & Retnowati, E. (2021b). Faded-example effects in individual or group work settings. 2021 10th International Conference on Educational and Information Technology, ICEIT 2021, 2(7), 204–208. https://doi.org/10.1109/ICEIT51700.2021.9375528
Laughlin, P. R., Hatch, E. C., Silver, J. S., & Boh, L. (2006). Groups perform better than the best individuals on letters-to-numbers problems : effects of group size. 90(4), 644–651. https://doi.org/10.1037/0022-3514.90.4.644
Mahmudi, A. (2006). Pembelajaran kolaboratif [Collaborative learning]. 1–11. http://eprints.uny.ac.id/11996/1/PM - 57 Ali Mahmudi.pdf
Merrienboer, J. J. G. Van, & Paas, F. (1998). Cognitive architecture and instructional design. Educational Psychology Review, 10(3). https://doi.org/10.1023/a
NCTM. (2000). Principles and Standars for school Mathematics. Reston: VA:NCTM
Oktaviani, K. N., & Retnowati, E. (2018). Faded-examples for learning contextual mathematics problem-solving skills. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012114
Paas, F. P., Renkl, A. R., & Sweller, J. S. (2010). Cognitive load theory and instructional design: recent developments. Educational Psychologist: A Special Issue of Educational Psychologist: 38(8), 1–4. https://doi.org/10.4324/9780203764770-1
Pambayun, H. P., & Retnowati, E. (2018). Penerapan teknik faded examples untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi pengayaan trigonometri SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 73–81. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.12149
Retnowati, E. (2017). Faded-example as a tool to acquire and automate mathematics knowledge. Journal of Physics: Conference Series, 824(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/824/1/012054
Retnowati, E., Ayres, P., & Sweller, J. (2010). Worked example effects in individual and group work settings. Educational Psychology, 30(3), 349–367. https://doi.org/10.1080/01443411003659960
Rohman, H. M. H., & Retnowati, E. (2018). How to teach geometry theorems using worked examples: A cognitive load theory perspective. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012104
Sweller, J. (2010). Element interactivity and intrinsic, extraneous, and germane cognitive load. Springer, 22, 123–138. https://doi.org/10.1007/s
Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2011). Cognitive load theory. In Springer Science+Business Media, LLC 2013. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-8126-4
Tarmizi, R. A., & Sweller, J. (1988). Guidance during mathematical problem solving. Journal of Educational Psychology, 80(4), 424–436. https://doi.org/10.1037/0022-0663.80.4.424
Van Gog, T., Kester, L., & Paas, F. (2011). Effects of worked examples, example-problem, and problem-example pairs on novices’ learning. Contemporary Educational Psychology, 36(3), 212–218. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2010.10.004
Van Gog, T., Paas, F., & van Merriënboer, J. J. G. (2006). Effects of process-oriented worked examples on troubleshooting transfer performance. Learning and Instruction, 16(2 SPEC. ISS.), 154–164. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2006.02.003