Apakah pembelajaran diferensiasi mengakibatkan cognitive load tinggi?

Main Article Content

Rosita Nurul Aini
Endah Retnowati

Abstract

Cognitive load theory menjelaskan pentingnya analisis kemampuan awal siswa dalam desain pembelajaran karena perbedaan kemampuan awal mengindikasikan perbedaan tingkat cognitive load yang dialami selama kegiatan pemecahan masalah. Adanya diferensiasi metode pembelajaran diduga lebih efektif sebagai pendekatan pembelajaran berdasarkan divergenitas tingkat kemampuan awal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan efektivitas pembelajaran statistika  dengan metode diferensiasi dan pembelajaran non-diferensiasi ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan cognitive load siswa. Metode diferensiasi yang dikembangkan adalah dengan memberikan metode pembelajaran sesuai kategori tingkat kemampuan awal, yaitu jika rendah (metode worked example), sedang (metode faded example), dan tinggi (metode problem solving block). Penelitian quasi experiment dengan desain penelitian posttest only grup design ini melibatkan 60 siswa (novice) kelas VIII SMP dalam pembelajaran statistika berorientasi kemampuan pemecahan masalah.  Menggunakan uji ANCOVA dengan nilai pretest sebagai variabel kovariat diperoleh bahwa pembelajaran diferensiasi sama efektifnya dengan pembelajaran non-diferensiasi ditinjau dari pencapaian kemampuan pemecahan masalah. Namun, pembelajaran diferensiasi dapat menurunkan cognitive load siswa selama kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aini, R. N., & Retnowati, E. (2023). Apakah pembelajaran diferensiasi mengakibatkan cognitive load tinggi?. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 5(2), 88–102. https://doi.org/10.14421/jppm.2023.52.88-102
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Chen, O., Kalyuga, S., & Sweller, J. (2015). The worked example effect, the generation effect and element interactivity. Journal of Educational Psychology, 107 (3), 689–704. https://doi.org/10.1037/edu0000018

Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2015). The systematic design of instruction eight edition. New Work: Pearson.

Irwansyah, M., & Retnowati, E. (2019). Efektivitas worked example dengan strategi pengelompokan siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan cognitive load. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 62-74. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21452

Kalyuga, S., & Renkl, A. (2010). Expertise reversal effect and its instructional implications: introduction to the special issue. Instr Sci 38, 209–215. https://doi.org/10.1007/s11251-009-9102-0

Komariah, K. (2011). Penerapan metode pembelajaran problem solving model polya untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah bagi siswa kelas IX J di SMPN 3 Cimahi. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 14, pp. 209-219). http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7195

Mariati, P., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Psychology. Advance online publication. http://dx.doi.org/10.1037/edu0000167

Mayer, R.E. (2009). Multimedia Learning Second Edition. California. Cambridge Press University.

Muryanto, D. (2022). Efektivitas Worked Example Pairs dalam pembelajaran sistem pertidaksamaan ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, kemahiran prosedural dan cognitive load. [Tesis, tidak diterbitkan]. Universitas Negeri Yogyakarta.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Virginia, VA:Author http://www.nctm.org/

Oktaviani, K.N. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Siswa SMP/MTs Kelas VII Pada Materi Persegi Panjang Dengan Teknik Faded Examples Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. [Tesis, tidak diterbitkan]. Universitas Negeri Yogyakarta

Paas, F., Renkl, A., & Sweller, J. (2004). Cognitive Load Theory: Instructional implications of the interaction between information structures and cognitive architecture. Instructional Science, 32(1-2), 1-8. https://doi.org/10.4324/9780203764770-1

Pambayun, H., & Retnowati, E. (2018). Penerapan teknik faded examples untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi pengayaan trigonometri SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 73-81. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.12149

Pangesti, F., & Retnowati, E. (2017). Pengembangan bahan ajar geometri SMP berbasis cognitive load theory berorientasi pada prestasi belajar siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 33- 46. http://dx.doi.org/10.21831/pg.v12i1.14055

Parsons, S. A., Vaughn, M., Scales, R. Q., Gallagher, M. A., Parsons, A. W., Davis, S. G., Allen, M. (2018). Teachers’ instructional adaptations: A research synthesis. Review of Educational Research, 88(2), 205–242. http://doi:10.3102/0034654317743198

Putrawangsa, S. (2018). Desain pembelajaran: Design research sebagai pendekatan desain pembelajaran. CV. Reka Karya Amerta.

Reed, S.K. (1999). Word problems (research and curriculum reform). New Jersey, London. Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Renkl, A., & Atkinson, R. (2003). Structuring the transition from example study to problem solving in cognitive skill acquisition: A cognitive load perspective. Educational Psychologist, 38, 15-22. https://doi:10.1207/S15326985EP3801_3

Retnowati & Marissa. (2018) ). Designing worked examples for learning tangent lines to circles. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, No. 1, p. 012124). IOP Publishing. https://doi:10.1088/1742-6596/983/1/012124

Retnowati E, Ayres P, Sweller J. (2018). Collaborative learning effects when students have complete or incomplete knowledge. Appl Cognit Psychol. 2018;1–12. https://doi.org/10.1002/acp.3444

Retnowati, E., & Fadlila, N. (2023). The compound area of quadrilaterals and triangles: A worked example based learning design. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 7(1), 150-159. https://doi.org/10.31764/jtam.v7i1.11678

Rohman, H. M. H., & Retnowati, E. (2018, September). How to teach geometry theorems using worked examples: A cognitive load theory perspective. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012104). IOP Publishing. https://doi:10.1088/1742-6596/1097/1/012104

Sweller, J. (1994). Cognitive load theory, learning difficulty, and instructional design. Learning and instruction, 4(4), 295-312. https://doi.org/10.1016/0959-4752(94)90003-5

Sweller, J., & Chandler, P. (1994). Why Some Material is Difficult to Learn? Cognition and Instruction, 12(3), 185-233. https://doi.org/10.1207/s1532690xci1203_1

Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2011). Cognitive load theory. Explorations in the learning sciences, instructional systems and performance technologies. London: Springer.

Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. (2013). Assessment and student success in a differentiated classroom. Ascd.

Tomlinson, C. A., (2017). How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classrooms. ASCD.

Trafton, J. G., & Reiser, B. J. (1993). Studying examples and solving problems: contributions to skill acquisition. Annual conference of cognitive science society. New Jersey: Hillsdale. https://www.researchgate.net/publication/2743221_The_Effects_of_Self-Explanation_on_Studying_Examples_and_Solving_Problems

Van de Walle, J.A., Karp, K.S., Williams, J.M.B. (2013). Elementary and Middle School Mathematics Teaching Developmentally -8th ed. USA: Pearson.

Wibowo, D. K., & Retnowati, E. (2022). Perbandingan efektivitas faded example dan worked example ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah peluang. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(1), 49-64. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika: apa dan bagaimana mengembangkannya. In Seminar Nasional FMIPA UNY (Vol. 5). Yogyakarta, Indonesia: Universitas Negeri Yogyakarta.