Media pembelajaran komik webtoon terintegrasi profil pelajar pancasila dan rahmatan lil alamin materi aritmetika sosial

Main Article Content

Ilma Sururina
Dina Fakhriyana

Abstract

Proses pengajaran matematika yang masih berpacu pada buku ajar cetak serta kurangnya pemanfataan teknologi berupa inovasi media pembelajaran pada penerapan Kurikulum Merdeka jenjang SMP/MTs menjadikan pengajaran matematika terkesan membosankan dan monoton bagi peserta didik. Hal tersebutlah yang menjadi landasan pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran komik webtoon terintegrasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin pada materi aritmetika sosial; 2) mengetahui validitas media pembelajaran komik webtoon terintegrasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin pada materi aritmetika sosial yang dikembangkan; dan 3) mengetahui respon peserta didik terhadap kehadiran media pembelajaran komik webtoon terintegrasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin pada materi aritmetika sosial. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) terciptanya produk media pembelajaran berupa komik webtoon terintegrasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin pada materi aritmetika sosial. Nilai-nilai P5PPRA yang terintegrasikan pada media pembelajaran komik webtoon adalah gotong royong, bernalar kritis, kreatif, syura, muwatanah, tasamuh, dan tathawwur wa ibtikar; 2) hasil validasi ahli materi memperoleh skor 1,00 dan hasil validasi ahli media mendapatkan skor 0,97 yang keduanya memenuhi kriteria validitas “sangat tinggi” tehadap media pembelajaran komik webtoon yang dikembangkan; dan 3) respon peserta didik terhadap kehadiran media pembelajaran komik webtoon terintegrasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin pada materi aritmetika sosial secara keseluruhan termasuk kriteria “sangat baik” dengan perolehan persentase 86,2% pada aspek tampilan, 86,2% pada aspek materi, 87,9% pada aspek efektivitas, dan 83,6% pada aspek kepuasan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sururina, I., & Fakhriyana, D. (2024). Media pembelajaran komik webtoon terintegrasi profil pelajar pancasila dan rahmatan lil alamin materi aritmetika sosial. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 6(2), 120–133. https://doi.org/10.14421/jppm.2024.62.120-133
Section
Articles

References

Anglin, G. J., & Ley, K. (2002). Trends and issues in instructional design and technology. In Educational Technology Research and Development (Vol. 50, Issue 4). https://doi.org/10.1007/bf02504986

Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 17. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3036

Gregory, R. J. (2015). Psychological testing: History, principles and applications. In Pearson Education.

Hidayat, N., Rostikawati, R. T., & Marris, M. H. A.-A. M. (2019). Pengembangan bahan ajar komik webtoon untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa SMA kelas XI. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS IV, 4, 318–324.

Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.246

Larasati, F., & Syamsurizal, S. (2022). Validitas Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA/MA tentang Materi Mutasi. Journal on Teacher Education, 4(1), 250–262. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/6073

Makmum. (2021). Balo Lipa: Jurnal Pendidikan Seni Rupa Komik : Media Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 18–23.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385

Sa’adah, R. N., & Wahyu. (2016). Metode Penelitian R&D (Research and Development): Kajian Teoritis dan Aplikatif.

Sari, S. Y., Gusmania, Y., & Hasibuan, N. H. (2023). Pengembangan komik digital sebagai media literasi numerasi. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 85–94. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i1.5033

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 3041–3052. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095

Siwi, M. K., Syofyan, R., & Hayati, A. F. (2018). Pengembangan Webtoon Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Micro Teaching Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. PAKAR Pendidikan, 16(1), 47–59. https://doi.org/10.24036/pakar.v16i1.36

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.