SOSIALISASI NILAI-NILAI AGAMA DI KALANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI SOSIOLOGI AGAMA UIN SUNAN KALIJAGA
DOI:
https://doi.org/10.14421/jsa.2016.102-05Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk membahas problematika sosialisasi nilai-nilai agama di kalangan mahasiswa, terutama di kalangan mahasiswa Prodi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga. Tulisan yang merupakan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam merancang format sosialisasi nilai-nilai agama yang tepat di kalangan generasi muda untuk mewujudkan nilai-nilai yang lebih baik di kalangan generasi muda Indonesia, mengingat bahwa dalam kehidupan sehari-hari tidak jarang ditemukan kesenjangan yang cukup tajam antara nilai-nilai agama dengan perilaku umat sehari-hari.Sosialisasi nilai-nilai agama di kalangan mahasiswa masih perlu peningkatan. Untuk sosialisasi nilai-nilai agama itu dibutuhkan keteladanan yang baik. Di samping itu, sosialisasi nilai-nilai di kalangan mahasiswa selayaknya melalui kegiatan yang menarik dan interaktif, Untuk menghindari pendidikan nilai yang bersifat indoktrinatif, para mahasiswa perlu didorong untuk dapat menemukan alasan-alasan yang mendasari keputusan moral yang diambilnya.
Kata kunci: sosialisasi, nilai-nilai, mahasiswa


References
Al-Bukhārī, Shahīh al-Bukhārī, Beirut, Dār Ibn Katsīr, 1987;
Damsar, Pengantar Sosiologi Pendidikan, Jakarta, Kencana, 2011;
Daradjat, Zakiah, Membina Nilai-Nilai Moral di Indonesia, Jakarta, Bulan Bintang, 1976;
Eyre, Linda dan Richard, Mengajarkan Nilai-Nilai kepada Anak, terj. Alex Tri Kantjono Widodo, Jakarta, Gramedia, 1997;
Kaswardi, EM. K, (ed.) Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000, Jakarta, Grasindo, 1993;
Maksudin, Pendidikan Nilai Komprehensif: Teori dan Praktik, Yogyakarta, UNY Press, 2009;
Munthe, Bermawi, dkk, Sukses di Perguruan Tinggi, Yogyakarta, Center for Teaching and Staff Development UIN Sunan Kalijaga Sunan Kalijaga, 2010;
Nasution, S., Sosiologi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara, 1995;
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2007
Taylor, Monica J. (ed.), Progress and Problem in Moral Education, Berks, 1975.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.