KONSTRUKSI MITOS ILUMINATI PADA MASJID AL-SAFAR (Analisis Semiotika Roland Barthes)
DOI:
https://doi.org/10.14421/jsa.2019.132-04Abstract
Secara umum, struktur arsitektur masjid tidak memperlihatkan keseragaman. Nilai lokalitas atau kedaerahan dan pra-islam memberi pengaruh pada beberapa arsitektur masjid tua di Indonesia. Dewasa ini, arsitektur masjid lebih berkembang dengan pola desain yang lebih modern dan unik, sepeti masjid al-Safar. Arsitekturnya yang menyerupai segitiga sebagai konsekuensi desainya yang mengadopsi konsep folding. Tuduhan atau tafsiran arsitektur masjid al-Safar yang tidak islami karena menyerupai objek sakral dari umat Yahadi, yaitu iluminati atau segitiga adalah mitos. Dalam sejarah manusia, benda fisik yang bermakna simbolis atau Yang Sakral dipengaruhi pengalaman hidup atau realitas subyektif manusia. Dua objek simbolis ini, memiliki sejarahnya masing-masing dan diference.
Kata Kunci: Aristektur masjid, Masjid Al-Safar, Mitos, Simbolis
Generally, the mosque’s architectural structure does not show uniformity. The locality or provincial and pre-Islamic value gave architecture influence to some ancient mosques in Indonesia. Recently, the mosque’s architecture is well-developed with modern and unique design pattern, such as Al-Safar mosque. Its architecture resembled triangle as its adopted design by folded concept. Accusation or interpretation of Al-Safar mosque which doesn’t represent Islam, whereas its represent the sacred object of Jewish adherent, which is illuminati or triangle is a myth. In human history, this physical object symbolically related or the Most Sacred affected by life experience or subjective human reality. These two symbols, have their own differences and history.
Keywords: Mosque Architecture, Al-Safar Mosque, Myth, Symbolic


References
Adian, Dony Gahral. 2002. Percik Pemikiran Kontemporer: sebuah
Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.
Aldin, Alfathri(ed). 2007. Spritualitas dan Realitas Kebudayaan
Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra.
Berry, Peter. 2010. Begining Theory: Pengantar Komprhensif Teori
Sastra dan Budaya. Tej. Yogyakarta: Jalasutra.
Barthes, Roland. 2010. Membedah Mitos-mitos Budaya Massa:
Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol dan Representasi. Tej.
Yogyakarta: Jalasutra.
Daliman, A. 2012. Islimasi dan Perkekambangan Kerajaan-Kerajaan
Islam di Indonesia. Yogyakarta: Ombak.
Danies, Marcel. 2017. Pengantar Memahami Semiotika Media
Yogyakarta: Jalasutra. Fanani, Achman. 2009. Arsitektur
Masjid. Yogyakarta: Bentang. Hadiyansah, dkk. 2010. Masjid-masjid Bersejerah di Jakarta. Jakarta: Erlangga.
Hamidah, dan Ahmad Syadzali. 2016. “Analisi Semiotika Roland
Barthes tentang fenomne Jilboobs”. dalam Jurnal Studia
Insania. Vol. 4, No. 2.
Humas Jabar. Penuhi Undangan MUI, Gubernur Ridwan Kamil
dan Ustadz Rahmat Baequni Diskusi Membangun Umat.
https://www.youtube.com/watch?v=bK-Yt-G5GDg,
diakses pada Tanggal 2 Saptember 2019.
Hoed, Benny H. 2014. Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Cet.
III. Yogyakarta: Komunitas Bambu.
Jung, Carl G. 2018. Manusia dan Simbol-simbol: Simbolisme dalam
Agama, Mimpi dan Mitos. Tej. Yogyakarta: Basa Basi.
Khotimah, Khusnul. 2008. “Semiotika: Sebuah Pendekatan dalam
Studi Agama”. dalam Jurnal Komunika. Vol. 2, No. 2.
Kristiatmo, Thomas. Redefinisi Subyek dalam Kebudayaan: Pengantar
Memahami Subjektivitas Modern Menurut Perspektif Slavoj
Zizek. Yogyakarat: Jalasutra.
Lecthe, John. 2001. 50 Filsuf Kontemporer: dari Strukturalisme samapai
Postmodernitas. Yogyakarta: Kanisius.
O’eda, Thomas F. 1994. Sosiologi Agama: Suatu Pengnalan Awal
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Pals, Daniel L. 2012. Seven Theories of Religion. Tej. Cet II.
Yogyakarta: IRCiSoD.
Piliang, Yasraf Amir. 2004. “Semiotik Teks: Sebuah Pendekatan
Analisis Teks”. dalam Jurnal Mediator. Vol. 5, No. 2.
------. 2011. Bayang-Bayang Tuhan: Agama dan
Imajinasi. Bandung. Mizan.
Piliang, Yasraf Amir dan Audifax. 2018. Kecerdasan Semiotik:
Melalampui Dialetika dan Fenomena. Yogyakarta: Aurara.
Ramdhani, Dendi. Duduk Perkara Tudingan Iluminati di Masjid Al
Safar, 30 Menit Penjelasan Ridwan Kamil dan
Ustaz Rahmat Baequni (1),https://regional.kompas.com/ read/2019/06/14/08000081/duduk-perkara-
tudingan-iluminati-di-masjid-al-safar-30-menit-
penjelasan?page=all, di akses pada 9 Agustus 2019.
------. Kontroversi Masjid ak-Safar ridwan Kamil sebut taat ulama,
https://bandung.kompas.com/read/2019/06/10/16331151/
kontroversi-masjid-al-safar-ridwan-kamil-sebut-taat-pada-
ulama, di akses pada 9 Agustus 2019.
Rochman, Ibnu. 2003. “Simbolisme Agama dalam Politik Islam.”
dalam Jurnal Filsafat. Vol. 33, No. 1.
Ritzer, George, dan Douglas J. Goodman. 2016. Teori sosiologi:
Dari Teori sosiologi Klasik samapai Perkembngan Mutkhir Teori
sosial Posmodern. Tej. Cet . Yogyakarta: Kreasi Warna
Robert, Robertus. 2010. Manusia Politik: Subyek Radikal dan Politik
emansipasi di Era Kapitalsime Global menurut Slavoj Zizek.
Jakarta: Marjin Kiri.
Sahal, Ahmad, dan Munawir Aziz (ed). 2016. Islam Nusantara dari
Ushul Fiqh Hingga paham Kebangsaan. Cet III. Bandung:Mizan.
Siswandi, Anwar. heboh desain masjid al-Safar
https://bisnis.tempo.co/read/1212234/heboh-desain-masjid-
al-safar-ridwan-kamil-saya-serahkan-ke-mui/
full&view=ok. di akses pada tanggal 29 Agustus 2019.
------.https://bisnis.tempo.co/read/1212234/heboh-desain-masjid
al-safar-ridwan-kamil-saya-serahkan-ke-mui/
full&view=ok. di akses pada tanggal 29 Agustus 2019.
------. Ide pola segitiga masjid al-Safar. https://tekno.tempo.co/
read/1212427/ide-pola-segitiga-masjid-al-safar-yang-
ditafsir-tidak-islami/full&view=ok. di akses pada tanggal 29
Agustus 2019.
Thwaites, Tony, dkk. 2002. Introducing cultural ad Media Studies:
Sebuah pendekatan Semiotik. Tej. Yogyakarta: Jalasutra.
Tjandrasasmita, Uka. 2009. Arkeologi Islam Nusantara. Jakarata:
KPG.
Wiryoprawiro, Zein M. 1986. Perkembangan Arsitektur Masjid di
Jawa Timur. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.