Pengaruh Iklan Web Series SPace # "Kenapa Belum Nikah?" Terhadap Brand Awareness JD.ID

Authors

DOI:

https://doi.org/10.14421/pjk.v12i1.1556

Keywords:

Iklan, web series, multimedia, pictures, content, brand awareness, unaware of brand, brand recognition, brand recall, dan top of mind.

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran pengaruh iklan web series Space #  “Kenapa Belum Nikah?” terhadap brand awareness JD.ID. Penelitian ini menggunakan variabel independent yaitu iklan web series, dengan dimensi multimedia, pictures, dan content. Dan variabel dependent yaitu brand awareness, dengan beberapa dimensi, yaitu unaware of brand, brand recognition, brand recall, dan top of mind. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik analisis data deksriptif, uji normalitas, uji regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability Sampling, yaitu Simple Random Sampling, dan menggunakan rumus unknown populations, dengan jumlah 100 responden. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa iklan web series Space # “Kenapa Belum Nikah?” memiliki pengaruh yang positif terhadap brand awareness JD.ID, hal tersebut dibuktikan dengan t hitung (6.168) > t tabel (1.290), dan hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa iklan web series Space # “Kenapa Belum Nikah?” memiliki pengaruh sebesar 27.98% terhadap brand awareness JD.ID. Sehingga dapat disimpulkan bahwa iklan web series tidak bisa berdiri sendiri dalam meningkatkan kesadaran terhadap suatu merek, tetapi membutuhkan faktor lainnya, seperti slogan dan jingle sebagai elemen pendukungnya. Kata kunci:   Iklan, web series, brand awareness, unaware of brand, dan top of mind.
 
Abstract. This research aims to determine the effect of web series advertising Space # “Kenapa Belum Nikah?” on brand awareness of  JD.ID. This research uses indepent variable, which is web series advertising, with several dimensions, and that including multimedia, pictures, and content. For dependent variable, it also contains several dimensions as well, and that including unaware of brand, brand recognition, brand recall, and top of mind. This research uses quantitative methods, with descriptive data analysis techniques, normaly test, simple linear regression test, coefficient of determination, and hypothesis test. The samping technique used in this research is probability sampling, that is simple random sampling, with unknown populations formula to 100 respondents. Hypothesis test result shows that web series advertising of Space # “Kenapa Belum Nikah?” has an influence on brand awareness of JD.ID, this evidenced by t count (6.168) > t table (1.290), and the results of the coefficient of determination shows that web series advertising Space # “Kenapa Belum Nikah?” has 27.98% effect on brand awareness of JD.ID Keywords: advertising, web series, brand awareness, unaware of brand, and top of mind.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Yaasmiin Larasati Dewi, Telkom University
    Faculty Communication and Business

References

DAFTAR PUSTAKA

Sumber Buku:

Belch, George E. dan Michael A. Belch. 2009. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: McGraw-Hill Irwin Book Company

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Dewdney, Andrew dan Peter Ride. 2006. The New Media Handbook. New York: Routledge

Durianto, D. Sugiarto & Sitinjak, T. 2004. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Frendy.2011: Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Helianthusonfri, Jefferly. 2016. YouTube Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Hikmawati, Fenti. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Lee, Monle dan Carla Johnson. 2007. Principles of Advertising: a Global Perspective. Jakarta: Kencana

Moriarty, Mitchell & William Wells. 2009. Advertising, Principles & Practice. New Jersey: Pearson

Moriarty, Sandra, William Wells, John Burnett, dkk. 2007. Advertising: Singapura

Morissan. M. A., 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Perrin, A. 2015. Social Media Usage: 2005-2-15. Pew Research Center: Internet and Technology

Prasetyadi, Bagas. Syaiful Bahri. 2009. Jago Bikin Film Superhero. Yogyakarta: Indonesia Cerdas

Riduwan. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Riduwan & Kuncoro. 2010. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta

Riduwan & Kuncoro. 2011. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta

Rossiter, John & Percy, Larry. 1997. Advertising and Promotion Management. New York: Mc. Grow Hill

S. A. Surachman. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Merek. Malang: Bayumedia Publishing

Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Shimp, Terence A. 2010. Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion, 8e. Canada: Cengage Learning

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana

Sissors, Jack Z & Lincoln Bumba. 1996. Advertising Media Planning Fifth Edition. Chicago: NTC Business Books

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaatif dan R & D. Bandung. Alfabeta

Sujarweni, V dan Endrayanto, Poly. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sujarweni, V. Wiratna. 2016. Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana

Trianto, Teguh. 2003. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu

Wibowo, Lili Adi dan Donni Juni Priansa, 2017. Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung. Alfabeta

Sumber Internet:

http://berinovasi.com/2017/12/11/perkembangan-e-commerce-di-indonesia/ (diakses pada tanggal 29 Agustus 2018, pukul 09.04 WIB)

http://idntimes.com/business/economy (diakses pada tanggal 14 November 2018, pukul 17.40 WIB)

https://www.invespcro.com/blog/online-video-advertising/ (diakses pada tanggal 3 Desember 2017, pukul 18.00 WIB)

http://kumparan.com/konner-indonesia//mengenal-webseries-sebagai-strategi-perangkul-generasi-kekinian.amp (diakses pada tanggal 25 September 2018, pukul 09.41 WIB)

http://pewinternet.org/2015/10/08/social-networking-usage-2005-2015/ (diakses pada tanggal 14 November 2018, pukul 23.50 WIB)

https://alexa.com/siteinfo/bukalapak.com (diakses pada tanggal 5 Desember 2018, pukul 13.22 WIB)

https://alexa.com/siteinfo/jd.id (diakses pada tanggal 5 Desember 2018, pukul 13.25 WIB)

https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI22Maret2018.pdf (diakses pada tanggal 28 Agustus 2018, pukul 22.10 WIB)

https://dailysocial.id/post/e-ecommerce-di-indonesia-2018 (diakses pada tanggal 7 Desember 2018, pukul 01.20 WIB)

https://liputan6.com/bisnis/read/3071052/2-alasan-orang-indonesia-suka-belanja-online (diakses pada tanggal 29 Agustus 2018, pukul 10.00 WIB)

https://smartbisnis.co.id/content/read/berita-bisnis/umum/6-faktor-pendorong-bisnis-e-commerce-indonesia (diakses pada tanggal 15 November 2018, pukul 18.19 WIB)

Skripsi:

Halim, Kevin. 2017. Pengaruh Daya Tarik Web Series Terhadap Brand Images. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Ridwan, Mochammad. 2012. Pengaruh Iklan PT. Djarum Melalui Videotron Terhadap Brand Awareness.Yogyakarta: Universitas Islam Negeri.

Widianto, Denny. 2015. Pengaruh Product Placements Simpati Dalam Video Web Series Jalan Jalan Men Malesbanget.com Terhadap Brand Awareness di Benak Followers Twitter @jalan2men. DKI Jakarta: Universitas Paramadina.

Windalita, Mutiara. 2015. Pengaruh Iklan Okezone.com di Media Cetak Terhadap Brand Awareness. Depok: Universitas Indonesia.

Jurnal:

Alanne, Julianna. 2017. Online Video Advertising on Building Brand Equity. Findland. Aalto University.

Alfajri, Iqbal; Irfansyah; Isdianto, Budi. 2014. Analisis Web Series Dalam Format Film Pendek (Studi Kasus Web Series ‘Malam Minggu Miko Episode Nissa’). Bandung. Institut Teknologi Bandung.

Arafaina, Yasmin; Amri, Amsal. 2018. Pengaruh Iklan Online Zalora Indonesia Terhadap Kesadaran Merek Terhadap Kesadaran Merek pada Masyarakat Kota Banda Aceh. Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala.

Dinda, Adelia; Rara, Donatella; Irwansyah. 2017. Evektifitas Iklan YouTube Traveloka Terhadap keputusan Pembelian (Studi EPIC Model pada Iklan YouTube “Saat Memesan Tiket Peswat Tak Lagi Ribet” Pada Karyawan di Jakarta). Depok. Universitas Indonesia.

Djatikesuma, Fuad Yusuf. 2017. Pengaruh Terpaan Iklan Tokopedia di Televisi Terhadap Brand Equity (Studi Eksplanatif pada Mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya). Malang. Universitas Brawijaya.

Haider, Muhammad Usman; Khan, Shahzad; Latif, Khawaja Fawad; Naadem, Aamir. 2012. The Influence of Advertising on Brand Preference. United Kingdom: City University.

Kurnyawati, Melynda Dyah; Kumadji, Srikandi; Yulianto, Edy. 2014. Pengaruh Iklan Terhadap Brand Awareness dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Niaga (FIA) Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Angkatan 2012-2013 yang Menggunakan Produk Sabun Mandi Lifebuoy). Malang. Universitas Brawijaya.

Nikomo, Khensane; Matoto, Lebogang; Chuchu, Tinashe. 2017. The Effect of Advertising on Brand Attitudes and Preceived Brand Value: the Case of South African Township Youth Luxury Brand Choises. South Africa. University of Witwatersrand.

Rahmawati, Vina Devita Anjas. 2018. Pengaruh Iklan Soyjoy “Ini Perjalananku” di Youtube Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Tariq, Muhammad Zubair. 2014. Impact of Green Advertisement and Green Brand Awareness with Mediating Effect of Buying Behavior. Pakistan. University of Sargodha.

Wei, Khong; Jerome, Theresa; Shan, Leong, 2010. Online Advertising: A Study of Malaysian Consumers. Volume 5, Number 2. International Journal of Business and Information Selangor. Malaysia.

Kurniullah, Ardhiksa Zukhruf. Konsep Transmedia Storytellling Pada Iklan Cetak Mobil Volkswagen Dengan Media Augmented Reality. Jakarta. Universitas Mercu Buana.

Downloads

Published

2019-06-23

Issue

Section

Articles