Interactive Arabic Learning Media based on Articulate Storyline 3 to Increase Students' Motivation / Pemanfaatan Articulate Storyline 3 sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa

Authors

  • Fitri Sukmarini Universitas Muhammadiyah Malang
  • Lailatul Mauludiyah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Muhammad Ainur Roziqi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Talqis Nurdianto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-06

Keywords:

Articulate Storyline, Interactive Learning Media, Learning Motivation, Media Pembelajaran Interaktif, Motivasi Belajar

Abstract

One of the efforts to overcome the problem of Arabic language learning is to increase the motivation of learning using learning media. The learning media today is very diverse depending on how teachers make good use of it. The research is based on articulate storyline 3 application. The purpose of this study is to find out how articulate storyline 3 application is used and the effectiveness of its application. This study uses quantitative approach, a type of experimentation research with pre-experimental research design one group pre-test post-test. Data collection method with observation, interview, and questionnaire. The method of data analysis with validity test, reliability test, normality test, hypothesis test, and effectiveness test. The results of the study in class VIII Ibnul Jazari at SMP Ar-Rohmah Putri, Dau Malang district showed that Articulate Storyline 3 can increase learning motivation based on four indications of increased motivation including, 1) Students' interest in Arabic; 2) Students are active and responsive in Arabic language learning; 3) Students pay attention to the teacher's explanation; 4) Students dare to ask and answer the questions given. The indication is supported by the data from the paired sample T-Test obtained by 0.000 ≤ 0.05 which shows a difference in motivation level before and after the application of the media with the result of gain calculation obtained results of 0.71 which means high effectiveness. So it can be concluded that the use of Articulate Storyline 3 as an interactive learning medium to increase the motivation of learning Arabic students in Ar-Rohmah Putri, Dau Malang district is declared effective because it is at a high level of effectiveness.

Keywords: Articulate Storyline, Interactive Learning Media, Learning Motivation 

 

Abstrak

Salah satu upaya mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa Arab yaitu dengan meningkatkan motivasi belajar menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran saat ini sudah sangat beragam tergantung bagaimana guru memanfaatkannya dengan baik. Penelitian ini berbasis Articulate Storyline 3. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan Articulate Storyline 3 dan tingkat efektivitas penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ekperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental One Group Pre-test Post-test. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Adapun metode analisis data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan uji efektivitas. Hasil penelitian di kelas VIII Ibnul Jazari di SMP Ar-Rohmah Putri, Dau Kabupaten Malang menunjukan bahwa Articulate Storyline 3 dapat meningkatkan motivasi belajar didasarkan pada empat indikasi peningkatan motivasi meliputi, 1) Ketertarikan siswa terhadap bahasa Arab; 2) Siswa aktif dan responsif dalam pembelajaran bahasa Arab; 3) Siswa memperhatikan penjelasan guru; 4) Siswa berani bertanya dan menjawab soal yang diberikan. Indikasi tersebut didukung oleh hasil data dari uji T sampel berhubungan (Paired Sample T-Test) diperoleh hasil sebesar 0,000 ≤ 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan tingkat motivasi sebelum dan sesudah penerapan media dengan hasil penghitungan Gain diperoleh hasil sebesar 0,71 yang berarti efektivitas tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Articulate Storyline 3 sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa di Ar-Rohmah Putri, Dau Kabupaten Malang dinyatakan efektif karena berada pada tingkat efektivitas tinggi.

Kata Kunci: Articulate Storyline, Media Pembelajaran Interaktif, Motivasi Belajar  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adtman A. Hasan dan Umi Baroroh. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Aplikasi Videoscribe Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Lisanuna 9, no. 2 (2019): 140–55.

Agusten, Dina, Wahyu Supriyatin, and R Sa. “Rancang Bangun Aplikasi Huruf Hijaiyah Dan Angka Arab Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs 5.5,” 2015, 978–79.

Alannasir, Wahyullah. “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Ips.” Journal of EST 2, no. 3 (2016): 81–90.

Albab, Ulil. “Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing.” TAMADDUN: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam 19, no. 1 (2019): 32–48. doi:10.19109/tamaddun.v19i1.3398.

Darnawati, Jamiludin, La Batia, Irawaty, Salim. “Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline.” Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2019): 17–23.

Efendi M. Syahrun. “Desain Eksperimental Dalam Penelitian Pendidikan.Pdf.” Jurnal Perspektif Pendidikan, 2013. https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP.

Fay, Daniel Lenox. “Penerapan Media Smart Card Untuk Meningkatakan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufrodat) Siswa Kelas Iii Mi Miftahul Huda Gresik.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1967, 337–42.

Fulan Dwi Kurnia. “Penggunaan Lagu Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas v SDI Surya Buana Malang.” Universitas Negeri Malang, 2010.

Furoidah, Asni. “Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Fusha : Arabic Language Education Journal 2, no. 2 (2020): 63–77. doi:10.36835/alfusha.v2i2.358.

Haniifah, Iftinaan Nuurul, Singgih Kuswardono, and Zukhaira Zukhaira. “Magic Disc Arabic Berbasis Karakter Religius Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas Vii Mts Di Kota Semarang.” Journal of Arabic Learning and Teaching 9, no. 1 (2020): 15–22. doi:https://doi.org/10.15294/la.v9i1.39304.

Iswanto, Rahmat. “Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pemanfaatan Teknologi.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 1, no. 2 (2017): 139. doi:10.29240/jba.v1i2.286.

Khomsah, Ahmad Fadilah, and Muhammad Imron. “Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kolaborasi Metode Questioning Dan Media Kahoot.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 5, no. 1 (2020): 99–118.

Kurnia, Nia, Deni Darmawan, and Maskur Maskur. “Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Ispring Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab.” Teknologi Pembelajaran 3, no. 1 (2018): 451–61. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/158.

Luh, Ni, and Putu Ekayani. “Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, no. March (2021).

Mahmudah, Siti. “Media Pembelajaran Bahasa Arab.” An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 20, no. 01 (2018): 129. doi:10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131.

Nisfu Lailatul Masruroh. “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournaments Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas Iv Mi Nurul Huda Dawuhan Trenggalek.” IAIN Tulungagung, 2017. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/5114.

Pratama, Ryan Angga. “Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan.” Jurnal Dimensi 7, no. 1 (2019): 19–35. doi:10.33373/dms.v7i1.1631.

Putri, Wakhidati Nurrohmah. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah.” LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature 1, no. 1 (2017): 1. doi:10.18326/lisania.v1i1.1160.

Rafmana, Hesta, and Umi Chotimah. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI Di SMA Srijaya Negara Palembang.” Jurnal Bhinneka Tunggal Ika 05, no. 1 (2018): 52–65. https://ejournal.unsri.ac.id/indeks.php/jbti/ article/download/7898/pdf.

Rizqi, Lailatur. “Penerapan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jadid Kolomayan Kabupaten Blitar,” 2015.

Rohmawati, Silfiyah. “Penerapan Hasil Modifikasi Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 2, no. 2 (2019): 165. doi:10.35931/am.v2i2.141.

Sari, Putri Intan, and Lies Yulianto. “Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Asma ’ Ul Husna Pada Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) Sooka 1 Punung Kabupaten Pacitan Bagaimana Membuat Media Pembelajaran Pengenalan Asmaul Husna Tersebut Sebagai Sarana Metode Pembelajaran Yang Menarik Dan Interakti” 6, no. 4 (2014): 1–6.

Siti Nur Janah. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Articulate Storyline Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri.” Skripsi, 2015.

Sukiyasa, Kadek, and Sukoco. “Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Effect Animation Media on Student ’ S Learning.” Jurnal Pendidikan Vokasi 3 (2012): 126–37.

Suprihatin S. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 3, no. 1 (2019): 73–82. doi:10.31316/g.couns.v3i1.89.

Tri Wulandari. “Penerapan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas Vii Mts Kh. Moch. Said Kepanjen Malang.” Universitas Muhammadiyah Malang, 2014. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26410.

Downloads

Published

2021-06-28

Issue

Section

Articles