Pengembangan Modul Kimia Bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Makromolekul

Authors

  • Hanifah Octa Viani Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  • Agus Kamaludin Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/jtcre.2020.22-01

Keywords:

Modul, HOTS, Makromolekul

Abstract

Kompetensi abad 21 menuntut keterampilan 4C peserta didik untuk mampu berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan masalah, namun keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik di Indonesia masih sangat rendah, berdasarkan peringkat Indeks Pengembangan Manusia dalam komposisi pencapaian pendidikan Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D ‎yang terdiri atas 4 tahap, yaitu define, design, development, dan disseminate, namun dibatasi sampai tahap ketiga atau development. Produk dinilai menggunakan instrumen penilaian kualitas skala Likert dan Gutmann. Produk yang ‎dikembangkan dinilaikan kepada dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru kimia SMA/MA dan direspon oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, modul kimia bermuatan HOTS yang ‎dikembangkan memperoleh persentase 96,00% dengan kategori Sangat Baik (SB). Penilaian oleh ahli media memperoleh persentase 90,90% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian oleh guru kimia SMA/MA memperoleh persentase 85% dengan kategori Sangat Baik (SB), serta modul ini direspon positif oleh peserta didik dengan persentase 95%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zaenal. (2017). Mengembangkan intrumen iengukuran critical thingking skills siswa pada pembelajaran matematika Abad 21 dalam Jurnal Theorems, 1(2).http://dx.doi.org/10.31949/th.v1i2.383

Budiman, A., & Jailani. (2014). Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2671

Muharni, L., Rahmah, A., & Sugianto. (2019). Analisis soal tipe higher order thinking skills (HOTS) pada buku matematika siswa materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika “eduMath” 7(1).

Nadliroh, N., Saputro,S., Sari, A., Ningsih, P., & Wijaya, E. (2019). Pengembangan instrumen penilaian berbasis high order thinking skills(HOTS) mata pelajaran sistem komputer kelas X SMK Negeri 2 Bangkalan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019 “Reorentasi Profesionalisme Pendidik dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0” di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/334

Novitasari., Ariani, T., & Yolanda, Y. (2019). Efektivitas buku ajar berbasis higher order thinking skills(HOTS) pada materi elastisitas dan hukum hooke siswa kelas XI SMA Negeri Tugumulyo tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika 1(1). https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i1.320

Nurjayadi, M., & Kartika I. R. (2012). Upaya peningkatan aktivitas mahasiswa pada pembelajaran bilingual biokimia I dengan model pembelajaran cooperative learning tipe student team achievement division (STAD) di jurusan kimia FMIPA UNJ. Jurnal Riset Pendidikan Kimia 2(1). https://doi.org/10.21009/JRPK.021.03

Retnawati, H. (2015). Hambatan guru matematika sekolah menengah pertama dalam menerapkan kurikulum baru. Jurnal Ilmiah Pendidikan “Cakrawala Pendidikan”, XXXIV(3). https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/7694

Sudarsiman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Jurnal Florea 2(1) 29-35.http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF/article/view/403

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

United Nations Development Programme (UNDP).(2018). Human Development Indicator and Indices: 2018 Statistical Updates. https://hdr.undp.org/en/2018-update

Winarti, R., Masriani, & Sartika, R. (2019). Pengembangan modul biokimia II pada materi metabolisme karbohidrat untuk mahasiswa pendidikan kimia universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 8(1). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/31081

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Viani, H. O., & Kamaludin, A. (2020). Pengembangan Modul Kimia Bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Makromolekul . Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.14421/jtcre.2020.22-01

Issue

Section

Articles