Pengembangan Modul Kimia Olimpiade Sains Nasional (OSN) Materi Elektrokimia
DOI:
https://doi.org/10.37079/jtcre.2021.31-01Keywords:
Modul, Olimpiade Sains Nasional (OSN), ElektrokimiaAbstract
Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan program pembinaan olah pikir untuk meningkatkan berbagai kompetensi peserta didik, namun pembelajaran di kelas kurang mendukung kemampuan peserta didik untuk mengikuti OSN. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia olimpiade sains nasional (OSN) materi elektrokimia dan menganalisis kualitas modul berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, guru kimia SMA/MA dan respon peserta didik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap, yaitu define, design, development, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap ketiga atau development. Produk dinilai menggunakan instrumen penilaian kualitas skala Likert dan Gutmann. Produk yang dikembangkan dinilaikan kepada dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru kimia SMA/MA dan direspon oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, modul kimia OSN yang dikembangkan mendapatkan persentase keidealan 92% dengan kategori Sangat Baik (SB). Penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan 94,54% dengan kategori Sangat Baik (SB). Adapun hasil respon dari guru kimia mendapatkan persentase keidealan 87,62 dengan kategori Baik (B), dan berdasarkan respon peserta didik diperoleh persentase keidealan 91% dengan kategori Sangat Baik (SB).
Downloads
References
Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religious bagi mahasiswa prodi PBSI FKIP UNISSULA. Jurnal Kredo, 1(2), 71-90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Daryanto. (2013). Menyusun modul. Yogyakarta: Gava Media.
Fani, I. T., Fadiawati, N., & Tania, L. (2016). E-book interaktif pada materi elektrokimia berbasis fenomena kehidupan sehari-hari. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5(2). 334-346. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/download/15412/11253
Mardiyana, Riyadi, Sujatmiko, P., & Aryuna, D. R. (2016). Peningkatan kompetensi guru matematika SMP kota surakarta dalam pembinaan olimpiade matematika nasional. Makalah disajikan dalam Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, di FKIP UNS.
Rahayu, J., Solihatin, E., & Rusmono. (2019). Pengembangan modul pembelajaran online pada mata pelajaran kimia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(1), 13-28. https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP/article/view/71
Rosyid, A., Noor, M., & Sutisna, A. (2019). Peningkatan kemampuanIPA siswa melalui pembinaan olimpiade MIPA SD di gugus Ahmad Yani Kuningan. Jurnal Masyarakat Mandiri, 3(2), 172-180. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i2.1198
Sarkity, D., Elvi, M., Liana, M., & Fitriyah, D. (2020). Pembinaan olimpiade sains nasional bidang matematika topik statistika dan peluang pada siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugrah, 2(1), 27-36. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i1.1977
Sary, D. A., & Wahjudi, E. (2015). Pengembangan bahan ajar berupa modul berbasis scientific approach pada materi metode penilaian persediaan pada sistem perpetual untuk siswa kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidorejo, 3(2), 1-10. Jurnal Pendidikan Akuntansi. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/12867
Situmorang, M. (2013). Pengembangan buku ajar kimia SMA melalui inivasi pembelajaran dan integrasi pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 227-236.
Subhan. (2014). Pengembangan alat elektrolisis sebagai media pembelajaran pada materi elektrokimia SMA/MA kelas XII semester 1. Skripsi, tidak diterbitkan, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Prayoga, A. M., Dewi, C. A., & Ahmadi. (2014). Pengembangan bahan ajar reaksi redoks dan elektrokimia berbasis problem posing. Juernal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen”, 2(2), 187-191. https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i2.650
Purbonuswanto, W. (2017). Pengelolaan kelas olimpiade di SMA semesta semarang. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 102-108. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/diksar/article/view/9695
Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Wiyoko, T., Megawati, Aprizan, & Avana, N. (2019). Peningkatan kompetensi siswa melalui pembinaan olimpiade sains (OSN). Jurnal Warta Lembaga Pengabdian pada Masyarakat, 22(2), 67-75. https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8619