URBAN DESA PROSES TRANSISI DESA MENJADI KOTA (Studi Kasus Di Desa Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta)

fitri ana tsany
* Prodi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI: https://doi.org/10.14421/jsa.2017.112-03

Abstract


Penelitian ini  dilakukan di wilayah Yogyakarta khususnya di Desa Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Penulis mengambil lokasi tersebut dikarenakan daerah ini merupakan desa transisi dimana dahulunya merupakan daerah pertanian lahan produktif kini beralih fungsi menjadi perumahan-perumahan elite yang dihuni oleh orang kota dan merupakan bangunan yang berdiri diatas lahan pertanian. fokus yang penulis teliti adalah tentang (1) bagimana tren alih fungsi lahan pertanian menjadi nonpertanian ini dalam kurun waktu 1990-2015 di Desa Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta? (2) Bagaimana perubahan yang terjadi dengan para petani yang dahulunya bekerja di sektor pertanian? apakah para petani tersebut juga ikut beralih pekerjaan menjadi buruh di kota atau justru bertahan menjadi seorang petani untuk tetap mengeksiskan pertanian di Desa Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta tersebut?

Metodologi yang penulis gunakan adalah kualitatif dengan studi lapangan (field research). Penelitian dilakukan di Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah munculnya pengetahuan tentang tren alih fungsi lahan pertanian menjadi nonpertanian, adanya perubahan sosial ekonomi yang terjadi di kalangan petani dan diharapkan munculnya lapangan pekerjaan baru serta adanya pemanfaatan lahan pertanian yang bermanfaat untuk semua kalangan khususnya yang berada di Desa panggungharjo Sewon bantul Yogyakarta.

Kata Kunci : Alih fungsi lahan, Petani dan Urban Desa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sosiologi Agama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sosiologi Agama

ISSN: 1978-4457 

E-ISSN: 2548-477X

Creative Commons License

Jurnal Sosiologi Agama is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

 

 

 

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

Office:

1st Floor, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
Jalan Marsda Adisucipto Yogyakarta, 55281
Telpon/Fax: +62274 512156/+62274512156
E-mail: jurnalsosiologiagama@gmail.com
             jsi@uin-suka.ac.id