ANCAMAN DAILY HASSLES TERHADAP KINERJA AGEN PEMASARAN PRUDENTIAL SYARIAH DI AREA YOGYAKARTA

Authors

  • Ria Safitri Universitas Mercu Buana Jakarta
  • Bayu Mitra A. Kusuma Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2019.51-01

Abstract

Stres kerja adalah fenomena umum yang dirasakan oleh karyawan dalam suatu organisasi - termasuk di lembaga keuangan Islam - yang dapat memicu penurunan kinerja dimana salah satu penyebabnya adalah daily hassles. Jika kondisi tersebut terjadi terus menerus maka akan memiliki dampak yang lebih luas pada keseluruhan kinerja organisasi atau perusahaan. Fenomena tersebut harus disikapi dengan strategi yang tepat agar tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar. Penelitian ini menggunakan tipe kualitatif dan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penanganan tersebut memerlukan dukungan dari dua arah, baik dari perusahaan melalui serangkaian program maupun dari dalam diri karyawan untuk lebih mencintai profesi mereka. Sebagai salah satu perusahaan asuransi berbasis Islam terkemuka di Indonesia, Prudential Syari'ah di wilayah Yogyakarta telah melakukan beberapa strategi untuk meminimalkan tekanan kerja yang dirasakan oleh karyawannya, terutama kepada agen pemasaran. Strategi ini mencakup dua metode. Pertama, dengan mengadakan beberapa pelatihan sesuai kebutuhan masing-masing lembaga. Kedua, dengan menciptakan kondisi organisasi yang tidak memiliki jarak satu sama lain atau menumbuhkan rasa kekeluargaan dan motivasi yang tak ada habisnya dari para pemimpin kepada karyawan.

Kata Kunci: Daily Hassles, Kinerja, Agen Pemasaran, Prudential Syari’ah

Abstract viewed: 254 times | PDF downloaded = 269 times

References

Adie E. Yusuf, Pengembangan SDM, Banten: Universitas Terbuka, 2014.

Fred Luthans, Perilaku Organisasi, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005. Irham Fahmi, Manajemen: Teori, Kasus, dan Solusi, Bandung: Alfabeta, 2012.

John W. Creswell, Qualitative Inquiry and Research Design, New York: Sage Publications, 1998.

Lexi J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Lijan P. Sinambela, Kinerja Pegawai: Teori Pengukuran dan Implikasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Matthew B. Miles dan Michael A. Huberman, Qualitative Data Analysis: A Source Book of New Methods, London: Sage Publication, 1998.

Nasib Tua Lumban Gaol, “Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional”, Buletin Psikologi Vol. 24 No. 1, 2016.

Richard L Daft, Era Baru Manajemen, Jakarta: Salemba, 2010.

Shanaz Nadia Aulia Maharani, IGAA Noviekayati, dan Tatik Meiyuntariningsih, “Efektivitas Expressive Writing Therapy dalam Menurunkan Tingkat Stress pada Remaja Dengan Albino Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert”, Persona: Jurnal Psikologi Indonesia Vol. 6 No. 2, 2017.

Sondang P. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Syahdianto Jootje et al., Hubungan Antara Stres Kerja dengan Tingkat Kelelahan Kerja pada Pekerja Lapangan Bagian Produksi, Manado: Universitas Sam Ratulangi, 2012.

Walter Quade dan Ann Aikman, Stress, Jakarta: Erlangga, 1991.

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Safitri, R., & Kusuma, B. M. A. (2019). ANCAMAN DAILY HASSLES TERHADAP KINERJA AGEN PEMASARAN PRUDENTIAL SYARIAH DI AREA YOGYAKARTA. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.14421/jmd.2019.51-01

Issue

Section

Articles