MEMBANGUN SALES SYSTEM MANAGEMENT DI SEKTOR BISNIS KOMUNITAS MUSLIM MENGGUNAKAN MICROSOFT ACCESS: STUDI DI TOKO SINAR BULAN KOLAKA

Authors

  • Vivi Afriani Institut Agama Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • M. Askari Zakariah Institut Agama Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2019.51-07

Abstract

Manajemen sistem penjualan dalam masyarakat Muslim masih kerap menggunakan sistem tradisional, berdasarkan pada pena, buku atau bahkan hanya ingatan. Kini sistem komputerisasi telah merambah dalam dunia perekonomian khususnya di sektor bisnis. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat masyarakat termasuk kalangan pebisnis Muslim dapat bekerja lebih mudah. Hal tersebut karena dalam suatu transaksi, arsip memegang peranan yang sangat penting. Menggunakan Microsoft Acess akan memudahkan alur proses tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa akses Microsoft Acess telah dapat digunakan dengan baik pada manajemen sistem penjualan di Toko Sinar Bulan Kolaka. Namun, tahap penyebaran teknologi ini ke toko penjualan atau pemilik lain di masyarakat Muslim di pedesaan masih membutuhkan didikan lebih.

Kata Kunci: Manajemen Sistem Penjualan, Microsoft Access, Toko Sinar Bulan

Abstract viewed: 251 times | PDF downloaded = 817 times

References

Abdulsyani. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta : Bumi Aksara, 1994.

Amar Ahmad, Dinamika komunikasi Islami di Media Online. Jurnal IlmuKomunikai. Vol. 11, 57, 2013. https://media.neliti.com/media/ publications/103388-ID-dinamika-komunikasi-islami-di-mediaonli.pdf

Djamaludin Ancok dkk, Pers dan Penyebaran Pesan-Pesan Agama. Bandung: Puspidai Press. 1995.

Fahul wahid. E-Dakwah, Dakwah Melalui Internet. Yogyakarta : Gava Media. 2004.

https://tirto.id/kompetisi-di-antara-berbagai-situsweb-islam-cEHi diakses pada tanggal 10 Februari 2020 Pukul 21.05 WIB KBBI offline diakses pada tanggal 7 Februari 2020

Masduqi Affandi, Ontologi Dasar-Dasar Filosofi Dakwah. Surabaya: Diantama. 2007.

M. Munir. Metode Dakwah. Jakarta: Pranedamedia Group. 2015.

Muhammad Rajab, Dakwah dan Tantangannya dalam Media Teknologi Komunikasi, Jurnal Dakwah Tablig, Vol 15, 84, 2014. http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/tabligh/article/view/339

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif dan R&D, 2008.

Zainuddin Sardar. Tantangan Dunia Islam Menjangkau Informasi Abad 21. Bandung: Mizan. 1993.

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Afriani, V., & Zakariah, M. A. (2019). MEMBANGUN SALES SYSTEM MANAGEMENT DI SEKTOR BISNIS KOMUNITAS MUSLIM MENGGUNAKAN MICROSOFT ACCESS: STUDI DI TOKO SINAR BULAN KOLAKA. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 5(1), 99–110. https://doi.org/10.14421/jmd.2019.51-07

Issue

Section

Articles