PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, CITRA LEMBAGA DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MUZAKKI UNTUK MENYALURKAN ZAKAT PROFESI

Authors

  • Hanifah Nur'aini UIN Sunan Kalijaga
  • M. Rasyid Ridla UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2015.%25x

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris baik simultan
maupun parsial pengaruh kualitas pelayanan, citra lembaga, dan religiuisitas terhadap
minat Muzakki untuk menyalurkan zakat profesi pada PKPU Cabang Yogyakarta.
Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam
pengambilan sampel yaitu Non Probability sampling dengan teknik sampling Purposive.
Untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS Versi 17.0 for
windows menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,747 artinya 74,7%
minat Muzakki untuk menyalurkan zakat profesi di PKPU Cabang Yogyakarta
dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan, citra lembaga, dan religiusitas sedangkan
sisanya sebesar 25,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam
model ini seperti faktor biologis, faktor psikologis, dan faktor sosio kultural. Hasil
uji simultan (Uji F) menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya kualitas
pelayanan, citra lembaga, dan religiusitas berpengaruh signifikan secara simultan
terhadap minat Muzakki untuk menyalurkan zakat profesi pada PKPU Cabang
Yogyakara. Hasil uji parsial (Uji T) menunjukkan bahwa nilai signifikansi kualitas
pelayanan (0,668 > 0,05) dan citra lembaga (0,519 > 0,05) artinya kualitas
pelayanan dan citra lembaga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat
Muzakki untuk menyalurkan zakat profesi pada PKPU Cabang Yogyakarta.
Sedangkan nilai signifikansi religiusitas (0,000 < 0,05) artinya religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap minat Muzakki untuk menyalurkan zakat
profesi pada PKPU Cabang Yogyakarta.

Abstract viewed: 1166 times | PDF downloaded = 6661 times

Downloads

Published

2015-12-31

How to Cite

Nur’aini, H., & Ridla, M. R. (2015). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, CITRA LEMBAGA DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MUZAKKI UNTUK MENYALURKAN ZAKAT PROFESI. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 1(2). https://doi.org/10.14421/jmd.2015.%x

Issue

Section

Articles