Kontroversi Tiruan Slogan Donald Trump dalam Pidato Pipres Prabowo: Analisis Framing dalam Tiga Media Online

Erna Kurniawati
* UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI: https://doi.org/10.14421/kjc.12.01.2019

Abstract


This study has a problem how three online media, Detik.com, Tribunnews.com and Tempo.co, in framing the reporting of the slogan “Indonesia First, Make Indonesia Great Again” delivered by Prabowo Subianto in his speech on Thursday, October 11, 2018 which considered imitating the President of the United States, Donald Trump. The three online media were selected on the basis of consideration of news sites that were quite intense and enthusiastic in reporting the slogan in the two-week period after the event (11-25 October 2018). The method in this study uses framing analysis proposed by Robert N. Entman. The data were analyzed in four stages, that is define problems, diagnose causes, make moral judgement, and treatment recommendation. The results of this study indicate that Detik.com provides news from both pros and cons; Tribunnews.com places more emphasis on using more refined language, and Tempo.co puts forward the use of wise and contemporary languages.

Studi ini memiliki belakang masalah bagaimana tiga media online, Detik.com, Tribunnews.com dan Tempo.co, dalam membingkai pemberitaan slogan “Indonesia First, Make Indonesia Great Again” yang disampaikan oleh Prabowo Subianto dalam pidatonya pada Kamis 11 Oktober 2018 yang dinilai meniru Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Ketiga media online tersebut dipilih atas dasar pertimbangan situs-situs berita yang cukup intens dan antusias dalam memberitakan slogan tersebut pada periode waktu dua minggu pasca kejadian (11-25 Oktober 2018). Metode pada penelitian ini menggunakan analisis framing yang dikemukakan oleh Robert N. Entman. Data dianalisis dalam empat tahap, yakni pendefinisian masalah, memperkirakan sumber masalah, membuat keputusan moral, dan menekankan penyelesaian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Detik.com menyajikan berita dengan sumber baik dari yang pro maupun kontra; Tribunnews.com lebih menekankan pada penggunaan bahasa yang lebih diperhalus, dan Tempo.co lebih mengedepankan penggunaan bahasa-bahasa yang bijak dan kekinian.


Keywords


Online Media Framing Analysis, 2019 Presidential Election, Prabowo Subianto, Donald Trump’s Slogan

Full Text:

PDF

References


Adiwibowo, B. S. (2017). Analisis Framing Berita Kelompok / Partai Pendukung Dua Pasang Capres-Cawapres Pada Pilpres 2014 dalam Surat Kabar Media Indonesia Dan Surat Kabar Sindo. Jurnal Komunikologi, 14(2), 123–129.

Amalo, G. F. P. (2015). Prabowo Subianto dan Soekarnoisme. Interaksi, 04(2), 165–174.

Anggoro, A. D. (2014). Media, Politik, dan Kekuasaan (Analisis Framing Model Robert N. Entman tentang pemberitaan hasil pemilihan Presiden,9 Juli 2014 di TV One dan Metro TV). Jurnal Aristo, 2(2), 25–52.

Atmadja, X. L. (2014). Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Sosok Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Di Media Online. Jurnal E-Komunikasi, 2(1), 1–11.

Bungin, B. (2008). Konstruksi Sosial Media. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Deddy, M. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Entman, R. (2004). Projections of Power: Framing News, Public Opinion and US Foreign Policy. Chicago: University of Chicago Press.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS.

Fitri, A. (2015). Dramaturgi: Pencitraan Prabowo Subianto Di Media Sosial Twitter Menjelang Pemilihan Presiden 2014. INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 101-108–108. https://doi.org/10.14710/interaksi.4.1.101-108

Flora, E. (2014). Analisis Framing Berita Calon Presiden RI 2014 - 2015 Pada Surat Kabar Kaltim Pos Dan Tribun Kaltim. EJournal Ilmu Komunikasi, 2(3), 347–356.

Hasyim, N. M. (2017). Konstruksi Citra Maskulinitas Calon Presiden (Studi Analisis Framing model Gamson dan Modigliani pada Pemberitaan Koran harian Kompas dan Jawa Pos Edisi Juni 2014). Profetik: Jurnal Komunikasi, 9(1). https://doi.org/10.14421/pjk.v9i1.1189

Herdono, I. (2014). Terpaan Iklan Aburizal Bakrie Versi Dukungan Untuk Prabowo DI TV One Terhadap Sikap Korban Lumpur Lapindo. 2(1), 37–44.

Herpamudji, D. H. (2015). Strategi Kampanye Politik Prabowo-Hattadan Perang Pencitraan Di Media Massa Dalam Pemilu Presiden 2014. POLITIKA : Jurnal Ilmu Politik, 6(1), 13-24–24. https://doi.org/10.14710/politika.6.1.2015.13-24

Julio, C., Widodo, H., & Diahloka, C. (2012). Analisis Semiotika Iklan Prabowo Subianto Pada Partai Gerindra Dalam Pemelihan Legislatif 2009. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 1(2), 42362.

Marten, R., & Fadiyah, D. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Terkait Isu Sara Dalam Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017 Dalam Media Online Kompas. com. 5(2), 74–90.

Mayasari, S. (2017). Konstruksi Media Terhadap Berita Kasus Penistaan Agama Oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok): Analisis Framing Pada Surat Kabar Kompas dan Republik. Komunikasi, Volume VII(2), 17.

Nugroho Bimo, Eriyanto, S. F. (1999). Politik Media Mengemas Berita (Habibie dalam Pemberitaan Kompas dan Republika). Jakarta: Institut Studi Arus Informasi.

Nurfaidan, G. (2015). Oligarki Media dan Politik: Analisis Strategi Pertahanan Kekayaan (Wealth Defense) MNC Group Pascareformasi. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie.

Pradipta, A. L., Nur Hidayah, N. W., Annisa Haya, A. N., Ervani, C., & Kristanto, D. (2018). Analisis Bingkai Pemberitaan Aksi Bela Islam 2 Desember 2016 (Aksi 212) Di Media Massa BBC (Indonesia) & Republika. Informasi, 48(1), 109. https://doi.org/10.21831/informasi.v48i1.20203

Prakoso, H. A. (2016). Personal Branding Prabowo Subianto ( Analisis Isi Kuantitatif Personal Branding Prabowo Subianto. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, VII(1), 18–24.

Rustandi, D. (2015). Komunikasi Kepemimpinan Prabowo Subianto pada Fanpage Facebook. Jurnal Penelitian Komunikasi, 18(1), 29–42. https://doi.org/10.20422/jpk.v18i1.18

Suryono, M. (2014). Konstruksi Pemberitaan Calon Presiden Prabowo Subianto dan Aburizal Bakrie Jelang Pemilu Presiden 2014 di Media Online. Avant Garde, 2(2).

Sutejo, T. I. L., & Rusdi, F. (2019). Analisis Framing Media Online Tentang Pemberitaan Pidato Prabowo “Tampang Boyolali.” Koneksi, 2(2), 605. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3943


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erna Kurniawati