Resepsi Audiens Pada Personal Branding Habib Husein Ja’far di YouTube Channel “Jeda Nulis”

Authors

  • Atin Nurul Hidayah UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto
  • Ageng Widodo UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.14421/kjc.32.05.2021

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah melahirkan berbagai media untuk pertukaran dan penyebaran informasi. Salah satunya yaitu media sosial Youtube yang berfungsi sebagai media informasi dan hiburan. Selain itu, media sosial juga menjadi trend sebagai sarana dakwah di era digital. Salah satu pendakwah yang familiar di Indonesia adalah  Habib Husein Ja’far Al Hadar. Beliau menggunakan Youtube sebagai sarana untuk menyebarkan nilai-nilai agama dan toleransi. Melalui Youtube-nya Habib Husein memiliki personal branding yang membedakannya dengan pendakwah lain yaitu kepribadian, konsisten dan sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemaknaan audiens pada personal branding Habib Husein Ja’far di Youtube Channel “Jeda Nulis”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Terdapat empat informan dalam penelitian ini setelah melalui berbagai kriteria. Dalam melakukan analisis personal branding Habib Husein peneliti menggunakan teori analisis resepsi Stuart Hall dimana dalam memaknai pesan media khalayak dibagi menjadi tiga posisi yaitu dominant hegemonic, negotiated, dan oppositional. Peneliti merujuk pada delapan konsep personal branding yang dicetuskan oleh Peter Montoya yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, kenampakkan, kesatuan, keteguhan dan nama baik.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa audiens secara garis besar menerima personal branding Habib Husein, terdapat tiga informan yang konsisten menempati posisi dominant hegemonic dan satu informan lainnya menempati posisi negotiated, tidak ditemukan satupun informan yang melakukan penolakan sehingga tidak ada yang menempati posisi oppositional.

 

Kata kunci: Personal Branding, Analisis Resepsi, Youtube.

 

Abstract viewed: 818 times | PDF downloaded = 823 times

References

Al Hadar, Husein Ja’far. (2020). Tuhan Ada di Hatimu.

Ariyana, Rena Yanwastika., P Haryani., E Fatkhiyah (2021). Pemanfaatan Marketplace Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM Pada Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bantul. Jurnal Dharma Bakti, 4(1).https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+pemanfaatan+marketplace+media+sosial&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3D4EuK7e2sNR4J

Chandra, Edy. (2017). Youtube. Citra Media Informasi Interaktif atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi, Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni.1(2),406-417J. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+youtube+citra+media&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3D5FAA0ML7AzAJ

David, Erika Ruthellia, Mariam Sondakh, Stefi Harilama. (2017). Pengaruh Vlog dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. e-journal “Acta Diurna”, 6 (1), 1-17 Sulawesi Utara: Universitas Sam Ratulagi2017.https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+pengaruh+vlog+dalam+youtube+terhadap+pembentukan+sikap+mahasiswa+ilmu+komunikasi&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DwiXmF0U2AIoJ

Hadi,Ido Prijana. (2009). Penelitian Khalayak Dalam Perspektif Reception Analysis, Jurnal Ilmiah SCRIPTURA, 3(1). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+penelitian+khalayak+dalam+perspektif+reception+analysis&btnG=

Hall, Stuart. (1980). Encoding/Decoding, Culture, Media, Language. London: Hutchhinson,

Masfufah, A’yun. (2019). Dakwah Digital Habib Husei Ja’far Al Hadar. Jurnal Dakwah,20(2),252-260. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+dakwah+digital+habib+husein&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DazWwdo9UOF8J

Montoya, Peter. (2002). The Personal Branding Phenomenon. America: United States.

Murod, Abdul Choliq. (2011). Nasionalisme “Dalam Perspektif Islam”. Jurnal Sejarah CITRA LEKHA, 15 (2), 45-58 https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&q=jurnal+nasionalisme+dalam+perspektif+islam#d=gs_qabs&u=%23p%3DeGc1k0UPYksJ

Prihandini, Miranda Ainin. (2021). Resepsi Audiens Atas Kekerasan Seksual Terhadap Pemberitaan Korban Pelecehan Seksual Baiq Nuril. Jurnal Audiens,2(1). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+resepsi+audiens+atas+kekerasan&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DXHfndnfcVbYJ

Stokes, Jane. (2006). “How To Do Media and Cultural Studies: Panduan untuk melaksanakan Penelitian dalam Kajian Media dan Budaya”. Yogyakarta: Bentang Pustaka .

Downloads

Published

2021-12-28

Issue

Section

Article