Resepsi Audiens Pada Personal Branding Habib Husein Ja’far di YouTube Channel “Jeda Nulis”
DOI:
https://doi.org/10.14421/kjc.32.05.2021Abstract
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah melahirkan berbagai media untuk pertukaran dan penyebaran informasi. Salah satunya yaitu media sosial Youtube yang berfungsi sebagai media informasi dan hiburan. Selain itu, media sosial juga menjadi trend sebagai sarana dakwah di era digital. Salah satu pendakwah yang familiar di Indonesia adalah Habib Husein Ja’far Al Hadar. Beliau menggunakan Youtube sebagai sarana untuk menyebarkan nilai-nilai agama dan toleransi. Melalui Youtube-nya Habib Husein memiliki personal branding yang membedakannya dengan pendakwah lain yaitu kepribadian, konsisten dan sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemaknaan audiens pada personal branding Habib Husein Ja’far di Youtube Channel “Jeda Nulis”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Terdapat empat informan dalam penelitian ini setelah melalui berbagai kriteria. Dalam melakukan analisis personal branding Habib Husein peneliti menggunakan teori analisis resepsi Stuart Hall dimana dalam memaknai pesan media khalayak dibagi menjadi tiga posisi yaitu dominant hegemonic, negotiated, dan oppositional. Peneliti merujuk pada delapan konsep personal branding yang dicetuskan oleh Peter Montoya yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, kenampakkan, kesatuan, keteguhan dan nama baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa audiens secara garis besar menerima personal branding Habib Husein, terdapat tiga informan yang konsisten menempati posisi dominant hegemonic dan satu informan lainnya menempati posisi negotiated, tidak ditemukan satupun informan yang melakukan penolakan sehingga tidak ada yang menempati posisi oppositional.
Kata kunci: Personal Branding, Analisis Resepsi, Youtube.


References
Al Hadar, Husein Ja’far. (2020). Tuhan Ada di Hatimu.
Ariyana, Rena Yanwastika., P Haryani., E Fatkhiyah (2021). Pemanfaatan Marketplace Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM Pada Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bantul. Jurnal Dharma Bakti, 4(1).https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+pemanfaatan+marketplace+media+sosial&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3D4EuK7e2sNR4J
Chandra, Edy. (2017). Youtube. Citra Media Informasi Interaktif atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi, Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni.1(2),406-417J. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+youtube+citra+media&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3D5FAA0ML7AzAJ
David, Erika Ruthellia, Mariam Sondakh, Stefi Harilama. (2017). Pengaruh Vlog dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. e-journal “Acta Diurna”, 6 (1), 1-17 Sulawesi Utara: Universitas Sam Ratulagi2017.https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+pengaruh+vlog+dalam+youtube+terhadap+pembentukan+sikap+mahasiswa+ilmu+komunikasi&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DwiXmF0U2AIoJ
Hadi,Ido Prijana. (2009). Penelitian Khalayak Dalam Perspektif Reception Analysis, Jurnal Ilmiah SCRIPTURA, 3(1). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+penelitian+khalayak+dalam+perspektif+reception+analysis&btnG=
Hall, Stuart. (1980). Encoding/Decoding, Culture, Media, Language. London: Hutchhinson,
Masfufah, A’yun. (2019). Dakwah Digital Habib Husei Ja’far Al Hadar. Jurnal Dakwah,20(2),252-260. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+dakwah+digital+habib+husein&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DazWwdo9UOF8J
Montoya, Peter. (2002). The Personal Branding Phenomenon. America: United States.
Murod, Abdul Choliq. (2011). Nasionalisme “Dalam Perspektif Islam”. Jurnal Sejarah CITRA LEKHA, 15 (2), 45-58 https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&q=jurnal+nasionalisme+dalam+perspektif+islam#d=gs_qabs&u=%23p%3DeGc1k0UPYksJ
Prihandini, Miranda Ainin. (2021). Resepsi Audiens Atas Kekerasan Seksual Terhadap Pemberitaan Korban Pelecehan Seksual Baiq Nuril. Jurnal Audiens,2(1). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+resepsi+audiens+atas+kekerasan&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DXHfndnfcVbYJ
Stokes, Jane. (2006). “How To Do Media and Cultural Studies: Panduan untuk melaksanakan Penelitian dalam Kajian Media dan Budaya”. Yogyakarta: Bentang Pustaka .
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Atin Nurul Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share and adapt the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).