Konstruksi Berita Pemilihan Bakal Calon Presiden 2024
DOI:
https://doi.org/10.14421/kjc.31-04.2021Keywords:
Konstruksi, Media Massa, PemilkudaAbstract
Pemilihan bakal calon presiden Republik Indonesia menjadi bahan pembahasan yang menarik dibeberapa media di Indonesia meski akan dilaksanakan pada tahun 2024. Bagi media pemberritaan hal ini menjadi hal yang sangat bagus untuk digali informasinya, namun tidak semua media itu secara murni memberitakan secara benar, terdapat kepentingan-kepentingan didalamnya, penelitian ini mencoba menggali akan hal itu melalui prespektif ekonomi politik media. Hasil dari penelitian ini menghasilkan bahwasannya media memiliki kekuatan yang sangat besar untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan pihak-pihak tertentu, salah satunya adalah pihak kapitalisme.


References
Agus Sudibyo, Ekonomi Politik Media Penyiaran, (Yogyakarta: LKIS, 2004)
Alex, Sobur. Analisa Teks Media: Suatu Pengatar untuk Analisis Wacana Semiotik dan Framing, (Bandung:Remaja Rosadakarya.2001),
Bungin,Burhan, Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. (Kencana:Jakarta.2006)
David Holmes, Communication Theory: Media, Technology, and Society. London:SAGE.2005.
Eriyanto,Analisis Framing, (Jogkarta:LkiS:2012)
Graeme Burton, Pengantar untuk Memahami Media dan Budaya Populer. (Yogyakarta: Jalasutra, 2008).
Marsel Danesi, Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi, (Yogyakarta: Jalasutra, 2010).
McQuail Dennis, Mass Communication Theory, 4 th Edition, diterjemahkan oleh Agus Dharma dan Aminuddin Ram (Jakarta: Salemba Humanika,2002)
Moch Choirul Arif, Dasar-Dasar Kajian Media dan Budaya, (Surabaya: UIN Sunan Ampel Press, 2014)
Mosco Vincent, 2009. The Policial Economy of Communication, hlm. 24. London: Sage Publication.
Peter Golding dan Graham Murdock eds, The Political Economy of The Media. Volume 1 (Edward Edgar Publishing Limited, 1997),
Srinati, Dominic. 2009. Popular culture: Pengantar Menuju Teori Budaya Populer, (Sleman: Ar-Ruzz Media)
Stanley j. Baran, Dennis K. Davis. 2009. Mass Communication Theory: Foundations, Ferment, and Future, hlm. 22Boston: Wadsworth Cangange Learning.
Sutrisno, Mudji dan Putranto, Hendar (ed), Teori-Teori Kebudayaa, (Jakarta: Kanisius, 2005),
Syaiful Halim, Postkomodifikasi Media (Yogyakarta: Jalasutra, 2013),
Jurnal
Afdal Makkuraga, Ekonomi Politik Kebebasan Pers di Indonesia Pasca Reformasi: Kritik atas Praktek Neoliberalisme Pada Industri Media. Jurnal Visi/Volume XII, No.01, Mei 2013
Agus Triyono, Produksi Teks Dalam Prespektif Ekonomi Politik Media, KomuniTi, Vol.IV No.1 Januari 2012
Dedi Fahrudin, Konglomerasi Media: Studi Ekonomi Politik Terhadap Media Group, Jurnal Visi Komunikasi/Volume XII, No.01,Mei 2013
Eko Nugroho, Nomadisme dan SkizofrenniPolitik (Postmedern) SBY. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Vol.15.No2 (Juli-Desember 2011)
Idham Holik, Komunikasi Politik dan Demokratisasi di Indonesia:dari Konsolidasi Menuju Pematangan. Jurnal Madani Edisi II/November 2005
Reza Aprianti, Ekonomi Politik Media Komodifikasi Pekerja dalam Industri Media Hiburan Indonesia, Wardah:No. XXVI/Th.XIV/Juni 2013
Roni Tabroni, Etika Komunikasi Politik dalam Ruang Media Massa, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 10, Nomer 2, Agustus 2012,
Ruddy Agusyanto, Dukungan Politik dan Jaringan Komunikasi Sosial, Kasus Pemilihan Kepala Daerah Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Journal Communication Spectrum, Vol 1 No. 1 Februari-Juli 2011
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share and adapt the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).