REPRESENTASI PAKAIAN MUSLIMAH DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Iklan Kosmetik Wardah di Tabloid Nova)

Authors

  • Murti Candra Dewi Alumni Prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Since the beginning, Wardah branding their products with the halal label. Therefore, Wardah built Islamic imagine in their ads, one of way to hold the brand ambassadors dressed hijab or moslem dress. How to dress is a form of communication. Through dress, a person can convey a message to someone else. The message is used for imaging of the products Wardah. Based on this, the author are interested to examining how the representation of moslem dress in Wardah cosmetics ad.

This research used a semiotic analysis of Charles Sanders Peirce to translate the meaning of the symbols in Wardah cosmetics ad. According to Peirce, semiotics set of three main elements is called triangle meaning theory (sign, object, and interpretant). The signs in the picture can be classified into icon, index, and symbol. The method used is qualitative. Qualitative research aims to explain the phenomenon with deep, through deep data collection. The results can be drawn from this research is moslem dress in Wardah Cosmetics ad represented through the use of clothing that cover the nakedness but still stylish and fashionable, so it reinforces the image of modern Islamic which was built by Wardah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik,dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra. Dholi, Syekh Khalid Bin Ibrahim Bin Ali Adh. 1994. Cermin Harian Muslimah. Surabaya: Risalah Gusti.

Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fiske, John. 2007.Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Hadi, Feryanto. 2008. Cantik Tanpa Lipstik Seperti Siti Khadijah. Yogyakarta: Pustaka Marwa.

Jurnal Komunikasi PROFETIK

Halwani, Aba Firdaus Al. 1998. Pesan buat Ukhti Muslimah: Selamatkan Dirimu dari Tabarruj. Yogyakarta: Mitra

Pustaka. Hendy. 2009. Belajar Membuat Iklan Sukses dengan Contoh Sketsa Ide dan Iklan. Yogyakarta: Graha ilmu.

Hoed, Benny H. 2011. Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Jakarta: Komunitas Bambu.

Jamal, Ibrahim Muhammad Al. 1986. Fiqih Muslimah. Pustaka Amani: Jakarta.

Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Karim, Ayu Isni. 2008. The Power of Mix and Match: Cape Titik Gaya Busana Muslim. Jakarta: Gramedia.

Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Khan, Wahiduddin. 1995. Agar Perempuan Tetap Jadi Perempuan: Cara Islam Membebaskan Wanita. Jakarta : Serambi Ilmu Semesta.

Kriyantono, Rachmat. 2006.Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Liliweri, Alo. 1992. Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Littlejohn, Stephen W., Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba.

Martinet, Jeanne. 2010. Semiologi: Kajian Teori Tanda Saussuran antara Semiologi

Komunikasi dan Semiologi Signifikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Yogyakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munawwir, Ahmad Warson. 1997. Al- Munawwir Kamus Arab Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.

Nawawi, H. Hadari. 1995. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Noviani, Ratna. 2002. Jalan Tengah Memahami Iklan: Antara Realitas, Representasi, dan Simulasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nugroho, Eko. 2008. Pengenalan Teori Warana. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Piliang, Yasraf Amir. 2010. Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Qashir, Fada Abdur Razak Al. 2004. Wanita Muslimah : Antara Syariat Islam dan Budaya Barat. Yogyakarta : Darussalam.

Rahmat, Jalaluddin. 1985. Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sihabudin, H. Ahmad. 2011. Komunikasi Antarbudaya: Satu Perspektif Multidimensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulaksana, Uyung. 2007. Integrated Marketing Communications: Teks dan Kasus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Vol. 06, No. 2, Oktober 2013

Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Thawilah, Syaikh Abdul Wahhab Abdus Salam. 2007. Panduan Berbusana Islami: Berpenampilan Sesuai Tuntunan Al Qur’an dan As Sunnah. Jakarta: Almahira.

Tubbs, Stewart L., Sylvia Moss. 2008. Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

UIN Sunan Kalijaga. 2006. Kerangka Dasar Keilmuan dan Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Utari, Prahastiwi. 2011. Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: ASPIKOM.

Walid, Muhammad., Fitratul Uyun. 2012. Etika Berpakaian bagi Perempuan. Malang: UIN Malang Press.

TABLOID:

Tabloid Nova, 1262/XXV edisi 30 April- 6 Mei 2012.

INTERNET:

http://bimasislam.kemenag.go.id

http://ceritamu.com

http://dianrainbow.blogspot.com

http://female.kompas.com.

http://id.she.yahoo.com/

http://socialworkcouture.blogspot.com/2011/10/ponchos-capes.html

http://swingcoat.org

http://wolipop.detik.com

http://www.apainfoterkini.com

http://www.gramediapustakautama.com

http://www.infoartis.com

http://www.pti-cosmetics.com

http://www.travlang.com

www.anneahira.com

www.detik.com

www.halalmui.com

www.kompas.com. Fazriyati, Wardah. “Hijabers Community, Bersyiar Melalui Fashion Taat Kaidah”. 11 Agustus 2011.

www.kompas.com/female. Felicia, Nadia. “Mengapa Mawar?”. 26 Juli 2010.

www.modelmuslim.com. “Baju Model Muslim Masa Kini”.

www.okezone.com. Ramadian, Gita. “Gaya Inneke Lebih Disukai Ibu-Ibu Muda”. 4 Maret 2013.

www.okezone.com. Ramadian, Gita. “Karakter Kuat, Inneke Selalu Tampil Elegan”. 4 Maret 2013.

www.okezone.com. Ramadian, Gita. “Dian Pelangi Sering Jadi ‘Manekin’ Berjalan”. 17 Januari 2013.

www.okezone.com/lifestyle. “Inneke Ingin Dian Pelangi Majukan Busana Muslim Indonesia”. 10 November 2012

www.singacollection.com. “Awal Mula Adanya Tas di Dunia”. 12 April 2012

www.tabloidnova.com (akses: 13 Mei 2013/12.57 wib)

www.Wardahbeauty.com

Downloads

Published

2013-10-01

Issue

Section

Articles