COMMUNITY RELATIONS UPT TAMAN BALEKAMBANG SURAKARTA DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN KEMITRAAN MASYARAKAT

Authors

  • Rhesa Zuhriya Pratiwi IAIN Surakarta
  • Yeni Puji Astuti IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/pjk.v12i2.1606

Keywords:

community relations, program kemitraan, taman balekambang

Abstract

Setiap korporasi pada dasarnya memiliki tanggung jawab sosial yang wajib dilakukan, salah satunya melalui program kemitraan dan pemberdayaan yang ditujukan bagi masyarakat. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan bagaimana tanggung jawab UPT Kawasan Wisata Dinas Pariwisata Taman Balekambang Surakarta dalam Program Pengembangan Kemitraan Masyarakat melalui community relation. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Selanjutnya, pemilihan informan dilakukan secara purposif dan berdasarkan pertimbangan atas ketercukupan data yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan community relations diimplementasikan melalui kerjasama dan koordinasi dari pengelola Taman Balekambang sebagai publik internal, dengan pihak sanggar dan sejumlah komunitas seni sebagai publik eksternalnya. Program ini dapat dilihat melalui beragam kegiatan kesenian yang diselenggarakan, antara lain seperti: pementasan ketoprak, sendratari, pasar seni, dan event lainnya. Namun demikian, program community relations secara khusus bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kemitraan pariwisata sehingga mampu menjadi bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap publiknya. Mengenai implementasi community relations, program ini dilakukan melalui tiga tahap, yakni: 1) pra-program yang meliputi perencanaan serta analisis permasalahan program; 2) implementasi pelaksanaan yang berupa penyelenggarakaan program kegiatan; serta 3) pasca program yang diarahkan pada proses evaluasi program dan pelaksanaannya guna menentukan rekomendasi baru atas program kegiatan yang telah serta akan dijalankan selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adagala, N., & Michael, B. (2017). Effective Communication Taking Place Among the Internal Publics in POSSS: The Case of Naira County, Kenya. Journal of Communication, 1(1), 1–21.

Ardianto, E., & Machfudz, D. (2011). Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Arifin, A. P. R. (2017). Pendekatan Community Based Tourism Dalam Membina Hubungan Komunitas Di Kawasan Kota Tua Jakarta. Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 111–130. Retrieved from http://publikasi.mercubuana.ac.id/

BUMN, K. (2003). Keputusan Menteri BUMN Nomor: Kep-236/MBU/2003 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan (PKBL). Jakarta. Retrieved from http://jdih.bumn.go.id/lihat/KEP-236/MBU/2003

Click, E. R., Hammock, J. M., Omabegho, B., & Smith, A. K. (2019). Developing Community Relationships to Enhance Well‐being in a Worksite Wellness Program. Public Health Nurs., (Special Features-Clinical Concepts), 1–7. https://doi.org/DOI: 10.1111/phn.12605

Darwis, & Junaid, I. (2016). Kemitraan Sebagai Strategi Pengembangan Pariwisata Dan Industri Hospitaliti. Jurnal Kepariwisataan, 10(1), 1–13. Retrieved from https://jurnal.poltekpar_makassar.ac.id

Dilenschneider, R. L. (2010). The Ama Handbook of Public Relations. Amacom.

Effendy, O. U. (1993). Human Relations dan Public Relations. Bandung: Bandar Maju.

Ferguson, M. A. (2018). Building Theory in Public Relations: Interorganizational Relationships as A Public Relations Paradigm. Journal of Public Relations Research, 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/1062726X.2018.1514810

Herdiansyah, H. (2015). Observasi, dan Focus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hidayat, E. A., & Supriyono, H. (2019). Perancangan Sistem Informasi Berbasis QR Code Untuk Menampilkan Data Koleksi di Taman Balekambang Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Iriantara, Y. (2004). Community Relations: Aplikasi dan Konsepnya (1st ed.). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kartini, D. (2009). Corporate Social Responsibility Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi Dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Kuncoro, S. (2017). Optimalisasi Pertunjukan Sendratari Ramayana Sebagai Daya Tarik Wisata Taman Balekambang Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Laksamana, A. (2018). Public Relations In The Age of Disruption. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Lattimore, D, et al. (2010). Public Relations: Profesi dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika.

Mayawati, I. F. (2018). Kinerja Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kawasan Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta dalam Pengembangan dan Pengelolaan Taman Balekambang. Universitas Sebelas Maret.

Michnik, J. (2015). Structural Analysis of Problems in Public Relations. Multiple Criteria Decision Making, 10, 105–123.

Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nguru, M. N. (2018). Public Relations and Employee Performance in Nigerian Institution of Higher Learning. INFORMASI: Kajian Ilmu Komunikasi, 48(2), 267–279. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/informasi.v48i2.21972

Nova, F. (2014). PR War: Pertarungan Mengalahkan Krisis, Menaklukan Media dan Memenangi Simpati Publik. (T. T. Indijaningsih & A. Noverina, Eds.). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ofuani, A. B., Sulaimon, A.-H. A., & Adebisi, S. A. (2018). Corporate Governance Practices: A Comparative Study of Selected Public Corporations in Nigeria. Academic Journal of Economic Studies, 4(1), 192–202.

Olah Data Primer, 2018. (2018). Surakarta.

Paul, O. (2016). Employee Relations Strategy: Implication for Performance in Lagos, 3(3), 53–63. https://doi.org/https://doi.org/10.18394/ iid.28545

Pratomo, A. (2017). Kualitas Taman Kota Sebagai Ruang Publik di Kota Surakarta Berdasarkan Persepsi dan Preferensi Pengguna. Universitas Sebelas Maret.

RI, D. P. R. (DPR) dan P. (2009). Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Jakarta.

Ruslan, R. (2004). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sani, I. (2017). Sendratari Ramayana dalam Melestarikan Kebudayaan Tradisional (Studi Kasus di Balekambang Kota Surakarta). Universitas Sebelas Maret.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2005). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surakarta, U. K. W. T. W. B. (2018). Dokumen Sekunder Visi dan Misi UPT Kawasan Wisata Dinas Pariwisata Taman Balekambang Surakarta. Surakarta: Pemerintah Kota Surakarta.

Surakarta, W. (2018). Peraturan Walikota Surakarta Nomor 3 Tahun 2018, BAB VI mengenai UPT pada Dinas Pariwisata. Surakarta: Pemerintah Kota Surakarta.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Susilo, A. (2013). Pembentukan Citra Taman Balekambang Surakarta sebagai Taman Seni dan Budaya (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Pembentukan Citra Taman Balekambang Surakarta Sebagai Taman Seni dan Budaya Melalui UPTD Balekambang). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susilowati, E., & Pratiwi, R. Z. B. (2018). Kepuasan Mahasiswa KPI IAIN Surakarta dalam Pemilihan Konsentrasi Jurusan. Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 259–292. https://doi.org/10.22515/balagh.v3i2.1388

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2007 Mengenai Penanaman Modal. (2007). Jakarta.

Undang-undang Nomor 40 Pasal 74 Tahun 2007 mengenai Perseroan Terbatas. (2007). Jakarta.

Downloads

Published

2020-03-25

Issue

Section

Articles